Sabtu, 02 Juli 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

Deretan Brand Franchise dan Kemitraan dengan Peluang Bisnis Berpotensi

Posted by: 06-06-2022 15:26 WIB 282 viewer

Deretan Brand Franchise dan Kemitraan dengan Peluang Bisnis Berpotensi
Para penerima penghargaan Top Opportunity Choice Award 2022 dan Top Rising Business Award 2022.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Gelombang Pendemi Covid-19 yang mulai terjadi awal tahun 2020 sempat menahan laju pertumbuhan bisnis waralaba, lisensi dan kemitraan. Pembatasan kegiatan dan anjuran tetap di rumah selama pandemi membuat bisnis waralaba yang mengandalkan kunjungan konsumen mengalami penurunan pendapatan.

Menghadapi situasi tersebut, pelaku bisnis dituntut melakukan sejumlah strategi dan inovasi agar bisnisnya tetap berjalan. Meningkatnya penggunaan teknologi digital pun memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis melakukan promosi dan penjualan secara online. Berkat strategi dan inovasi yang dilakukan, sebagian bisnis mampu bangkit, dan semakin berkembang.

Di sisi lain, Pandemi Covid-19 yang juga membawa gelombang pemutusan hubungan kerja dan pensiun dini, menjadikan bisnis waralaba, lisensi dan kemitraan dipandang sebagai pilihan menarik peluang bisnis yang menjanjikan. Meningkatnya kebutuhan akan peluang usaha pun menjadi momentum bagi brand waralaba, lisensi dan kemitraan yang mampu bertahan di era pandemi, untuk bangkit dan berkembang sebagai peluang bisnis yang potensial.

Tri Raharjo, Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) mengungkapkan, saat awal pandemi antara bulan Maret-Juni 2020, saat dilakukan survei pada 30 brand peluang bisnis dari 5.621 gerai, sebanyak 953 gerai atau mencapai 17% sempat mengalami penutupan gerai sementara hingga tutup permanen. Namun saat dilakukan suvei kembali pada tahun 2021, sebanyak 25% dari gerai yang tutup telah kembali dibuka, sementara 75% lainnya masih beradaptasi secara bisnis.

Kondisi tersebut, menurut Tri Raharjo, menjadi angin segar bagi para pelaku industri waralaba, lisensi dan kemitraan. Pandemi Covid-19 sendiri telah menjadi seleksi alam, dimana yang mampu bertahan menjadi peluang bisnis yang layak untuk dipilih. Dan yang lebih penting lagi, situasi sulit menjadi ujian bagi manajemen dan sistem yang dimiliki dalam menghadapi tantangan, serta memberikan pelajaran berharga bagi pelaku bisnis untuk melakukan adaptasi, membuat strategi dan berinovasi.

Setelah sukses mengarungi gelombang pandemi selama lebih dari dua tahun, sebuah bisnis franchise, lisensi, dan kemitraan, tentunya layak mendapatkan predikat proven atau terbukti, apalagi mereka yang telah berusia sedikitnya 5 tahun. Apa lagi jika sebuah bisnis sukses menjalankan strategi dan inovasi di era new normal, membuat sebuah bisnis patut diperhitungkan, bahkan masuk dalam radar peluang bisnis paling berpotensi.

Untuk memberikan apresiasi kepada bisnis waralaba, lisensi dan kemitraan yang mampu bertahan di tengah pandemi dan menjadi peluang bisnis yang berpotensi, FRANCHISEGLOBAL.COM bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia menginisiasi: TOP OPPORTUNITY CHOICE AWARD 2022 & TOP RISING BUSINESS AWARD 2022.

Top Opportunity Choice Award 2022, merupakan apresiasi dan pengakuan bergengsi kepada pemilik bisnis waralaba, lisensi, kemitraan dan peluang usaha yang telah berusia 5 tahun lebih, dan berhasil membangun brand, menciptakan peluang, dan mengembangkan bisnisnya, sehingga menjadi peluang bisnis franchice dan lisensi yang berpotensi.

Sedangkan Top Rising Business Award 2022, diberikan khusus kepada peluang bisnis yang berusia kurang dari 5 tahun, yang mampu survive dan tetap tumbuh berkembang secara performa bisnis selama satu tahun terakhir, sehingga dapat terus tumbuh dan berkembang di tahun mendatang, dan menjadi peluang kemitraan yang potensial.

Untuk menentukan peraih TOP OPPORTUNITY CHOICE AWARD 2022, dilakukan berdasarkan riset dan penilaian dengan menggunakan metode desk research yang mengacu pada tiga aspek penilaian; Popularity Aspect, Interest Aspect, dan Business Development Aspect. Sementara, TOP RISING BUSINESS AWARD 2022 diukur berdasarkan penilaian; Business Establishment Aspect, Digital Brand Awareness Aspect, Dan Number Of Outlets Aspect.

“Proses penilaian dilakukan pada bulan Desember 2021 – Februari 2022, terhadap 70 kategori binsis dengan lebih dari 500 brand teriset,” jelas Tri Raharjo.

Adapun beberapa brand waralaba, lisensi dan kemitraan yang berhasil menyabet penghargaan Top Opportunity Choice Award 2022 antara lain; Bang Aji Arabian Kebab, Amore Cake, Green Nitrogen, Kebab Turki Baba Rafi, dan RJ Steel. Sementara peraih Top Rising Business Award 2022, ada Laundomat.

Penyerahan penghargaan sendiri, dilakukan pada hari Sabtu (4/6/2022), bertepatan dengan momen spesial, pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2022, yang berlangsung pada 3-5 Juni 2022. FLEI sendiri memamerkan lebih dari 200 merek usaha waralaba, lisensi, pendukung usaha retail dan berbagai peluang usaha lainnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Deretan Brand Franchise dan Kemitraan dengan Peluang Bisnis Berpotensi

Deretan Brand Franchise dan Kemitraan dengan Peluang Bisnis Berpotensi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Gelombang Pendemi Covid-19 yang mulai terjadi awal tahun 2020 sempat menahan laju pertumbuhan bisnis waralaba, lisensi dan kem...


Kriteria Brand Pilihan Konsumen di Ranah Digital

Kriteria Brand Pilihan Konsumen di Ranah Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Status Pandemi Covid-19 yang telah turun menuju Endemi mendorong pemerintah terus melakukan pelonggaran berbagai kegiatan masy...


Brand-Brand Ternama di Ranah Digital Indonesia Raih Digital Popular Brand Award

Brand-Brand Ternama di Ranah Digital Indonesia Raih Digital Popular Brand Award
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Masifnya penggunaan internet di kalangan masyarakat selama Pandemi Covid-19 telah melahirkan habit baru dalam memenuhi kegiata...


Milenial Berpotensi Dominasi Pelaku Bisnis Waralaba di Tanah Air

Milenial Berpotensi Dominasi Pelaku Bisnis Waralaba di Tanah Air
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Ide bisnis selalu berinovasi tanpa habisnya. Tak mau pusing dengan konsep dan segala kebutuhannya, bisnis waralaba atau franch...