Ahad, 19 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Di Penilaian FATF, BSI Jadi Perwakilan Tunggal Perbankan Syariah

Posted by: 576 viewer

Di Penilaian FATF, BSI Jadi Perwakilan Tunggal Perbankan Syariah
Bank Syariah Indonesia (BSI)/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjadi perwakilan tunggal perbankan syariah dari lima bank yang menjadi contoh pada proses penilaian mutual evaluation review (MER) Financial Action Task Force (FATF).

Penilaian tersebut terkait dengan Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, dan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (APUPPT PPSPM).

“Artinya, secara tidak langsung, BSI turut berkontribusi atas keberhasilan Indonesia sebagai anggota tetap FATF,” kata Direktur Compliance & Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi dalam keterangan tertulisnya dikutip Jumat (3/11/2023).

IKLAN INFOBRAND.ID

Ke depan, BSI berkomitmen untuk siap mengambil bagian dalam penerapan APUPPT di lingkungan perbankan.

BSI saat ini telah memiliki standar SOP (standar operasional prosedur) dalam mendeteksi adanya kecurigaan transaksi APUPPT sebagai komitmen bersama dalam menjaga kerahasiaan nasabah serta dana yang disimpan di bank aman dan bersih.

Hal itu menjadi bagian dari komitmen perseroan terhadap kredibilitas dan GCG (Good Corporate Governance) bank.

“Perseroan juga senantiasa mendukung penuh PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) dalam tindakan pencegahan pencucian uang, pendanaan terorisme dan kegiatan lain yang merugikan negara,” ujarnya.

FATF merupakan organisasi internasional yang fokus kepada upaya global pemberantasan pencucian uang, pendanaan terorisme dan pendanaan proliferasi senjata pemusnah massal.

IKLAN INFOBRAND.ID

Keanggotaan Indonesia pada FATF dapat membawa dampak positif bagi kredibilitas perekonomian negara, yaitu meningkatnya persepsi positif terhadap sistem keuangan Indonesia yang akan berdampak pada pesatnya pertumbuhan ekonomi melalui investasi baik dalam maupun luar negeri.

Selain itu, dengan bergabungnya Indonesia sebagai anggota penuh FATF diharapkan akan dapat memberikan kontribusi luas pada penentuan kebijakan strategis global terkait APUPPT, sehingga semakin mempertegas Indonesia sebagai negara yang berintegritas dan mampu berkontribusi aktif di kancah internasional.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award

Jadi Mie Instant Yang Paling Mengerti Gen-Z, Mie Sedaap Raih Youth Choice Award
INFOBRAND.ID - Mie Sedaap raih Youth Choice Award sebagai Mie Instan Pilihan Gen Z di Jakarta Marketing Week 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Mi...


BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth

BAF-YLI Gelar BAF LIONS RUN 2024, Run for the Youth
INFOBRAND.ID, JAKARTA  – Yayasan Lions Indonesia (YLI) bersama dengan PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali menggelar BAF Lions Run. Tahun i...


Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 

Skintific Luncurkan Produk Baru Atasi Wajah Berminyak dan Berjerawat 
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand produk perawatan kulit dan kecantikan Skintific meluncurkan produk dengan formula terbarunya yang dikhususkan untuk pemi...


Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan

Endress+Hauser Indonesia Dorong Inovasi Teknologi Industri Berkelanjutan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Endress+Hauser Indonesia mendorong inovasi teknologi industri proses kontrol melalui forum sustainability recognition berta...