Selasa, 19 Januari 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

BRAND UPDATES

Index

OPINIONS

Index

Digital Marketing Sebuah Teknik Pemasaran Efektif Dan Efisien

Posted by: 02-05-2018 10:36 WIB 1786 viewer

Digital Marketing Sebuah Teknik Pemasaran Efektif Dan Efisien
Tri Raharjo

Sebuah perusahaan harus fleksibel terhadap perubahan digitalisasi bisnis dan harus adaptif terhadap perubahan zaman serta membuat strategi baru dalam menghadapi perubahan market. Tentunya, anda bisa melakukan dengan analisa SWOT untuk menentukan langkah yang akan di ambil dalam menghadapi era digital, jadikan digitalisasi bisnis sebagai peluang dank anal baru membangun brand awareness dan customer engagement.

Ada beberapa tips agar proses adaptasi atau perpindahan dari pola lama ke pola baru berjalan lancar. Salah satu caranya ialah perusahaan harus memberikan pemahaman digital marketing dan training kepada tim bisnis atau perusahaan sehingga tim akan cepat berubah, berpikir dan bertindak secara digital.

Dengan training, tim akan lebih mudah memahami trend perubahan dengan cepat. Anda bisa membuat sebuah ukuran seperti Key Performance Indocator atas kinerja digital secara keseluruhan, anda bisa melakukan evaluasi secara berkala dan lakukan perbaikan atas tim.

Sebuah perusahaan pun harus mensinergikan pemasaran konvensional (Offline) dan pemasaran digital (Online) karena kedua pemasaran itu mampu berlomba-lomba memberikan keuntungan kepada perusahaan. Saat ini ada istilah Online to Offline Marketing yakni bagaimana meng-grab pelanggan secara online untuk melakukan transaksi secara offline. Hal ini sudah jamak dilakukan oleh para marketer di Indonesia.

Umumnya, pemasaran digital tidak memerlukan nilai pemasaran yang besar dan bisa meningkatkan efisiensi pada perusahaan. Pemasangan iklan melalui media digital sangat tergolong murah, efisien dan efektif. Salah satu media pemasaran diital yang paling efektif ialah media sosial karena menawarkan customer engagement yang positif.

Dengan media sosial, pelanggan bisa complain langsung terkait permasalahan brand sebuah perusahaan. Jika perusahaan bersangkutan tidak memberikan solusi yang cepat dan baik, maka brand image perusahaan akan terganggu dan bisa menjadi viral.

Selain itu, perusahaan bisa menggunakan media sosial seperti instagram untuk memasarkan produk-produk seperti fashion, makanan, travel dan lainnya. Para tenaga penjual di perusahaan bisa menggunakan aplikasi youtube channel untuk memudahkan dan menerangkan keunggulan produk ke calon pelanggan. Anda bisa menggunakan Facebook untuk membangun komunitas pelanggan melalui sosial media. Sebaiknya anda bisa memposting promosi seminggu dua kali.

Ada tiga parameter penting untuk sukses di pemasaran digital yaitu sales, database dan brand awareness. Pertama, anda bisa membuat account Sosial Media di Facebook Fans, Instagram, Youtube Channel, Twitter dan lainnya untuk membangun sebuah brand awareness produk di mata masyarakat.

Isilah konten sesuai dengan target market yang kita bidik dan buat konten secara konsisten. Anda bisa mendorong konten yang akan dipromosikan melalui iklan dan link-kan ke landing pages yang berisi informasi detail penawaran produk atau jasa kita.

Anda pun bisa mendapatkan database perusahaan dari Mobile Application, Website dan Sosial Media. Tentu inti dari Digital Marketing adalah bagaimana mendapatkan Slaes atau penjualan dari produk atau jasa.

Salam Brand !

Tri Raharjo (Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia)


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS

Index
Elnusa