Rabu, 21 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Dukung Transisi Kendaraan Listrik, TIKI Jalin Kemitraan dengan SWAP dan SMOOT

Posted by: 858 viewer

Dukung Transisi Kendaraan Listrik, TIKI Jalin Kemitraan dengan SWAP dan SMOOT
TIKI Jalin Kemitraan dengan SWAP dan SMOOT

INFOBRAND.ID-PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) resmi menjalin kemitraan strategis dengan SWAP (perusahaan infrastruktur Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum/SPBKLU) dan SMOOT (produsen kendaraan bermotor listrik berbasis baterai) pada awal Maret ini. Kemitraan tersebut dilakukan untuk mendukung transisi kendaraan listrik di Indonesia.

Kerja sama tersebut mencakup instalasi 17 SPBKLU SWAP di jaringan gerai TIKI serta peluncuran armada TIKI EVS (Electric Vehicle Squad) yang ramah lingkungan.

Dituturkan Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI, dalam konferensi pers yang digelar hari ini (1/3), di Jakarta, penetrasi motor listrik di Indonesia terus menunjukkan trend yang positif. Kementerian ESDM memperkirakan jumlah penggunaan motor listrik pada 2030 akan mencapai 13 juta unit. Pertumbuhan itu tentu saja harus dibarengi dengan ketersediaan jaringan SPBKLU yang lebih luas dengan sistem pergantian baterai yang mudah dan cepat.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Saat ini, TIKI memiliki jaringan distribusi yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia, dengan 500 kantor perwakilan dan lebih dari 3.700 gerai. Instalasi SPBKLU SWAP di 17 jaringan gerai TIKI tentu saja merupakan sebuah permulaan untuk membangun kolaborasi yang lebih strategis. Kami sangat senang dapat turut berkontribusi melalui aset jaringan kami untuk mendukung upaya pemerintah dan pelaku industri otomotif dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” tandasnya.

Diimbuhkan Trie Maulana A., Direktur Pelaksana TIKI, “Selain pengembangan stasiun penukaran baterai motor listrik, TIKI juga bekerja sama dengan SMOOT dalam pengadaan armada motor listrik sebagai upaya transisi operasional TIKI ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

“Pada tahap awal, TIKI akan mengoperasikan sekitar 10 TIKI EVS, motor listrik buatan SMOOT, untuk melayani wilayah DKI Jakarta. TIKI EVS ini akan menjadi percontohan bagi para mitra keagenan TIKI di daerah untuk menerapkan hal yang serupa di wilayahnya,” ungkap Trie.

Pada kesempatan yang sama, Rosyeni, Direktur Sales & Partnership SMOOT & SWAP, mengatakan, “Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap motor listrik SMOOT terus meningkat. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2021 hingga saat ini, kami telah berhasil menjual sekitar lebih dari 5.000 unit.”

Untuk mendukung kenyamanan mobilitas para konsumen, lanjutnya, SMOOT terus mengupayakan ketersediaan jaringan SPBKLU SWAP melalui kerja sama dengan mitra yang telah memiliki rekam jejak yang mumpuni dan jaringan yang luas, seperti TIKI. “Kerja sama ini menggenapi jaringan SPBKLU kami mencapai lebih dari 1.000 stasiun,” ucapnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Saat ini, sekitar 9 dari total 17 gerai TIKI telah tersedia fasilitas SPBKLU SWAP, dan sisanya akan secara bertahap dalam waktu dekat, dengan cakupan wilayah antara lain Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, Cianjur, Lampung, Balikpapan, dan Palembang.

“Ini merupakan kerja sama perdana. Sebagai tahap awal, kendaraan listik ini baru mencapai 10 armada. Selanjutnya, kami akan mengevaluasi lagi terkait efisiensi terhadap bahan bakar dan baterai, termasuk kemudahan mencapai SPBKLU. Jika hasilnya baik, ke depan, kami akan menggunakan motor listrik ini di seluruh cabang TIKI,” tutup Yulina.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Olenka Gelar Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca sejak Dini untuk Tingkatkan Minat Baca

Olenka Gelar Gerakan Literasi Indonesia Gemar Membaca sejak Dini untuk Tingkatkan Minat Baca
INFOBRAND.ID - Tingkat literasi yang rendah saat ini menjadi perhatian berbagai pihak, terutama pihak sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi pa...


Dishub DKI Optimis Kendaraan Listrik Mampu Atasi Polusi Udara

Dishub DKI Optimis Kendaraan Listrik Mampu Atasi Polusi Udara
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta optimistis penggunaan kendaraan berbasis listrik dapat mengurangi permasalahan polusi u...


Menkop UKM: TikTok Masih Langgar Aturan

Menkop UKM: TikTok Masih Langgar Aturan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan platform media sosial TikTok masih melangg...


Perkuat Pasar, DCVI dan DCVMI Bangun Pabrik Truk dan Bus di Indonesia

Perkuat Pasar, DCVI dan DCVMI Bangun Pabrik Truk dan Bus di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Distributor tunggal dan perakit produk bus dan truk Mercedes-Benz di Indonesia, Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) d...