Jum'at, 26 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

E-commerce Jadi Andalan Utama Berjualan, Siapa Juaranya?

Posted by: 1555 viewer

E-commerce Jadi Andalan Utama Berjualan, Siapa Juaranya?
Ilustrasi e-commerce/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - E-commerce kini bukan hanya menjadi tempat berbelanja daring tetapi juga wadah strategis untuk mendukung para penjual dan ini ditunjukkan hasil riset Katadata Insights Center bertajuk "MSME Study Report: Peran Marketplace bagi UMKM".

Dikutip dari Antara, Kamis (9/2/2023), data tersebut menunjukkan, sebanyak 77 persen pelaku usaha menyatakan lokapasar membantu memasarkan produk sehingga mereka bisa bertahan dan berjualan di masa pandemi COVID-19.

Selain itu, sebanyak 77 persen dari mereka menyatakan terdapat banyak program promo, sekitar 69 persen menilai lokapasar aman untuk bertransaksi dan 66 persen mereka mengaku lokapasar mudah digunakan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada riset yang sama, sebanyak 82 persen pelaku usaha memilih Shopee sebagai lokapasar untuk berjualan online, melampaui pemain-pemain e-commerce lainnya, seperti Tokopedia (64 persen), Bukalapak (28 persen), Lazada (22 persen), Blibli (15 persen) dan lainnya (9 persen).

Adapun indikator konsiderasi penjual meliputi beberapa hal antara lain sebagian besar penjual UMKM mulai berjualan di lokapasar karena menilai platform online praktis dan bisa menjalankan usaha dimana saja (70 persen) dan menawarkan banyak promo serta gratis ongkir yang dapat menarik konsumen (69 persen).

Selain itu, ada pula hal lain yang menjadi indikator konsiderasi penjual. Bukan hanya membahas mengenai medium perpanjangan tangan terhadap konsumen ataupun kampanye yang dihadirkan setiap bulannya, akan tetapi juga meliputi bantuan dari hulu ke hilir.

Selaras dengan itu, riset Ipsos yang dilakukan pada awal 2022 bertajuk "Persaingan E-Commerce di tengah Kemeriahan Akhir Tahun" memperlihatkan sebanyak 44 persen responden menilai Shopee sebagai e-commerce yang memiliki peran besar dalam penyediaan edukasi, penyaluran dana, dan logistik, diikuti oleh Tokopedia (35 persen) dan Lazada (10 persen).

Selain itu, untuk mencapai kemajuan yang besar dari segi bisnis, tidak sedikit pelaku usaha yang sudah memperluas jangkauannya ke pasar internasional. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Hal ini terlihat dari mayoritas pengguna e-commerce (55 persen) menilai Shopee sebagai platform yang memiliki andil besar dalam membantu UMKM untuk memasarkan produknya secara online dari lokal hingga ke ranah global, melampaui pelaku e-commerce lainnya.

Selain kemudahan yang diberikan dan perluasan jangkauan pasar, berbagai fitur inovatif yang ditawarkan juga dapat meningkatkan traffic dan konversi untuk perkembangan suatu bisnis.

Saat ini fitur inovatif menjadi salah satu aspek persaingan di antara pemain e-commerce untuk meningkatkan daya tarik pengguna, salah satunya penjual.

Melalui fitur interaktif seperti Live Shopping hingga Short Video dapat memberikan kesempatan bagi penjual untuk memiliki interaksi proaktif dengan calon pembeli, semakin memperluas jangkauan produk, meningkatkan kepercayaan konsumen hingga meningkatkan daya tarik melalui konten kreatif dan inspiratif.

Keunggulan tidak hanya dirasakan oleh penjual akan tetapi mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat.

IKLAN INFOBRAND.ID

Fitur interaktif yang menjadi salah satu cara baru untuk berbelanja online telah membawa perubahan khususnya dalam kecenderungan perilaku belanja konsumen.

Berdasarkan riset Ninjavan pada tahun 2022 di Asia Tenggara yang berjudul “Live Selling in Southeast Asia”, Shopee (27 persen) menjadi platform
e-commerce yang merajai Live Streaming, unggul dari Facebook (25,5 persen), lalu TikTok (22,5 persen) mengikuti di belakangnya.

Data lainnya dari Snapcart pada Desember 2022 menunjukkan sebanyak 37 persen responden mengaku menyukai Shopee Live, diikuti dengan Tiktok (30 persen), Shopee Video (23 persen), Tokopedia Play (7 persen), dan (1 persen) untuk BukaLive, LazLive dan LazadaFeed.

Dari data di atas, Shopee dapat dikatakan merajai fitur interaktif yang menawarkan peluang baru bagi para penjual. Kemudian, melihat berbagai faktor yang mempengaruhi konsiderasi penjual saat memilih platform e-commerce untuk berjualan. 

Dapat disimpulkan bahwa Shopee masih menjadi platform e-commerce nomor 1 pilihan penjual untuk berjualan online.

IKLAN INFOBRAND.ID

Hal ini khususnya dipengaruhi oleh dukungan yang diberikan tidak hanya sebagai medium penghubung, tetapi juga program pendamping serta inovasi yang mempersiapkan penjual dari memulai, berkembang hingga membangun bisnis yang berkesinambungan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...