Jum'at, 13 Desember 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Eksistensi Air Minum Dalam Kemasan di Ranah Digital, AQUA Pegang Kendali

Posted by: 16079 viewer

Eksistensi Air Minum Dalam Kemasan di Ranah Digital, AQUA Pegang Kendali
Beberapa merek AMDK di dunia digital (Foto: INFOBRAND.ID)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) adalah air yang diolah dengan menggunakan teknologi tertentu yang kemudian dikemas dalam beberapa ukuran. Adapun ukuran AMDK yang umum antara lain: Botol 330ml, Botol 600ml, Botol 1500ml, Gelas 240ml, Galon 19L maupun ukuran kemasan lainnya.

Mengutip pernyataan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) Rachmat Hidayat, industri AMDK tahun ini diharapkan bisa lebih bersaing dan tumbuh hingga 10% seiring dengan mulai beroperasinya infrasktuktur yang gencar dibangun pemerintah.

Sementara tahun lalu, industri AMDK hanya tumbuh sekitar 9% dibawah target semula 10%. Kondisi tersebut merupakan sebagian dari dampak perlambatan ekonomi di kuartal terakhir 2019.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun kontribusi konsumsi untuk produk AMDK sebanyak masih dikuasai oleh pasar di Jawa dan Bali dengan persentase mencapai 60%. Sementara konsumsi AMDK tertinggi ada di Jabodetabek yang kemudian disusul Jawa Timur.

Kontribusi AMDK pun berlanjut ke ranah digital. Berdasarkan hasil survei Indonesia Digital Popular Brand Index yang dilakukan oleh TRAS N CO Indonesia untuk kategori “Air Minum Dalam Kemasan” telah ditemukan sedikitnya 8 merek AMDK yang cukup familiar dengan netizen.

Survei ini dilakukan melalui tiga metode penilaian yakni Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based yang dilakukan mulai bulan Juni sampai September 2019 lalu terhadap 237 kategori bisnis dengan lebih dari 1500 brand tersurvei di Indonesia. Hasilnya, AQUA memegang kendali dibanding merek AMDK lainnya.

AQUA sangatlah populer di dunia digital. Dimana index digital popular untuk merek ini mencapai 29,08% yang kemudian disusul VIT dengan index 23,76% dan Cleo dengan index 21,79%. Kemudian di posisi 4 hingga 8 ada AMDK dengan merek Club, Ades, Amidis, Oasis dan Le Minerale.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebagai informasi, AQUA adalah sebuah AMDK yang diproduksi oleh PT AQUA Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, AQUA juga dijual di Malaysia, Singapura dan Brunei. AQUA adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK.

Saat ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi AQUA dengan kepemilikan berbeda-beda (3 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 10 pabrik dimiliki oleh PT AQUA Golden Mississippi, dan pabrik di Berastagi, Sumatra Utara dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo).

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta

FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta
INFOBRAND.ID - Memasuki hari keempat, pameran tanaman hias Floriculture Indonesia International (FLOII) Expo 2024 semakin meriah dan dipadati pengunju...


RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun

RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun
INFOBRAND.ID-Pelemahan daya beli masyarakat saat ini berimbas pada berbagai industri di Indonesia, termasuk industri pariwisata. RedDoorz, platform te...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif

INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif
INFOBRAND.ID - Dalam perjalanan waktu, hanya sedikit merek yang mampu bertahan dan terus berkembang, melintasi dekade demi dekade. Merek-merek ini tid...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 

INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 
INFOBRAND.ID - Customer satisfaction, atau kepuasan pelanggan menjadi prasarat agar produk atau layanan dari sebuah brand dipilih kembali, atau bahkan...