Rabu, 22 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Era Digital, Dunia Public Relations Hadapi Tantangan yang Semakin Kompleks

Posted by: 3519 viewer

Era Digital, Dunia Public Relations Hadapi Tantangan yang Semakin Kompleks
Ilustrasi tantangan PR/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Adanya digitalisasi dan big data di berbagai sektor saat ini memang sangat membantu kinerja seorang public relations (PR) menjadi lebih cepat dan tepat. 

Meski begitu, seorang PR juga ditantang untuk terus meningkatkan dan mengasah kompetensi mereka agar mampu bersaing dengan PR yang lain.

Prita Kemal Gani, Founder Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta, mengatakan seorang PR harus mnghadapi tantangan di bawah ini untuk sukses.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pertama adalah tantangan globalisme, menurut Prita seorang PR harus memiliki jaringan luas secara global, memiliki kapabilitas global dan juga standar kompetensi global

Tantangan kedua menurut Prita adalah Growth-Hi-Tech, komunikasi internal sama pentingnya dengan komunikasi eksternal. 

Terkadang sebagai PR, yang dipikirkan hanyalah mengenai konsumen. Padahal, yang seharusnya diajak berkomunikasi terlebih dahulu adalah pihak internal. Komunikasi ini dapat dilakukan secara digital.

Ketiga, pendidikan. Menurut Prita menjadi PR harus kreatif dan inovatif. Itulah sebabnya PR harus menyukai seni. 

PR juga harus memiliki banyak imajinasi. Pasalnya, saat pers rilis tak hanya berbentuk tulisan tetapi juga dalam bentuk foto. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Oleh karena itu, seorang PR harus mampu memproduksi rilis dengan foto dan teknik editing yang baik. Boleh dibantu fotografer, namun PR lah yang tetap menjadi konseptornya.

Tantangan keempat adalah eekrutmen. Maklum saja, sekarang ini praktisi PR tak hanya berasal dari latar belakang ilmu komunikasi melainkan dari bidang-bidang ilmu lain.

Tantangan Kelima adalah Research. Menurut Prita tidak ada pekerjaan PR yang dilakukan tanpa riset. Sebab, tanpa riset seorang PR tidak dapat merespons isu yang tengah berkembang secara tepat.

Tantangan selanjutnya menurut Prita adalah etika dan profesionalisme, untuk hal ini seorang PR harus menjunjung tinggi etika dan profesionalisme. Salah satunya adalah memperhatikan penampilan, tepat waktu, akurat, akuntabel, dan berperilaku baik.

Kemudian, tantangan terakhir yakni reputasi PR. Saat ini CEO mulai sadar akan pentingnya kehadiran PR. Sebagai seorang PR harus memikirkan cara agar CEO menjadi populer. Pasalnya, peran CEO cukup besar dalam membangun reputasi.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tesla Produsen Mobil Paling Inovatif

Tesla Produsen Mobil Paling Inovatif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) Tesla Inc terus mempertahankan posisinya sebagai perusahaan otomotif paling i...


Ini Tips Sukses Menghadapi Konsumen dari Kalangan Gen Z

Ini Tips Sukses Menghadapi Konsumen dari Kalangan Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Generasi Z, yang terdiri dari individu yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, dikenal sebagai generasi yan...


iQOO Luncurkan Ponsel Mid-range Performa Tinggi Z9 dan Z9X

iQOO Luncurkan Ponsel Mid-range Performa Tinggi Z9 dan Z9X
INFOBRAND.ID, JAKARTA - brand ponsel iQOO, meluncurkan produk terbaru mereka di Indonesia yakni iQOO Z9 dan iQOO Z9X sebagai ponsel pintar "mid-r...


Bersama BCA Digital, Garuda Indonesia Beri Kemudahan Layanan Penerbangan

Bersama BCA Digital, Garuda Indonesia Beri Kemudahan Layanan Penerbangan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - BCA Digital bekerja sama dengan Garuda Indonesia meluncurkan kartu debit co-branding untuk mempermudah nasabah dalam melakukan...