Rabu, 29 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Era Serba Digital, Ini Cara Melindungi Akun Bisnis dari Kejahatan 

Posted by: 1714 viewer

Era Serba Digital, Ini Cara Melindungi Akun Bisnis dari Kejahatan 
Ilustrasi digitalisasi/istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID -  Saat ini tren bisnis online terus berkembang pesat hingga membuat banyak pelaku usaha mengalihkan akun mereka ke akun bisnis, mulai akun chatting, media sosial, aplikasi berbagi video hingga akun e-commerce. 

Yang perlu menjadi catatan di sini adalah soal keamanan akun bisnis, karena akun bisnis tersebut bukan hanya mengancam data-data pribadi dan mengganggu kelancaran usaha, tapi juga berisiko mengalami kerugian karena sejumlah uang yang hilang. 

Nah, tentu semua pelaku usaha tentunya tidak menginginkan bisnis terkendala lantaran akun bisnis yang tidak aman. Berikut ini tips melindungi akun bisnis agara aman dari kejahatan digital, seperti dikutip dari Liputan6, Jumat (3/9/2021).

IKLAN INFOBRAND.ID

1. Jaringan Aman
Pastikan selalu perangkat yang digunakan baik itu smartphone maupun PC memiliki perlindungan antivirus dan anti spyware. 

Jika memakai jaringan nirkabel, perlu memastikan koneksi tersebut aman. Kalau perlu, hindari bertransaksi dengan hotspot publik karena terlalu berisiko.

2. Password Unik
Menjaga keamanan akun bisnis bisa dilakukan dengan menggunakan pin dan password yang unik, selain itu uabah secara berkala pin/password yang biasa digunakan. 

Jika khawatir lupa akan password upayakan memiliki catatan khusus untuk menyimpan password dengan aman.

3. Aktifkan Update Aplikasi
Hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk mengamankan akun bisnis adalah dengan melakukan pengaturan update aplikasi secara otomatis. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Sehingga aplikasi bisa lebih cepat mendapatkan pembaruan yang biasanya akan meningkatkan sisi keamanan.

4. Batasi Akses Aplikasi
Sejumlah aplikasi pasti akan meminta akses ke bagian-bagian tertentu dari smartphone, mulai dari kontak, kamera, mikrofon, GPS, dan lain sebagainya. Nah, untuk keamanan akun bisnis mulailah membatasi aplikasi tersebut atau di setting aktif saat digunakan.

5. Batasi Pengguna Perangkat
Lantaran berkaitan dengan akun bisnis, bisa jadi ada lebih dari satu orang yang mengoperasikan perangkat digital kita, baik itu smartphone maupun komputer. Pastikan hanya orang-orang yang kamu percaya saja yang bisa mengoperasikan akun bisnis itu.

6. Aplikasi Terpercaya
Pakai akun biasa saja tidak boleh sembarangan aplikasi, apalagi ini akun bisnis yang melibatkan transaksi keuangan. 

Sudah tentu wajib pakai aplikasi yang terpercaya dan yang bisa menjamin keamanan data-data pribadi dan bisnis kamu. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Salah satu aplikasi yang bisa diandalkan untuk bisnis adalah Dana. 

Aplikasi dompet digital dari dan untuk Indonesia ini tidak hanya bisa menjadi aplikasi favorit untuk transaksi keperluan sehari-hari dan bulanan kamu, melainkan juga untuk bisnis. 

Dana memiliki Dana Bisnis dan Dana Enterprise yang membantu transaksi bisnis kamu lebih praktis dan cepat, namun tetap terjamin keamanannya. 

Jaminan keamanan ini karena aplikasi DANA dilengkapi dengan Dana Protection, sebuah fitur safety & security yang menjamin keamanan transaksi user dengan sistem keamanan yang canggih, dan dinamis.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hasil Studi Herbathos: Anak Muda Apresiasi Jamu sebagai Gaya Hidup Alami

Hasil Studi Herbathos: Anak Muda Apresiasi Jamu sebagai Gaya Hidup Alami
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan jamu PT Herbathos untuk Indonesia merilis studi yang menunjukkan bahwa kalangan muda mengapresiasi jamu sebagai war...


4 Model Suzuki Ini Raih Penghargaan Otomotif Award 2024

4 Model Suzuki Ini Raih Penghargaan Otomotif Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru-baru ini berhasil meraih penghargaan dalam ajang OTOMOTIF Award 2024 untuk empat model mo...


Oppo Luncurkan Find N3 Edisi Spesial Liga Champions

Oppo Luncurkan Find N3 Edisi Spesial Liga Champions
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel Oppo, baru-baru ini menghadirkan ponsel lipat Find N3 edisi Liga Champions yang merupakan kolaborasi dengan UEFA...


Duta Besar dan Forum Anak Sampaikan Pesan Perdamaian, Persatuan, dan Pelestarian Lingkungan pada BPF 2024

Duta Besar dan Forum Anak Sampaikan Pesan Perdamaian, Persatuan, dan Pelestarian Lingkungan pada BPF 2024
INFOBRAND.ID-Edisi ketiga Borobudur Peace & Prosperity Festival (BPF), yaitu BPF 2024, telah sukses diselenggarakan pada periode Perayaan Waisak a...