Ahad, 21 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Erha Clinic Bantu Operasi Katarak Gratis dan Pendidikan di Papua

Posted by: 617 viewer

Erha Clinic Bantu Operasi Katarak Gratis dan Pendidikan di Papua
Erha

INFOBRAND.ID-Permasalahan kualitas kesehatan dan pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) yang dialami Provinsi Papua, menjadi tanggung jawab bersama untuk segera diselesaikan.

Berdasarkan kajian yang dirilis oleh Program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) yang bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) menyatakan bahwa pelayanan kesehatan dan pendidikan di daerah Papua selama dua puluh tahun tidak menunjukkan adanya pemerataan.

Berbagai faktor diduga menjadi penyebab lambatnya pemerataan kualitas kesehatan dan pendidikan di sana, mulai dari jumlah fasilitas kesehatan dan pendidikan yang belum mencukupi, jumlah tenaga kesehatan dan tenaga pendidik yang kurang hingga kendala sarana dan prasarana transportasi yang belum memadai.

IKLAN INFOBRAND.ID

Presiden Joko Widodo secara khusus telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang diwujudkan dalam berbagai program pembangunan dan bantuan sosial.

Berdasarkan Instruksi Presiden ini, Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia (SETWAPRES) bersama dengan Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) menginisiasi program kemanusiaan dengan tema “Kitorang Melihat Terang di Ufuk Timur”. Ini adalah sebuah program untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan di daerah Papua.

“Kehadiran program Kitorang Melihat Terang di Ufuk Timur membawa begitu banyak manfaat bagi masyarakat di sini. Kami berharap program ini dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh Pemerintah Pusat ataupun Perusahaan Swasta lainnya bekerjasama dengan Pemerintah Daerah karena sangat jarang kegiatan seperti ini dilakukan di Kabupaten Puncak Jaya, ” ujar Tumiran S,Sos, M.AP, selaku Penjabat Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah.

Kegiatan tersebut didukung Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia (DJP-RI), Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GPFI), Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh (HBT), Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), SCTV&INDOSIAR, Sido Muncul, Gramedia, dan Erha Clinic Indonesia dimulai 26 Januari hingga 2 Februari 2023 di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah.

Kegiatan Kitorang Melihat Terang di Ufuk Timur dimulai dari Operasi Katarak dengan target sebanyak 400 mata, dilanjutkan dengan pembagian obat cacing dan vitamin kepada lebih dari 5000 anak – anak serta pembagian sembako dan selimut bagi masyarakat sekitar Kabupaten Puncak Jaya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Bagi Kabupaten Puncak Jaya, kegiatan yang dipusatkan di RSUD Mulia Puncak Jaya menjadi kegiatan operasi katarak gratis pertama yang menggunakan metode modern dengan alat dan teknologi terbaru yakni fakoemulsifikasi, dimana luka yang dihasilkan sangat minim sehingga proses pemulihan pasien dapat lebih cepat.

“Mungkin selama Indonesia merdeka, kegiatan Kitorang Melihat Terang di Ufuk Timur ini satu-satunya kegiatan kemanusiaan dengan skala besar, bahkan untuk operasi katarak tidak dikenakan biaya apapun, yang pernah dilakukan di Kabupaten Puncak Jaya. Kami yakin dengan banyaknya program-program seperti ini akan terus membangkitkan semangat dan kecintaan kami untuk NKRI,” tambahnya.

Melihat keselarasan tujuan untuk pemerataan kesehatan dan pendidikan Erha Clinic Indonesia juga turut berpartisipasi melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bersama dengan Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu teguh dalam membantu menyediakan peralatan medis seperti mikroskop, mesin phaco, instrumen set katarak, obat-obatan dan bahan habis pakai (BHP) untuk operasi katarak gratis bagi masyarakat di Papua.

Selain itu juga prakarsa serta dukungan penuh Andreas Sofiandi selaku Ketua Umum HBT membangun Sekolah Minggu yang terletak di samping Gereja Injil di Indonesia (GIDI), Kota Mulia, Puncak Jaya, Papua. Selama ini anak-anak yang datang ke Sekolah Minggu belum memiliki bangunan kelas, sehingga mereka harus belajar di alam terbuka.

ERHA dan HBT, yang selama ini selalu bergandengan tangan dalam hampir setiap karya kemanusiaan. Dengan adanya tempat yang lebih layak maka anak-anak akan lebih termotivasi belajar dan memperdalam ilmu pengetahuannya melalui buku-buku yang tersedia.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Ini merupakan sebuah komitmen kami dalam upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan saudara-saudara kami di Papua. Kami berharap program yang kami lakukan mulai dari operasi katarak, pembagian obat-obatan dan pembangunan Sekolah Minggu ini dapat membantu adanya pemerataan kesehatan dan pendidikan di Papua,” kata Andreas Bayu Aji, Corporate Affairs Director Arya Noble, Induk Perusahaan dari ERHA Clinic Indonesia.

Sejak tahun 2010, ERHA Clinic Indonesia bersama HBT dengan dukungan PERDAMI telah mengoperasi lebih dari 20.000 pasang mata di hampir seluruh wilayah Indonesia melalui program Operasi Mata Katarak Gratis, membangun 7 Taman Baca Jendela Dunia di Banyuwangi, Semarang, Sukabumi, Cikarang dan Bekasi.

Selain itu secara konsisten ERHA menginisiasi berbagai kegiatan sosial, seperti donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, hingga bantuan beasiswa pendidikan untuk anak yang tidak mampu untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya di daerah 3T agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...