Ini 23 brand yang paling dicari di internet


ILUSTRASI. Tri Rahardjo, Chairman TRAS N Co Research ILUSTRASI. Tri Rahardjo, Chairman TRAS N Co Research

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Membangun merek secara digital di tengah transformasi bisnis menjadi hal yang penting bagi pelaku usaha di Indonesia. Pasalnya, persaingan sudah semakin ketat sehingga mau tidak mau sebuah brand harus adaptif terhadap perubahan perilaku konsumen dengan memberikan irformasi melalui internet.

TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus Digimarketing Consultant dan Media INFOBRAND.ID menggagas Indonesia Digital Popular Brand Award sebagai barometer utama dalam pengukuran popularitas dan keterpilihan sebuah brand di dunia digital.

Ajang yang telah 12 kali terselenggara tersebut mengukuhkan 23 brand sebagai penerima penghargaan. Tri Raharjo, Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia mengatakan, sejak untuk pertama kalinya Digital Popular Brand Index dirilis tahun 2015 silam, tranformasi digital perusahaan-perusahaan dirasa semakin bertumbuh.

“Kesadaran untuk bertransformasi secara digital semakin massif dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Mereka sudah menyadari, bahwa untuk bisa tetap kompetitif mau tidak mau harus cepat beradaptasi dengan perubahan. Organisasi yang lambat mengantisipasi hal tersebut, kami yakini akan tertinggal dari kompetitornya,” katanya dalam keterangan tertulis yang dikutip, Minggu (4/11).

Meski demikian, lanjut Tri, tranformasi digital tersebut juga perlu dukungan penuh dari CEO ataupun pemangku kebijakan di perusahaan. Ia mengingatkan, pentingnya dilakukan segera.

Sementara itu, metodologi penilaian yang dilakukan Indonesia Digital Popular Brand Award 2018 telah dilaksanakan pada Juli – September 2018 dengan 235 kategori produk dan lebih dari 1.500 brand tersurvei di Indonesia.

Survei dilakukan oleh TRAS N CO Indonesia & IMFocus Digimarketing Consultant sebagai Google Certified Partner, menggunakan riset kuantitatif berdasarkan internet based survey dengan menggunakan tiga parameter penilaian yakni Social Media Based, Website Based dan Search Engine Based.

Berikut brand-brand yang dinilai secara konsisten membangun popularitas serta meningkatkan aktivitas brand-nya melalui media digital atau internet:

1. Confidence untuk kategori Adult Diapers
2. Sweety untuk kategori popok bayi.
3. GS Astra untuk Kategori Aki
4. True Money Kategori; Jasa Pengiriman Uang Non Bank.
5. Pegadaian untuk KategoriGadai,
6. Pegadaian Syariah untuk kategori gadai.
7. Selection, kategori kapas kecantikan.
8. WikaWH untuk kategori Water Heater & Pemanas Air Tenaga Surya.
9. Polytron, kategori dispenser listrik.
10. Oxone untuk kategori pisau dapur, panci presto, mixer, juicer, dan pemanggang roti.
11. Blanco, kategori kitchen sink.
12. Good Day, kategori kopi kemasan siap minum.
13. Insto, kategori obat tetes mata.
14. Fruit Tea, kategori teh kemasan botol.
15. Teh Botol Sosro, kategori teh kemasan botol.
16. Terry Palmer, kategori handuk.
17. Merah Putih, kategori handuk.
18. Campina untuk kategori Toko & Counter Es Krim.
19. Pos Indonesia untuk kategori jasa pengiriman Uluang non bank.
20. Fiesta untuk kategori sosis.
21. My Baby, untuk kategori tissue basah, cologne, bedak, shampoo, lotion, minyak rambut, sabun dan Oil untuk bayi.
22. SOS untuk kategori cairan pembersih lantai.
23. Hannochs untuk kategori lampu LED.


Tags : Indonesia Digital Popular Brand Award 2018 Brand Yang Paling Dicari Diinternet