Survey Digital PR Index dilakukan selaam 3 bulan, dengan total brand tersurvei lebih dari 350 brand dengan 50 kategori bisnis. Survei ini murni dilakukan melalui data engine pihak ketiga yang independent, credible, dan accountable dengan menggunakan 3 (tiga) parameter penilaian Digital Media Aspect, Social Enggagement Aspect dan Digital Mention Aspect dalam kurun waktu satu tahun terakhir yaitu Digital Media Aspect (50%)
- Digital Media Aspect (50%)
Parameter ini menggunakan pengukuran banyaknya pemberitaan media digital terhadap suatu brand/perusahaan yang ter-capture melalui google.co.id dengan tools “News”.
- Social Engagement Aspect (35%)
Parameter ini menggunakan sosial media terpopuler Facebook untuk mengukur intensitas komunikasi dua arah yang terjadi antara perusahaan dengan fans/followers-nya.
- Digital Mention Aspect (15%)
Parameter ini mengukur banyaknya penyebutan/mention yang dilakukan oleh netizen di setiap status maupun postingan mereka melalui dua media sosial Facebook & Instagram.
KRITERIA
Penghargaan TOP Digital PR Award diberikan kepada merek-merek dari berbagai kategori yang telah berhasil memenuhi 3 (tiga) parameter, yaitu :
Dan merek-merek yang menurut hasil survei berada pada posisi 3 (tiga) peringkat teratas di kategorinya atau peringkat pertama jika hanya 3 (tiga) merek.
Kriteria tersebut harus dipenuhi oleh sebuah merek agar berhak mendapatkan predikat TOP Digital PR Award (TDPA).
Dengan adanya kriteria tersebut, maka tidak menutup kemungkinan dalam 1 (satu) kategori terdapat lebih dari 1 (satu) merek peraih penghargaan atau maksimal 3 (tiga) merek yang meraih TOP Digital PR Award.