Kamis, 12 Desember 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Festival Kampung Berseri Astra: Ajang Konservasi Buah Langka Nusantara Astra & LIPI

Posted by: 2501 viewer

Festival Kampung Berseri Astra: Ajang Konservasi Buah Langka Nusantara Astra & LIPI
Festival Kampung Berseri Astra

Sebagai wujud nyata kontribusi sosial PT Astra International Tbk untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi 4 pilar, yakni Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan, Grup Astra berkomitmen untuk mengembangkan 300 Kampung Berseri Astra (KBA) menuju Desa Sejahtera yang tersebar di 100 kabupaten se-Indonesia.

Dalam jangka panjang, ketika desa-desa yang sudah dibina dalam pilar kewirausahaan ini dapat menunjukkan prestasi terbaiknya, maka desa ini akan diperkuat juga dengan program kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan dalam skema KBA untuk mewujudkan masyarakat desa yang bersih, sehat, cerdas dan produktif.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, sekaligus memperingati Hari Bumi yang jatuh pada setiap tanggal 22 April, Astra mengadakan Festival KBA pada 27-28 April 2018 di Cibinong Science Center-Botanical Garden Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Cibinong, Bogor.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dengan dihadiri lebih dari 1.400 peserta yang berasal dari 162 Sekolah Adiwiyata di 14 provinsi di Indonesia, Festival KBA diisi juga dengan berbagai aksi lingkungan seperti Jambore Adiwiyata, penanaman pohon buah langka, pentas seni lingkungan dan Jambore KBA yang dihadiri perwakilan dari 17 provinsi, antara lain KBA Padang yang memiliki keindahan alam pertanian dataran tinggi Solok, KBA Banjarmasin yang merupakan kampung proklim tingkat provinsi dan sedang menuju nasional.

KBA Tanon yang sedang mengembangkan kampung wisata menari. KBA Yogyakarta mengangkat program konservasi danau Kemuning dan sedang mengembangkan produk jagung. KBA Makassar sedang mengembangkan produk dari rotan. Lalu KBA Enggros Papua memiliki wisata injil dan bahari.

Dalam hal penanaman pohon buah langka, Astra bekerjasama dengan LIPI untuk mengonservasikan buah langka nusantara melalui Program Konservasi Keanekaragaman Buah Langka Nusantara (Pranaraksa). Program ini bertujuan agar buah langka tidak punah melalui berbagai upaya seperti pengumpulan, pendataan, pembibitan dan penyebarluasan kembali bibit buah langka kepada masyarakat.

Sebagai tanda dimulainya kerjasama ini, Astra dan LIPI sekaligus meresmikan infrastruktur pembibitan Pranaraksa di Cibinong Science Center-Botanical Garden pada hari ini.

KBA di 34 Provinsi

IKLAN INFOBRAND.ID

Astra kini membina 72 KBA di 34 provinsi, termasuk mengembangkan jumlah maupun konsepnya untuk menuju Desa Sejahtera. Kegiatan ini dalam rangka mendukung penguatan paradigma sehat serta program Nawacita dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Pada prinsipnya, di mana pun instalasi Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta

FLOII Expo 2024 Catatkan Transaksi Lelang Tanaman Hias Sebesar Rp137 Juta
INFOBRAND.ID - Memasuki hari keempat, pameran tanaman hias Floriculture Indonesia International (FLOII) Expo 2024 semakin meriah dan dipadati pengunju...


RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun

RedDoorz Tawarkan Liburan Maksimal Tapi Hemat di Akhir Tahun
INFOBRAND.ID-Pelemahan daya beli masyarakat saat ini berimbas pada berbagai industri di Indonesia, termasuk industri pariwisata. RedDoorz, platform te...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif

INFOBRAND.ID Siap Gelar Golden Brand of The Year 2024, Apresiasi Tertinggi untuk Merek-Merek Tangguh dan Inovatif
INFOBRAND.ID - Dalam perjalanan waktu, hanya sedikit merek yang mampu bertahan dan terus berkembang, melintasi dekade demi dekade. Merek-merek ini tid...


INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 

INFOBRAND.ID Siap Gelar Top Customer Satisfaction Award 2024, Indikator dan Bukti Kepuasan Pelanggan 
INFOBRAND.ID - Customer satisfaction, atau kepuasan pelanggan menjadi prasarat agar produk atau layanan dari sebuah brand dipilih kembali, atau bahkan...