INFOBRAND – Dalam rangka mendukung pengembangan bisnis para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), FIFGROUP untuk kedua kalinya menghadirkan salah satu program yang ditujukan untuk meningkatkan branding dan penjualan produk UMKM binaannya, yaitu FIFestival Street Food 2024. Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 11 sampai 12 Juli 2024 di Assembly Point Area, Menara FIF, Jakarta Selatan.
Perhelatan ini diharapkan mampu mendorong kesempatan dan keberanian UMKM binaan dalam memiliki jiwa bersaing serta membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM yang menjadi binaan FIFGROUP untuk menjajakan produknya. FIFestival menjadi kegiatan yang menarik dan seru untuk dikunjungi baik itu karyawan internal maupun masyarakat sekitar yang ingin membeli sarapan, camilan atau nongkrong dan makan siang.
Selain dapat menikmati kuliner khas nusantara, pengunjung FIFestival juga dapat mengikuti berbagai permainan berhadiah dan berkesempatan mendapatkan cashback AstraPay hingga total jutaan rupiah.
Program ini sekaligus menjadi bagian dari inisiatif FIFGROUP melalui pilar Corporate Social Responsibility (CSR) FIFGROUP Sejahtera dan dalam mengimplementasikan aspek Environment, Social, and Governance (ESG) dan Sustainability khususnya dalam mencapai tujuan Sustainability Development Goals (SDGs) nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Melalui langkah ini, FIFGROUP berkomitmen untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif.
Direktur FIFGROUP, Esther Sri Harjati, menegaskan bahwa FIFGROUP memiliki komitmen penuh dalam memberikan kontribusinya untuk pengembangan UMKM.
“Kita semua tahu bahwa UMKM merupakan tonggak perekonomian Indonesia. UMKM yang bertumbuh tentunya akan berdampak pada kebangkitan ekonomi di Indonesia. Untuk itu, kami berkomitmen penuh untuk menghadirkan berbagai program melalui pendekatan holistik yang diharapkan dapat memberikan dampak baik bagi para pelaku, salah satunya FIFestival,” kata Esther.
Sebelumnya, UMKM binaan FIFGROUP juga terlibat dalam kemeriahan FIFGROUP 35th LOCALICIOUS yang diselenggarakan pada tanggal 23-26 Mei 2024 di Lapangan Plaza Parkir Timur, Gelora Bung Karno. UMKM yang pernah terlibat dalam kegiatan tersebut menyebutkan program ini memberikan dampak positif bagi penjualannya.
Tidak seperti jualan sehari-hari, setiap berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh FIFGROUP seperti LOCALICIOUS, para pelaku UMKM mengaku penjualan mereka meningkat. Hal itu diungkapkan oleh Cici Yohani yang menjajakan produknya berupa merek dagang Yoyobolen pada ajang FIFestival.
“Saya sangat bersyukur dengan inisiatif baik yang dilakukan oleh FIFGROUP melalui kegiatan FIFestival kali ini. Sebelumnya saya juga turut dilibatkan dalam ajang LOCALICIOUS yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Senayan, di mana jualan saya laris manis saat mengikuti kegiatan tersebut. Besar harapan saya ini bisa membuka kembali peluang dagangan saya bisa terjual dengan laris manis kembali,” tutur perempuan yang akrab dipanggil Cici.
Dalam membantu penjualan, FIFGROUP menyediakan e-catalog yang memuat produk-produk UMKM Binaan FIFGROUP yang dapat dipesan untuk kebutuhan pelatihan, seminar, acara perusahaan dan kegiatan lainnya.
Pada ajang FIFestival kali ini, FIFGROUP menghadirkan 15 UMKM Binaan pilihan yang menawarkan aneka produk kuliner. Hal ini mencerminkan keanekaragaman, kreativitas dan kepercayaan diri setiap UMKM binaan dalam menjajakan dagangannya.
Mulai dari kuliner yang dimeriahkan oleh UMKM binaan dengan produk-produknya, yaitu YoYo Bolen, Lestary Catering, Warung Eneng, Linda Bakery, Kantin Mamake, Nasi Uduk Wong Purbalingga, Sop Iga Barokah, Kacida Catering, Rebusan.id, Jajanan Dhifa, Machili, Omayuns Cookies, Imago Raw Honey, Ayam Bakar Kang Tholib dan Kedai Makan Enak.
Tidak hanya kuliner, tetapi kegiatan ini juga menawarkan produk kerajinan tangan dari UMKM disabilitas binaan FIFGROUP, yaitu Yayasan Chesire Indonesia dan sejumlah UMKM internal karyawan FIFGROUP serta FIFpreneur, yang merupakan program pembinaan dan pendampingan bagi calon karyawan purnabakti yang berpotensi dalam berwirausaha.
Pada perhelatan FIFestival Street Food 2024 tersebut, seluruh pengunjung berkesempatan mendapatkan merchandise hingga promo jajanan yang menarik. Setiap top up saldo AstraPay yang dilakukan oleh pengunjung, berkesempatan mendapatkan ragam merchandise menarik hingga cashback saldo AstraPay senilai Rp3.500 untuk setiap belanja dengan transaksi minimal Rp20 ribu di gerai FIFestival.
Selain itu, hadir juga booth Koperasi FIF2000 yang menawarkan program spesial bagi internal karyawan yang mengajukan pinjaman ready cash selama pagelaran FIFestival Street Food berlangsung berupa sembako, jaket dan helm.