Senin, 24 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

FIFGROUP Berikan Literasi Keuangan Bagi Penyandang Disabilitas

Posted by: 483 viewer

FIFGROUP Berikan Literasi Keuangan Bagi Penyandang Disabilitas
Sesi foto Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) bersama sahabat disabilitas dan seluruh tamu undangan yang hadir dalam agenda Edukasi Keuangan OJK Bagi Penyandang Disabilitas di Gedung Serbaguna Perp

INFOBRAND.ID - PT Federal International Finance (FIFGROUP) terus mendukung Astra 2030 Sustainability Aspirations melalui program-program aspiratif. Bersama sejumlah pelaku usaha jasa keuangan (PUJK) lain, FIFGROUP turut serta dalam kegiatan Edukasi Keuangan Bagi Penyandang Disabilitas bertajuk Menuju Masyarakat Indonesia Merdeka Finansial yang digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Acara itu berlangsung secara hybrid di Gedung Serbaguna Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, dan Zoom virtual meeting pada Selasa, 15 Agustus 2023. Kegiatan yang  merupakan inisiasi OJK dengan dukungan berbagai PUJK mulai dari FIFGROUP, BNI dan Allianz, dihadiri oleh lebih dari 300 peserta sahabat disabilitas yang hadir langsung di lokasi seminar, serta lebih dari 1.000 peserta lainnya yang mengikuti secara dalam jaringan (daring).

Hadir dalam acara itu, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Pepen Nazaruddin dan  Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan, Friderica Widyasari Dewi, serta turut juga hadir Human Capital , General Support, Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility & Sustainability Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati bersama pimpinan PUJK lainnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Pepen Nazaruddin mengaku sangat bersemangat melihat antusiasme para sahabat disabilitas dalam mengikuti seminar literasi keuangan hari ini. Diharapkan para peserta dapat memperoleh pengetahuan untuk mengelola keuangan mereka dengan lebih baik dan mengambil keputusan finansial yang cerdas.

“Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam membangun kesadaran akan pentingnya literasi keuangan di semua kalangan lapisan masyarakat, tanpa terkecuali,” ujar Pepen.

Dalam acara tersebut, salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial itu juga memberikan kemudahan akses kredit terhadap layanan pembiayaan bagi sahabat disabilitas yang secara simbolis diberikan oleh Esther Sri Harjati kepada perwakilan penerima manfaat. Esther mengatakan FIFGROUP senantiasa berkomitmen turut berkontribusi dalam merangkul keselarasan dan memberikan kesempatan bagi sahabat  disabilitas untuk bekerja dan berkarya serta mengembangkan potensi melalui salah satu program bernama FIFriendibility yang diharapkan dapat mewujudkan point Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4 tentang Pendidikan Bermutu dan SDGs nomor 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

“Kegiatan edukasi ini merupakan salah satu bentuk komitmen FIFGROUP dalam menghadirkan literasi keuangan yang inklusif. Kami ingin memberikan pemahaman tentang manfaat pembiayaan yang berkelanjutan dan pengelolaan keuangan yang bijak sehingga dapat membantu sahabat disabilitas dalam mengambil keputusan finansial serta membangun masa depan yang lebih baik,” ujar Esther.

Masing-masing PUJK memberikan wawasan dalam literasi keuangan sebagai narasumber dengan menyoroti pentingnya literasi keuangan bagi semua individu, termasuk bagi sahabat disabilitas. Astra Multifinance (AMF) Spektra and Multi Product Financing (MPF) Marketing Area Department Head FIFGROUP, Rendy Aditya sebagai narasumber mewakili perusahaan pembiayaan, mengenalkan berbagai produk dan jasa keuangan dengan berbagai manfaat serta faktor risikonya masing-masing. Turut dibahas juga pentingnya pemahaman mengenai pembiayaan yang sehat dengan mengetahui hak dan kewajiban sebagai konsumen, cara akses hingga aspek-aspek perlindungannya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Bersama OJK, FIFGROUP dandan PUJK lainnya berkomitmen untuk senantiasa mendukung dan mengembangkan program-program literasi keuangan yang inklusif dan berkelanjutan. FIFGROUP terus berpartisipasi aktif dalam upaya mencapai literasi dan inklusi keuangan yang lebih luas di Indonesia, bagi seluruh anak bangsa, tanpa terkecuali.

Dalam mendukung dorongan global pada implementasi ESG dan Sustainability untuk masa depan yang lebih hijau, FIFGROUP terus menggencarkan aksi nyata yang dapat memberikan kontribusi positif.

Aksi itu dilakukan dengan mengusung tagline #CARE yang merupakan singkatan dari Create Action, Rescue Earth yang terbagi ke dalam tiga aksi, yaitu #CAREforPeople, #CAREforWaste, dan #CAREforGreenLiving.

Melalui #CAREfoPeople, FIFGROUP berinisiatif menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif melalui program rekrutmen untuk karyawan disabilitas. Serta memberikan aksesibilitas fisik dan teknologi yang memadai, melibatkan karyawan disabilitas pada seluruh kegiatan yang ada di kantor pusat maupun cabang, tanpa adanya diskriminasi melalui salah satu program bernama FIFriendibility. Selanjutnya, juga terdapat program-program kesehatan mencakup medical check up dan pelatihan pertolongan pertama, serta inisiatif program keselamatan di tempat kerja seperti simulasi kesiapsiagaan tanggap darurat dan inspeksi safety riding yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dalam berkendara yang aman. Selain itu, FIFGROUP juga mengajak karyawan perempuan untuk senantiasa mengembangkan potensi diri dan berperan aktif melalui Women Empowerment Webinar & Forum.

Untuk #CAREforWaste, FIFGROUP mendorong karyawannya untuk turut berpartisipasi untuk bijak dalam menggunakan air, mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, hingga penggunaan botol plastik di area kantor.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk program #CAREforGreenLiving, FIFGROUP berinisiatif menciptakan kehidupan yang berkelanjutan melalui program yang mendorong karyawan dalam menghemat penggunaan listrik khususnya Air Conditioner (AC) sebagai salah satu penyebab penggunaan listrik berlebihan. Serta, mendorong penerapan sumber energi terbarukan, seperti LED dan solar panel yang lebih ramah lingkungan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...