Senin, 27 September 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Gagas Kampung NanasKu Sebagai Program CSV, PT. Pupuk Kujang Join Penjurian Top CSV Awrad 2021

Posted by: 14-09-2021 18:25 WIB 142 viewer

Gagas Kampung NanasKu Sebagai Program CSV, PT. Pupuk Kujang Join Penjurian Top CSV Awrad 2021
Penjurian Top CSV Award 2021 - Pupuk Kujang (foto istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Pupuk Kujang merupakan anak perusahaan dari BUMN Pupuk di Indonesia yaitu PT Pupuk Indonesia Holding Company. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1975 ini memproduksi pupuk urea, NPK, organik dan industri kimia lainnya yang berlokasi di Cikampek, Jawa Barat.

Sebagai produsen pupuk, perusahaan menjalankan tanggung jawab perusahaan untuk pertanian yang berkelanjutan. Perusahaan memiliki program CSR Kampung Nanasku, sebagai pemberdayaan petani untuk kesejahteraan dan lingkungan.

Berkat program tersebut, Pertamina masuk dalam nominasi penjurian Top CSV Award yang diadakan oleh Infobrand.id bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia yang digelar, Selasa (7/9/2021). Agung Gustiawan, Vice President PKBL, dalam pemaparan saat penjurian menjelaskan. “Program ini di latar belakangin dari permasalahan pertani yang masih menggunakan metode pertanian yang apa adanya dan adanya nanas-nanas tidak lolos sortir/kualitas rendah yang belum diolah menjadi produk bernilai jual lebih tinggi”

Kelompok penerima manfaat dari program CSV ini adalah Kelompok Tani Mekarsari Maju yang terdiri dari 60 kelompok dan 70 Ha Lahan. Sedangkan potensi dari kegiatan ini adalah pertanian nanas sebagai komoditas utama Desa Sarireja, adanya kelompok tani yang memiliki kemampuan budidaya nanas serta adanya pasar pengelolaan nanas.

“Tujuan dari program ini adalah meningkatkan produktivitas dan kualitas nanas lewat aplikasi metode budidaya yang baik dan benar serta mengoptimalkan lahan krisis menjadi lahan budidaya nanas” ungkapnya.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan upaya-upaya apa saja dalam pengembangan Program Kampung NanasKu, yang pertama ada aplikasi teknik budidaya nanas berbasis riset dan ramah lingkungan, yang kedua ada pengembangan produk olahan nanas (keripik dan wajik nanas). Untuk produk yang dihasilkan keripik nanas capai Rp. 120.000/kg dan untuk wajik nanas capai Rp. 80.000/kg. Yang ketiga ada juga pengembangan pemasaran yang dilakukan perusahaan lewat pendampingan dan bantuan dari pemasaran tingkat lokal lewat pameran, digital, tingkat nasional melalui Kementerian Koperasi dan UMKM dan Ekspor.

“Selanjutnya, untuk yang keempat lewat pengembangan Kewirausahaan Sosial (Pembentukan KoperasiSinggalang Sari Jaya) yang dilatar belakangi dari para petani yang banyak bergantung terhadap tengkulak yang memonopoli harga serta media pemasaran kelompok yang masih terbatas karena belum memiliki lembaga yang legal” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, Untuk jangkauan pemasarannya sendiri mencakup pabrik PT. Inti Tunggal Kahuripan, PT. Laris Manis Utama, untuk tingkat pasar tradisional ada Pasar Induk Tangerang dan Pasar Induk Sekitar Kabupaten Subang. Sedangkan jangkauan internasionalnya dalam pemasaran lewat KBRI Jepang.

Indeks kepuasan masyarakat terhadap Program Kampung NanasKu menunjukkan hasil yang baik dengan nilai indeks 3,25. PT Pupuk Kujang telah melaksanakan proses pemberdayaan dari rencana, implementasi dan menghasilkan output yang baik.

Menanggapi Presentasi yang dihadirkan oleh PT. Pupuk Kujang, Tri Raharjo S.E., M.M selaku CEO TRAS N CO Indonesia dan Founder Indonesia Brand Network (IBN) menyatakan “Untuk Program Kampung NanasKu ini sebaiknya lebih diperbanyak dalam aktivitas Brandingnya dan juga lebih rinci terkait berapa orang petani yang tergabung dalam program ini serta impactnya atas kerja sama ini lebih condong ke pihak perusahaan atau koperasi serta petaninya”.

TOP CSV Award 2021 merupakan sebuah penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atau brand yang telah berhasil menjalankan program “creating share value”. Top CSV Award terselenggara berkat kerjasama INFOBRAND.ID sebagai Indonesia number one brand media, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, dan Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Airlangga.

Penjurian dilakukan oleh Dr. Gancar C Premananto, CMD, selaku Head of Management Department FEB, Universitas Airlangga, dan Senior Consultant & Mentor CSV, Tri Raharjo, selaku CEO TRAS N CO Indonesia, sekaligus Founder Komunitas Indonesia Brand Network, dan Drs. Mas Achmad Daniri, MEc, selaku Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance, Pakar Good Corporate Governance (GCG), dan Penulis Buku Lead By CSV.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND GROUP mengatakan, setelah proses penjurian, pengumuman akan dilakukan pada hari senin, tanggal 13 September 2021 melalui surat pengumuman secara resmi yang kami kirimkan ke Perusahaan Peserta Nominasi TOP CSV Award 2021. Sedangkan penghargaan TOP CSV Award 2021 akan diberikan bersamaan dengan pengelangaraan Webinar Nasional pada tanggal 14 Oktober 2021, dengan Tema "CSR to CSV", yang bertujuan mengedukasi para pelaku CSR untuk melakukan transformasi program CSR menjadi CSV (Creating Shared Value) bukan hanya konsen pada dampak sosial saja tetapi juga dampak ekonomi. 

“Harapan saya dalam proses penjurian TOP CSV Award 2021 adalah meningkatnya kepercayaan diri perusahaan untuk terus menciptakan program CSV berkelanjutan, yang tentunya mampu memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan ekonomi, lingkungan dan sosial,” tutup Susi.

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Sucofindo Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Best TJSL Awards 2021

Sucofindo Raih Penghargaan di Ajang Indonesia Best TJSL Awards 2021
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT SUCOFINDO (Persero) meraih penghargaan sebagai Best TJSL 2021 with Outstanding Partners' Capacity and Capabilities...


Bantu Tangani Pandemi Covid-19, Pegadaian Dapat Penghargaan Best TJSL 2021

Bantu Tangani Pandemi Covid-19, Pegadaian Dapat Penghargaan Best TJSL 2021
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Konsisten bantu masyarakat menghadapi pandemi Covid-19, PT Pegadaian diganjar penghargaan di bidang sosial kemanusiaan dan bin...


Blue Bird Raih Penghargaan Asias Outstanding Company 2021

Blue Bird Raih Penghargaan Asias Outstanding Company 2021
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Blue Bird Tbk (Bluebird) sebagai penyedia layanan transportasi darat terdepan di Indonesia kembali meraih penghargaan....


Anak Usaha Archi Menang Penghargaan Platinum di Event Indonesian SDGs Award 2021

Anak Usaha Archi Menang Penghargaan Platinum di Event Indonesian SDGs Award 2021
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Anak Usaha yang dimiliki sepenuhnya oleh PT Archi Indonesia Tbk yang bergerak di bidang pertambangan emas, PT Meares Soputan M...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR






Index