Sabtu, 02 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Gandeng BRI Agro, TaniFund Luncurkan Pendanaan Usaha Mikro

Posted by: 1311 viewer

Gandeng BRI Agro, TaniFund Luncurkan Pendanaan Usaha Mikro
Foto dari TaniFund

JAKARTA, INFOBRAND.ID - TaniFund, sebagai platform peer-to-peer lending terdepan yang bergerak dalam pembiayaan sektor agrikultur dan pangan, resmi meluncurkan pendanaan usaha mikro melalui kemitraan dengan BRI Agro, anak usaha Bank Rakyat Indonesia (BRI). Inisiatif tersebut diluncurkan pada hari Sabtu, 7 Agustus 2021 secara daring, dan dilanjutkan dengan talk show mengenai kiat-kiat membangun usaha mikro.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Pamitra Wineka selaku CEO TaniHub Group sekaligus Komisaris TaniFund, serta Bhimo Wikan Hantoro selaku Direktur Digital Bisnis BRI Agro. Pada kesempatan itu, kedua belah pihak melakukan seremoni simbolis yang menggambarkan proses penyaluran pendanaan kepada pemilik usaha mikro.

Dalam sambutannya, Pamitra Wineka mengatakan, cita-cita TaniHub Group sejak awal yaitu membangun ekosistem yang dapat membantu para petani dari mulai proses menanam hingga mampu menjual hasil panen mereka.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kami merasa sudah waktunya untuk tidak hanya mendukung petani di sisi hulu, tetapi juga para mitra kami di hilir dan mereka yang menikmati hasil panen petani. Kami menyadari, ini adalah produk yang ditunggu-tunggu oleh pemerintah dan para pelaku UMKM,” ujar Pamitra.

Selama pandemi Covid-19, hampir 64 persen UMKM di Indonesia telah merasakan dampak negatif dari melemahnya perekonomian. Namun, terdapat segmen UMKM yang tetap mengalami pertumbuhan positif, yaitu usaha yang bergerak di bidang pertanian serta makanan dan minuman. Pamitra mengatakan, TaniFund mendukung mereka dengan pendanaan yang berbasis data, karena pendanaan yang bersifat tradisional masih mengalami banyak kendala untuk diakses karena berbasis collateral, yang seringkali tidak dimiliki pengusaha mikro.

“Dalam pendanaan berbasis data ini, kami dengan jeli melihat apakah para UMKM ini mampu menyerap produk-produk pertanian. Aspek ini menjadi salah satu penilaian dalam credit scoring kami untuk menentukan calon mitra. Mayoritas credit scoring yang kami lakukan berbasis digital,” tambah Pamitra.

Direktur Digital Bisnis BRI Agro Bhimo Wikan Hantoro menyatakan, pihaknya bersinergi dengan TaniFund sebagai salah satu upaya memperluas akses permodalan terhadap produksi dan menyelesaikan masalah supply chain di berbagai sektor bisnis. TaniFund, ujarnya, merupakan mitra yang sangat tepat karena memiliki inovasi dan pengalaman sebagai pionir agritech di Indonesia sejak 2016 melalui TaniHub Group.

“Akses permodalan dan ekosistem yang kami bangun bersama TaniFund akan membantu pelaku UMKM untuk mendapatkan jaminan pasar dan akses pembiayaan,” kata Bhimo.

IKLAN INFOBRAND.ID

Produk pendanaan usaha mikro yang diluncurkan TaniFund khusus ditujukan untuk pengusaha makanan dan minuman karena mereka merupakan salah satu stakeholder utama sektor pertanian Indonesia. Pengusaha mikro dapat mengajukan pendanaan melalui smartphone dan website TaniFund, sehingga tidak perlu melalui proses yang panjang dan berbelit-belit.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Manajemen FEB Universitas Airlangga, Menyiapkan Mahasiswa Ready for Business with AI

Manajemen FEB Universitas Airlangga, Menyiapkan Mahasiswa Ready for Business with AI
INFOBRAND.ID - Artificial Intelligence (AI) merupakan fenomena terkini di dunia IT, yang menjadikan berbagai profesi bisa jadi di masa depan akan terg...


Survey Internal HPM, Ini Tiga Kekhawatiran Konsumen Beralih ke EV

Survey Internal HPM, Ini Tiga Kekhawatiran Konsumen Beralih ke EV
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Survei internal PT Honda Prospect Motor (HPM) beberapa waktu lalu menyebutkan, terdapat tiga faktor yang belum bisa menggerakk...


Indonesia Sport Facility Expo (ISFEX) 2024 Hadirkan Inovasi dan Peluang Baru di Industri Olahraga

Indonesia Sport Facility Expo (ISFEX) 2024 Hadirkan Inovasi dan Peluang Baru di Industri Olahraga
INFOBRAND.ID - Turut menggerakkan roda industri olahraga agar melaju lebih cepat, maka PT Debindo Exponet Asia (Debindo Group) siap menggelar Ind...


Mudahkan Pengguna Mencari Pesan, WhatsApp Hadirkan Fitur Pencarian Berdasarkan Tanggal

Mudahkan Pengguna Mencari Pesan, WhatsApp Hadirkan Fitur Pencarian Berdasarkan Tanggal
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Aplikasi perpesanan instan, WhatsApp, menghadirkan fitur pencarian pesan berdasarkan tanggal untuk memudahkan pengguna dalam m...