Jum'at, 19 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Garap Segmen B2C, Indah Logistik Semakin Popular di Ranah Digital

Posted by: 2339 viewer

Garap Segmen B2C, Indah Logistik Semakin Popular di Ranah Digital
Penyerahan sertifikat Indonesia Digital Popular Brand Award 2022, untuk Indah Logistik.

INFOBRAND.ID - Perkembangan bisnis jasa pengiriman yang semakin menjanjikan dalam beberapa tahun terakhir telah mendatangkan sejumlah pemain baru. Salah satu pemain adalah PT Indah Logistik, yang bergerak dalam bidang usaha jasa angkutan barang hingga dokumen, dengan tujuan seluruh Provinsi di Indonesia bahkan ke luar negeri.

Perusahaan yang hadir pada tahun 2011, dirintis oleh H. Arisal Aziz, pengusaha asal kota Pariaman, yang berkecimpung di bisnis travel dan angkutan barang sejak tahun 2020. Dalam perkembangannya, perusahaan yang dikenal dengan brand Indah Logistik ini telah memiliki 519 cabang, 2.880 karyawan, dan 1.800 kendaraan operasional.

Berkat eksistennya pun saat ini perusahaan mampu bersaing dengan brand-brand jasa pengiriman terkemuka di Indonesia. Namanya semakin dikenal, tidak hanya di ranah offline tapi juga di ranah digital. Semua itu diraih oleh Indah Logistik, berkat strategi dan digital activation yang dilakukan secara masiv.

IKLAN INFOBRAND.ID

Rahmad Puji, Direktur Operasional Indah Group, mengungkapkan, salah satu strategi yang dijalankan adalah dengan memasuki sekmen customer (B2C), dimana selama ini Indah Logistik aktivitas bisnisnya didominasi oleh business B2B. Strategi tersebut untuk menjawab meningkatnya aktivitas pengiriman barang seiring meningkatnya aktivitas belanja online.

“Dengan menggandeng beberapa e-commerce, kami mulai melayani pengiriman barang langsung ke costumer. Saat ini porsinya B to B sebesar 60% dan B to C 30%,” jelas Rahmad.

Untuk semakin dikenal secara digital, Indah Logistik memanfaatkan ranah digital baik itu untuk pelayanan maupun campaign. Tak hanya itu, pihaknya juga memaksimalkan peran sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok hingga Youtube sebagai upaya mendekatkan diri dengan para pelanggannya.

Selain aktif di sosial media, pihaknya juga mempunyai layanan dengan memanfaatkan website dan aplikasi. Dalam layanan aplikasi, para pelanggan bisa mengetahui tarif untuk pengiriman barang hingga cek resi barang.

“Hasilnya cukup baik untuk kinerja kami. Karena memanfaatkan ranah digital, Indah Logistik jadi semakin dikenal,” jelasnya, saat ditemui usai konferensi pers penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2022 di Jakarta, Kamis (28/7).

IKLAN INFOBRAND.ID

Tidak dipungkiri persaingan di industri jasa pengiriman saat ini semakin sengit. Untuk dapat bersaing dengan pemain lainnya, Indah Logistik unggul dalam layanan penjemputan, yang memungkinkan pengirim tidak perlu datang ke kantor cabang atau agen.

Untuk semakin memperluas bisnisnya, Indah Logistik juga menawarkan peluang menjadi agen Indah Logistik dengan biaya yang sangat terjangkau. Tidak hanya itu, Indah Logistik juga mempunyai layanan antar jemput.

“Jika dahulu pelanggan harus datang ke counter, tetapi dengan layanan antar jemput pelanggan hanya cukup by phone nanti akan kami lakukan penjemputan. Tidak ada minimum berat dan radius, semua akan dilayanan. Makanya kita punya tagline, satu kilo siap kirim dan makin berat makin hemat,” jelasnya.

Rahmad mengakui efek pandemi cukup membuat bisnis logistik menjadi lesu, makanya perusahaan merubah strategi dengan melayani segmen B to C. Ia juga menyampaikan, PT Indah Logistik akan melakukan ekspansi di beberapa wilayah seperti di Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia Bagian Timur.

Berkat strategi yang dijalankan tersebut, Indah Logistik pun saat ini menjadi salah satu pemain jasa cargo dan kurir yang diperhitungkan di Indonesia. Berkat popularitasnya di ranah digital, Indah Logistik masuk dalam jajaran brand perain Indonesia Digital Popular Brand Award 2022, sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibandingkan brand lainnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...


Kimia Farma Dukung Kelancaran Mudik 2024 Melalui Layanan Kesehatan

Kimia Farma Dukung Kelancaran Mudik 2024 Melalui Layanan Kesehatan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Kimia Farma Tbk (KAEF) bersama dengan anak usaha PT Kimia Farma Apotek (KFA) dan PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) mendukung...


BNI Hadirkan UMKM Binaan di Pameran Indonesia in SG

BNI Hadirkan UMKM Binaan di Pameran Indonesia in SG
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkolaborasi dengan KBRI Singapura dan Bank Indonesia menyelenggarakan pamera...