Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Gojek Dorong Pelaku SME Naik Kelas Melalui Teknologi Digital

Posted by: 2071 viewer

Gojek Dorong Pelaku SME Naik Kelas Melalui Teknologi Digital
GoJek

Guna membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah/UMKM (Small Medium Enterprise/SME) binaan enam Kementerian/Lembaga untuk naik kelas, Gojek menggelar seminar dan workshop yang bertemakan “Gojek Wirausaha #GerakanOnlineNusantara - UMKM Kreatif dan Mandiri kreasi Anak Bangsa”.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengatakan Indonesia sekarang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat.

“Potensi ini harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Indonesia. Pemanfaatan platform digital saya percaya mampu membuka akses bagi UMKM untuk naik kelas, mulai dari pasar yang lebih luas hingga pengelolaan usaha yang lebih baik,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (27/8).

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia berharap melalui Gojek Wirausaha - Gerakan Online Nusantara ini, UMKM kreasi anak bangsa dapat lebih kreatif dan mandiri. Selain itu, Triawan juga menginginkan agar para pelaku usaha Tanah Air dapat terus menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Adapun, Enam Kementerian/Lembaga tersebut adalah Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Direktorat Jenderal Pajak-Kementerian Keuangan.

Dalam kesempatan yang sama Chief Public Policy & Government Relations Gojek Group, Shinto Nugroho mengungkapkan bahwa sebagai technology enabler, Gojek berupaya menjawab tantangan yang dihadapi UMKM dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berkembang dengan memanfaatkan teknologi kelas dunia dari Gojek.

“Tidak hanya itu, melalui Program Gojek Wirausaha #GerakanOnlineNusantara, Gojek menyediakan paket lengkap bagi UMKM yakni akses pasar yang lebih luas dengan masuk ke ekosistem Gojek, akses ke teknologi melalui platform Gojek sekaligus akses ke peningkatan kemampuan dan pengetahuan dengan pelatihan dan modul,” tuturnya.

Keberhasilan Gojek masuk dalam daftar 50 Perusahaan yang mengubah dunia versi majalah Fortune tersebut dalam membantu UMKM untuk naik kelas, ditunjukkan oleh riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI).

IKLAN INFOBRAND.ID

Riset itu menyatakan bahwa kontribusi ekosistem Gojek terhadap perekonomian Indonesia mencapai Rp. 55 triliun dengan asumsi 100% mitra aktif. Dari riset yang sama, 93% mitra UMKM GoFood mengalami peningkatan volume transaksi, dan 85% mitra UMKM menginvestasikan kembali hasil penjualan di GoFood ke dalam usaha mereka.

“Dengan hasil usaha yang diinvestasikan kembali ke dalam usahanya, mitra bisa terus mengambangkan dan menumbuhkan usahanya. Ini sejalan dengan visi kami, untuk membantu UMKM untuk terus naik kelas,” sambung Shinto.

Acara itu sendiri bertempat di Kedasi Coworking & Event Space Sudirman, Jakarta terdiri atas sesi panel yang diikuti oleh seluruh peserta dan beberapa kelas kecil diikuti oleh peserta sesuai dengan preferensi dan jenis usaha masing-masing peserta. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya yakni pelatihan digital marketing Gojek Wirausaha, sharing session mengenai pengembangan usaha kuliner oleh national top merchant GoFood yang dibawakan langsung oleh Owner Martabak Orins Sonny Arcya Adryanto, sharing session mengenai pengembangan usaha melalui fasilitas pembayaran nontunai oleh GoPay dan sosialisasi program milik Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Sejak diluncurkan pada awal 2019, Gojek Wirausaha telah melatih lebih dari 14 ribu UMKM se-Indonesia di 17 kota di Indonesia melalui kolaborasi dengan 26 komunitas dan institusi pemerintah.

Dalam peningkatan kapasitas UMKM di Indonesia, melalui Gojek Wirausaha - Gerakan Online Nusantara, Gojek telah berkolaborasi dan berpartisipasi dalam berbagai program seperti Gerakan UMKM Go-Online 2019 Kementerian Komunikasi dan Informatika, program pemberdayaan UMKM melalui teknologi dalam paket Kebijakan Pemerataan Ekonomi oleh Kementerian Koordinator Perekonomian, program e-smart IKM milik Kementerian Perindustrian, program peningkatan kapasitas UMKM serta sertifikasi milik Kementerian Ketenagakerjaan serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan berbagai kerjasama strategis dengan Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah lainnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...