INFOBRAND.ID, JAKARTA - Google Indonesia mengungkap, resep nasi goreng menjadi kata kunci yang paling dicari masyarakat selama tiga bulan terakhir dan memuncak saat memasuki Ramadhan.
Hal itu diutarakan Manajer Komunikasi Google Indonesia Feliciana Wienathan, menurut dia pencarian resep nasi goreng di Google mengalami peningkatan sebesar 150 persen.
"Entah kenapa nasi goreng muncul dalam belakangan ini, peningkatannya lumayan signifikan dan menjadi fenomena tersendiri karena sesuatu hal yang sederhana tapi masih banyak yang cari resepnya sampai saat ini,” kata dia di Jakarta, Kemarin.
Selain resep nasi goreng, menurut Feliciana lagi, resep nasi gila juga menjadi kata kunci yang paling banyak dicari masyarakat Indonesia akhir-akhir ini.
Dirinya menduga, bulan Ramadhan mengambil andil terhadap tingginya pencarian kata kunci tersebut, di mana masyarakat mungkin ingin memasak menu tersebut baik selama sahur maupun berbuka puasa.
Lebih lanjut, dikatakan Feliciana lagi, Google Indonesia juga mengungkap sejumlah kata kunci terpopuler lain belakangan ini, seperti “dice board game”, olahraga “calisthenics”, “carpet tufting”, “harga alat tufting”, hingga “baju lebaran”.
Selain itu, informasi mengenai “Game mobile terbaik” hingga “Smartphone gaming murah” juga jadi yang terbanyak diincar oleh masyarakat saat berselancar di pencarian Google.
Namun dalam seminggu terakhir kata kunci “ceramah singkat Ramadhan dan judulnya”, “Niat puasa ramadhan”, “Puncak Arus Mudik”, “resep buat buka puasa dan sahur”, hingga “poster ramadhan” juga meningkat signifikan.
“Indonesia juga menjadi negara kedua teratas di dunia untuk pencarian kata kunci ‘Idul Fitri’ dan ‘Puasa’, jadi ini bisa dibilang suatu momen yang khas dan identik untuk Indonesia dan paling betul-betul ditunggu sebenarnya untuk perusahaan,” tandasnya.