Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Grab Indonesia Gandeng KemenkopUKM, Canangkan Inisiatif untuk Hari UMKM Nasional 2022

Posted by: 1794 viewer

Grab Indonesia Gandeng KemenkopUKM, Canangkan Inisiatif untuk Hari UMKM Nasional 2022
Foto dari KemenkopUKM

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, hari ini menegaskan kembali sinergi strategis melalui penandatangan nota kesepahaman dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (Kemenkop UKM). Nota kesepahaman ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis guna mendukung perluasan digitalisasi dan peluang ekonomi yang merata bagi pelaku UMKM di Indonesia yang telah dijalin Grab Indonesia dan Kemenkop UKM sejak September 2020 lalu.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki menyampaikan harapannya untuk kelanjutan kerja sama ini, “Perkembangan digitalisasi para pelaku UMKM dalam satu tahun ke belakang sangat menggembirakan. Bergabungnya UMKM ke platform digital seperti Grab telah membantu para pelaku UMKM mengoptimalkan potensi di tengah tantangan-tantangan masa sulit tersebut.

Kami harap bangkitnya UMKM dari pukulan pandemi COVID-19 selama satu tahun ke belakang dapat terus dilanjutkan dengan program-program digitalisasi yang berorientasi pada pertumbuhan jangka panjang. Kapasitas digital yang mumpuni ini perlu ditingkatkan ke skala besar sehingga target Pemerintah Indonesia untuk mendigitalisasi 30 juta pelaku UMKM pada 2024 bisa terwujud.”

IKLAN INFOBRAND.ID

Neneng Goenadi, Country Managing Director of Grab Indonesia menyampaikan, “Sebuah kehormatan bagi kami karena telah kembali dipercaya sebagai mitra pemerintah dalam merancang dan mengimplementasikan berbagai program digitalisasi para pelaku UMKM.

Kami percaya melalui pemanfaatan teknologi dan peningkatan soft-skill, didukung jaringan ekosistem Grab yang luas, para pelaku UMKM dapat meningkatkan produktivitas mereka untuk berkembang dan bersaing di era ekonomi digital. Kami berharap implementasi dari kolaborasi dengan KemenkopUKM dapat membantu upaya pemulihan ekonomi, dan meningkatkan daya saing serta ketangguhan para UMKM di Indonesia.”

Di bawah naungan kemitraan strategis ini, Grab Indonesia akan menyelenggarakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan UMKM dan menghadirkan berbagai dukungan program digitalisasi bagi pelaku UMKM tanah air. Dengan bekal keterampilan digital, para mitra UMKM diharapkan tidak hanya dapat melahirkan inovasi-inovasi produk dan layanan yang dapat menjawab berbagai kebutuhan konsumen, tapi juga memiliki peluang untuk meningkatkan ketahanan bisnis serta mendapatkan peluang pendapatan baru berkat akses ke pasar yang lebih luas. Grab juga telah merencanakan berbagai inisiatif baru, termasuk inisiatif peringatan Hari UMKM Nasional bersama Kemenkop UKM pada 12 Agustus 2022 mendatang.

Sejak 2020 lalu, Grab telah menjadi mitra strategis Kemenkop UKM untuk memperluas dampak sosial dan ekonominya dalam pemberdayaan kapasitas UMKM. Sejumlah program kolaborasi oleh Grab Indonesia dan Kemenkop UKM telah dilakukan untuk mencapai pemerataan digitalisasi bagi pelaku UMKM di seluruh penjuru Indonesia seperti ??#TerusUsaha dan inisiatif Kota Masa Depan yang dijalankan bersama Emtek dan Bukalapak untuk mendorong digitalisasi UMKM yang berfokus pada tiga prioritas, yakni: Vaksinasi, Adopsi Platform Digital [onboarding ke aplikasi Grab dan Bukalapak] dan Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...