Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Grab Perkenalkan Strategi Platform Terbuka Untuk Ciptakan ‘Everyday Superapp’ Pertama di Asia Tenggara

Posted by: 2157 viewer

Grab Perkenalkan Strategi Platform Terbuka Untuk Ciptakan ‘Everyday Superapp’ Pertama di Asia Tenggara
Grab Indonesia

Grab hari ini mengumumkan GrabPlatform, sebagai bagian dari strategi ‘open platform’ untuk menciptakan ‘everyday superapp’ pertama di Asia Tenggara. Grab akan menambahkan beragam layanan harian yang sering digunakan ke dalam aplikasi Grab, bersama dengan para mitra unggulan, yang dapat menggunakan GrabPlatform untuk mengintegrasikan layanan mereka dengan Grab. Dengan demikian para mitra dapat berkembang secara lebih efisien di Asia Tenggara dengan memanfaatkan basis pengguna dan saluran distribusi terluas Grab melalui GrabPlatform. GrabPlatform adalah serangkaian API (application programming interface) yang memungkinkan para mitra untuk mengakses beragam komponen teknologi Grab, seperti logistik dan pembayaran.

“GrabPlatform memperkuat nilai ekonomi bagi seluruh pengguna lebih dari apa yang pernah kami ciptakan sebelumnya,” kata Anthony Tan, Group CEO & Co-founder, Grab.

Grab juga mengumumkan layanan terbarunya, GrabFresh, sebuah layanan pengiriman barang belanjaan on-demand. Tersedia di aplikasi Grab, GrabFresh merupakan integrasi rekanan GrabPlatfrom dengan HappyFresh, penyedia layanan pengiriman barang belanjaan terdepan di Asia Tenggara. Mulai bulan ini, Grab berekspansi ke kategori pembelanjaan rumah tangga terbesar di kawasan ini dan mengambil langkah lain untuk maju dan menjadi ‘everyday superapp’ di Asia Tenggara.

IKLAN INFOBRAND.ID

Visi Grab sebagai ‘everyday superapp’ terwujud dalam aplikasi Grab yang terbaru. Para pelanggan akan menikmati pengalaman Grab yang baru dimana aplikasi Grab tak hanya menyediakan beragam layanan, namun juga informasi yang relevan dengan kebutuhan mereka saat itu. Home screen terbaru Grab menampilkan akses terhadap pembayaran dalam satu ketukan dan navigasi yang mudah ke seluruh layanan harian, yang dilengkapi dengan news feed yang membantu para pengguna menemukan ulasan mengenai kota di mana mereka berada, serta informasi tematik bermanfaat, seperti lokasi masjid terdekat selama bulan Ramadan hingga skor pertandingan sepakbola terkini dalam gelaran Piala Dunia.

Peluncuran GrabPlatform dilatarbelakangi oleh tahun pencapaian bagi Grab.

  • Grab berhasil menembus 2 miliar perjalanan pada 7 Juli 2018. Untuk mencapai 1 miliar perjalanan, dibutuhkan waktu 5 tahun dan 4 bulan sedangkan hanya dalam kurun waktu kurang dari 9 bulan Grab berhasil mencapai 1 miliar berikutnya.
  • Grab merupakan perusahaan pertama di Asia Tenggara yang akan mencapai target pendapatan sebesar US$1 miliar pada akhir 2018.
  • Transportasi masih berkembang pesat dengan Gross Merchandise Volume (GMV) lebih dari dua kali lipat selama 12 bulan terakhir.
  • Bisnis-bisnis baru berkembang dengan pesat. GrabFood, yang berkembang dari 2 menjadi 6 negara pada kuartal kedua tahun 2018, telah tumbuh sebesar 9 kali dalam GMV selama 12 bulan terakhir.
  • Dalam jangka waktu lima bulan (Januari – Mei 2018), total volume pembayaran Grab Financial mencapai lebih dari dua kali lipat. Grab Financial kini menjadi platform pembayaran mobile terkemuka di Asia Tenggara.

“Selama enam tahun terakhir, kami telah bekerja keras untuk meningkatkan teknologi kami dan memperluas jangkauan kami. Aset-aset kami telah teruji melalui berbagai layanan kami. Kami telah berkembang dari perusahaan yang menawarkan teknologi kami sebagai platform pemesanan bagi operator taksi, hingga menyediakan mitra pengemudi sebagai armada pengiriman bagi perusahaan-perusahaan e-commerce. Sekarang merupakan waktu yang tepat untuk menawarkan keahlian kami kepada sekelompok rekanan terpilih – dan menjadikan platform kami terbuka bagi ekosistem Asia Tenggara yang lebih luas lagi. Dengan lebih dari 100 juta unduhan di perangkat bergerak, jaringan yang terdiri dari 7,1 juta mitra pengemudi, mitra pengiriman, pedagang dan agen, serta teknologi pembayaran dan dukungan teknologi yang kuat, kami berada pada posisi yang lebih unggul dari siapapun di wilayah ini untuk membantu perusahaan-perusahaan rintisan dan bisnis lain untuk dapat tumbuh dan berkembang seperti kami,” tutur Anthony Tan, Group CEO & Co-founder, Grab.

Barang belanjaan dikirim dalam satu jam dengan GrabFresh

Masyarakat telah menggunakan Grab untuk bepergian, makan siang, mengirimkan paket, dan membayar belanjaan. Mereka dapat melewati antrian yang panjang dan membeli barang belanjaan untuk keluarganya dengan GrabFresh.

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui kemitraan dengan HappyFresh, para pelanggan Grab dapat menikmati aktivitas berbelanja yang nyaman dari rumah. Produk-produk yang segar maupun beku merupakan barang-barang yang umum dibeli, dan para mitra pengemudi GrabExpress dan rekanan pengiriman dapat mengirimkan barang belanjaan hingga ke depan pintu pelanggan dalam waktu satu jam atau sesuai waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

GrabFresh yang didukung oleh HappyFresh, menawarkan layanan bernilai tambah antara lain:

  • Pilihan terluas yang mencakup lebih dari 100.000 produk dari 50 jaringan supermarket dan pusat perbelanjaan khusus.
  • Pembeli pribadi terlatih yang mengetahui cara memilih barang yang tepat seperti produk-produk segar, dan dapat merespon terhadap instruksi yang spesifik. Saat menerima barang belanjaan tersebut, para pelanggan dapat menolak apabila barang belanjaan tidak memuaskan.
  • Fleksibilitas dan kenyamanan untuk mengirimkan barang belanjaan hingga ke rumah ketika Anda menginginkannya.

“Pengiriman barang belanjaan merupakan peluang besar di Asia Tenggara. Berdasarkan riset kami, 70% pengguna aplikasi pengiriman barang belanjaan berbelanja setidaknya satu kali dalam seminggu, dan mereka suka berbelanja dari toko-toko di mana mereka biasa berbelanja. Mereka menginginkan ketersediaan barang belanjaannya dan memperolehnya saat diperlukan. GrabFresh telah memiliki pilihan produk terluas jika dibandingkan dengan layanan pengiriman barang belanjaan lainnya,” ungkap Guillem Segarra, CEO of HappyFresh.

Guillem Segarra menambahkan, “Grab merupakan mitra terbaik yang kami miliki. Banyaknya mitra pengemudi yang mereka miliki memungkinkan kami untuk menambahkan jumlah pengiriman dan meningkatkan waktu pengiriman. Kami juga dapat memperluas dan memperkenalkan layanan kami ke ranah global secara efisien. Hal ini memungkinkan kami untuk fokus pada kekuatan kami, yakni memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik melalui pembeli pribadi yang terlatih.”

GrabFresh akan hadir sebagai layanan uji coba di Jakarta mulai bulan ini, begitu pula di Thailand dan Malaysia pada akhir 2018. Sementara kehadirannya di negara-negara lain akan menyusul.

IKLAN INFOBRAND.ID

Berkembang pesat dan menjangkau jutaan pelanggan setiap harinya dengan GrabPlatform

Grab akan bekerja dengan para rekanan yang unggul di sektornya masing-masing, dan menawarkan layanan harian yang paling relevan bagi kehidupan harian konsumennya, serta berpotensi untuk menawarkan peluang penghasilan kepada micro-entrepreneur dan bisnis kecil dalam jumlah yang lebih banyak.

GrabPlatform merupakan serangkaian API (application programming interface)yang memberikan akses terhadap komponen-komponen teknologi Grab, termasuk transportasi, logistik, pembayaran, otentikasi pengguna, pengiriman pesan, wawasan, dan pemetaan.

GrabPlatform memberikan para rekanan akses terhadap gabungan dari aset-aset inti Grab yang tidak dapat ditawarkan siapapun di Asia Tenggara, termasuk jaringan distribusi terbesar dengan 7,1 juta mitra pengemudi, mitra pengiriman, agen dan pedagang, kehadiran yang luas di 225 kota pada 8 negara yang tersebar di Asia Tenggara, serta serangkaian teknologi dan produk yang disesuaikan bagi masyarakat Asia Tenggara.

“Asia Tenggara tengah bersiap menjadi wilayah dengan ekonomi terbesar keempat pada 2050. Seiring dengan semakin banyak masyarakat yang berada pada kelas menengah, infrastruktur teknologi terus berkembang, dan perusahaan harus cepat beradaptasi dengan peluang di pasar berkembang. Penggabungan aset-aset Grab dengan keahlian khusus para mitra kami akan memungkinkan Grab dan para mitra kami untuk berkembang dengan sangat efisien dan melayani semakin banyak pelanggan di Asia Tenggara secara cepat setiap harinya,” ungkap Anthony Tan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Para mitra GrabPlatform dapat bekerja sama dengan Grab dalam berbagai cara untuk berfokus dalam mengembangkan bisnisnya, selagi mengurangi kompleksitas operasional mereka.

  1. Membangun ke dalam GrabPlatform: Para mitra dapat menyediakan semakin banyak layanan kepada pengguna Grab, seperti GrabFresh, yang didukung oleh HappyFresh.
  2. Berkembang dengan GrabPlatform: Memungkinkan para mitra untuk mengintegrasikan perangkat teknologi dan produk Grab ke dalam situs maupun aplikasinya. Produk-produk yang dapat diintegrasikan oleh para mitra termasuk GrabPay untuk pembayaran mobile, GrabExpress untuk logistik, atau GrabProfiles untuk otentikasi pengguna.
  3. Terlibat melalui GrabPlatform: Para mitra dapat secara aktif melibatkan pelanggan Grab melalui news feed Grab dan program loyalitas GrabRewards melalui berbagai konten menarik seperti ulasan dan program promosi.

Dapatkan pengalaman ‘Everyday Superapp’

“Tujuan kami adalah menjadi sebuah aplikasi di Asia Tenggara yang menawarkan seluruh kebutuhan harian yang Anda butuhkan, kapanpun Anda membutuhkannya, bahkan sebelum Anda menyadari bahwa Anda membutuhkannya. Para pelanggan Grab akan menikmati beragam layanan terbaru yang mengagumkan seperti berbelanja, pembayaran utilitas, hiburan, dan layanan lainnya sebagai bagian dari ‘everyday superapp’ yang paling berguna di Asia Tenggara,” tutur Jerald Singh, Head of Product at Grab.

Selain pengiriman barang belanjaan, Grab juga menawarkan ‘Pulsa’, sebuah layanan untuk mengisi ulang pulsa nomor prabayar Anda di Indonesia.

Aplikasi Grab akan menampilkan news feed yang membuat aplikasi ini semakin relevan, berguna, dan informatif bagi Anda yang sedang bepergian. Dengan menampilkan berita, ulasan, dan hiburan, pelanggan Grab dapat membaca ulasan dari restoran atau pusat perbelanjaan terdekat, menyaksikan film pendek karya produser lokal atau bermain games. Konten akan disesuaikan secara tematik, seperti waktu untuk berbuka puasa selama bulan Ramadan, atau rekomendasi untuk menggunakan mobil atau motor saat musim hujan.

Grab juga meluncurkan kemitraan dalam bentuk konten dengan Yahoo. Para pelanggan Grab dapat membaca berita-berita terkini kapanpun di Singapura, Malaysia, dan Filipina. Kemitraan serupa lainnya akan diumumkan segera di negara-negara lain.

Yahoo sangat gembira dapat bermitra dengan Grab di Singapura, Malaysia, dan Filipina sebagaimana mereka memperbarui pengalaman penggunaan homescreen di pasar-pasar ini. Dengan pemahaman yang mendalam terhadap pengguna di wilayah ini, Grab telah berinovasi secara konsisten untuk memberikan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Kami berharap untuk dapat menginformasikan, menghibur, dan terhubung dengan audien yang lebih besar, serta memberikan konten terpercaya Yahoo yang dapat diandalkan oleh mereka dengan kenyamanan yang mereka harapkan dari Grab,” tutur Rico Chan, Managing Director, Oath INSEA, Hong Kong and Japan.

Para wirausahawan dan pebisnis dapat bergabung dengan GrabPlatform melalui Grab Ventures: https://ventures.grab.com/.

Pengalaman Grab yang baru akan mulai diluncurkan di Singapura dan Indonesia pada ponsel dengan sistem operasi iOS mulai hari ini, dan Android pada 18 Juli mendatang. Sementara itu, negara-negara lain akan merasakan pengalaman Grab yang baru pada kuartal ketiga tahun ini.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen

Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen
INFOBRAND.ID, JAKARTA – PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Catur Dharma Hall, Menara...


Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI

Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital seperti sekarang ini, insan kehumasan (public relations) harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi...


Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan

Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Indodana Multi Finance (Indodana Finance) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam ra...


Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda

Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Momentum akhir bulan menjadi kesempatan terbaik bagi para anak muda untuk beralih ke smartphone baru, terlebih jika smartphone...