Jum'at, 19 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Grab Tegaskan Kembali Posisinya sebagai Platform Paling Aman di Indonesia dengan Upaya Keselamatan Terbaru

Posted by: 2028 viewer

Grab Tegaskan Kembali Posisinya sebagai Platform Paling Aman di Indonesia dengan Upaya Keselamatan Terbaru
Grab Indonesia

Grab, platform aplikasi dan pembayaran mobile terkemuka di Asia Tenggara, hari ini mengumumkan peluncuran upaya keselamatan terbaru untuk meningkatkan keselamatan para penumpang di Indonesia. Sebagai bagian dari upaya terbaru ini, Grab meluncurkan tombol SOS yang dapat diakses melalui satu kali sentuhan dan saat ini tersedia untuk seluruh penumpang di Indonesia. Fitur ini merupakan yang pertama di Indonesia. Grab juga memperkenalkan kebijakan Know Your Driver-Partners (KYP) terbaru untuk memastikan validitas dokumen pendukung dan syarat kendaraan milik para mitra pengemudi. Baik tombol SOS maupun kebijakan KYP merupakan bagian dari upaya yang diambil untuk memperluas inisiatif keamanan Grab yang ketat, yang telah diusung oleh perusahaan sejak awal.

Sejak didirikan, Grab telah menjalankan berbagai program untuk meningkatkan keselamatan para penumpang dan mitra pengemudi, termasuk pelatihan berkendara aman bagi para mitra pengemudi GrabBike dan penarikan data terkait keamanan berkendara melalui machine learning. Program keselamatan ini sangatlah penting mengingat bahwa kecelakaan lalu lintas merupakan satu-satunya penyebab kematian yang tidak terkait dengan masalah kesehatan dalam daftar 20 penyebab kematian tertinggi di Indonesia[1]. Hasil dari berbagai program keamanan tersebut tercermin melalui turunnya angka insiden fatal yang terjadi di platform Grab. Pada 2017, inisiden fatal yang terjadi di platform Grab mengalami penurunan signifikan dari 0.56 per 100 ribu pengguna aktif pada 2015 menjadi 0.11 pada 2017. Angka ini jauh lebih rendah dari angka nasional yaitu 16.64 per 100.000 dari total populasi[2]. Selain itu, angka insiden yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas minor, Grab hanya mencatat 2.95 insiden per 1 juta perjalanan, mengkukuhkan posisinya sebagai moda transportasi teraman di Indonesia.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia mengatakan, “Kami adalah pelopor dalam memprioritaskan keamanan pada perjalanan ride-hailingmelalui berbagai fitur seperti ‘Share My Ride’. Melalui upaya keamanan yang baru bagi para pelanggan dan mitra pengemudi, kami kembali membuktikan bahwa keselamatan merupakan prioritas bagi Grab. Walaupun demikian, satu kecelakaan sudah merupakan angka yang besar bagi kami dan kami berkomitmen untuk terus berusaha lebih baik dalam meningkatkan keselamatan para penumpang dan mitra pengemudi. Kami sangat antusias untuk meluncurkan tombol SOS pertama bagi para penumpang dan kebijakan KYP baru sebagai bagian dari peningkatan keamanan yang utama yang akan memberikan manfaat bagi para pelanggan kami.”

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain itu, “Keselamatan penumpang adalah prioritas utama kami. Saya sangat bahagia mengumumkan bahwa fitur tombol SOS dan pemeriksaan keamanan akan ditambahkan pada rangkaian upaya pencegahan pada sistem keamanan yang sudah ada. Tombol SOS secara khusus merupakan contoh bagaimana kami terus berusaha meningkatkan keselamatan penumpang dengan cara yang sederhana, yaitu dua kali ketukan pada tombol SOS untuk membagikan lokasi Anda secara otomatis kepada teman atau anggota keluarga.” lanjut Ridzki.

Selain fitur tombol SOS yang baru, Grab juga merupakan perusahaan ride-hailingsatu-satunya yang secara ketat menerapkan prinsip KYP bagi para mitra pengemudi GrabCar dengan tujuan meningkatkan aspek keselamatan para penumpang. Melalui proses KYP ini, Grab akan memeriksa seluruh dokumen fisik yang dimiliki oleh para mitra pengemudi (KTP, SIM, STNK, dan SKCK), serta menemui mereka secara langsung. Grab juga melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kendaraan milik mitra pengemudi. Saat ini, proses terbaru ini sedang diterapkan pada 7 kota besar di Indonesia, yang selanjutnya akan diterapkan di kota-kota lainnya.

Dengan fitur tombol SOS baru, kontak darurat milik para penumpang akan menerima pesan teks yang dikirimkan oleh Grab yang berisi instruksi untuk segera menghubungi penumpang atau menghubungi pihak berwenang terdekat berdasarkan tautan ‘Share My Ride’ yang juga secara otomatis dibagikan melalui pesan teks. Pesan teks ini akan dikirimkan secara otomatis ketika penumpang menekan tombol SOS atau ketika perjalanan yang tidak biasa terdeteksi oleh sistem Grab. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur tombol SOS baru, silahkan kunjungi https://grb.to/tomboldarurat.

Grab juga mengambil tindakan langsung untuk meningkatkan keamanan para penumpang dan mitra pengemudi melalui teknologi telematika dan keamanan yang canggih. Grab mengumpulkan data telematika selama perjalanan Grab yang valid dan mencatat peristiwa seperti pengereman mendadak, akselerasi, dan mengebut. Kemudian, Grab menggunakan data ini untuk memperkuat caranya meninjau dan memberikan umpan balik kepada para mitra pengemudi. Hal ini telah berhasil mengurangi kecepatan laju kendaraan mitra pengemudi GrabBike sebesar 35%.

Keunggulan Keamanan Grab dalam industri selama bertahun-tahun

IKLAN INFOBRAND.ID

Grab memiliki program keselamatan yang menyeluruh, mulai dari operasi harian, pelatihan mitra pengemudi, hingga fitur teknologi untuk memastikan bahwa baik mitra pengemudi maupun penumpang Grab dapat terlindungi dengan baik sepanjang perjalanan mereka. Hal ini termasuk proses seleksi mitra pengemudi dan kendaraan, pelatihan wajib untuk mengemudi secara aman bagi mitra pengemudi GrabBike, perlindungan asuransi kecelakaan pribadi gratis untuk seluruh mitra pengemudi dan penumpang, serta fitur keamanan dalam aplikasi, seperti ‘Share My Ride’, fitur Help Centre untuk melaporkan setiap kejadian yang terkait dengan keselamatan, dan menunjukkan informasi profil mitra pengemudi (plat nomor, foto, dan nama) pada halaman utama dalam aplikasi. Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai fitur keamanan Grab, silakan kunjungi https://www.grab.com/id/en/safety/.

Ride-hailing telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dan kami harap fitur serta kebijakan keamanan yang baru ini dapat meningkatkan pengalaman perjalanan mereka bersama dengan kami. Karena keselamatan merupakan bagian dari upaya bersama dengan masyarakat, kami juga mendorong industri ini untuk terus meningkatkan standar keselamatan para penumpang, pengemudi, dan di jalan, seiring dengan berkontribusi pada pengembangan industri dan infrastruktur transportasi di Indonesia.” tutup  Ridzki.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...


Kimia Farma Dukung Kelancaran Mudik 2024 Melalui Layanan Kesehatan

Kimia Farma Dukung Kelancaran Mudik 2024 Melalui Layanan Kesehatan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Kimia Farma Tbk (KAEF) bersama dengan anak usaha PT Kimia Farma Apotek (KFA) dan PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) mendukung...


BNI Hadirkan UMKM Binaan di Pameran Indonesia in SG

BNI Hadirkan UMKM Binaan di Pameran Indonesia in SG
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkolaborasi dengan KBRI Singapura dan Bank Indonesia menyelenggarakan pamera...


Hankook iON Race Tampil Memukau pada Double Header Formula E di Italia

Hankook iON Race Tampil Memukau pada Double Header Formula E di Italia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sirkuit Misano di pesisir Laut Adriatik untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah double-header Kejuaraan Dunia Formula E ABB F...