Rabu, 29 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Hadapi Musim Kemarau, APP Sinarmas Siapkan Peralatan Karhutla di Jambi

Posted by: 1439 viewer

Hadapi Musim Kemarau, APP Sinarmas Siapkan Peralatan Karhutla di Jambi
Karhutla/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Anak perusahaan APP Sinasmas, PT Wira Karya Sakti (WKS) di Sungai Tapah, Desa Kuala Dasal, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi yang menjadi posko penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), menyatakan siap menghadapi musim kemarau dan karhutla tahun ini.

"Sebagai bentuk kesiapannya, PT WKS gelar simulasi kebakaran hutan dan lahan melalui udara menggunakan helikopter water bombing yang dipiloti seorang wanita bernama Velyn Angelicia (23) kelahiran Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) kini bertugas di Jambi," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) APP Sinarmas Agus Sibarani dikutip Antara Rabu (8/3/2023).

Menurut dia lagi, memasuki musim kemarau tahun ini pihaknya telah memastikan siap dengan cara mengadakan simulasi.

IKLAN INFOBRAND.ID

Simulasi tersebut terdapat simulasi kebakaran dan bagaimana tim agar secepat mungkin menangani kebakaran tersebut dan membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) menanggulangi karhutla.

"Jadi yang kita lakukan adalah bagaimana mobilisasi TRC ketika ada informasi bergerak secepat mungkin ke lokasi kebakaran karena secepat mungkin kita ada di lokasi kebakaran maka akan secepat mungkin juga api itu bisa kita padamkan," ujarnya.

Sementara itu salah satu pimpinan PT WKS Taufik Qurochman mengatakan kegiatan simulasi itu guna mengatasi terjadinya karhutla Tim Reaksi Cepat (TRC) melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum terjun ke lokasi terjadinya karhutla dimana persiapan itu sendiri seperti menyediakan peralatan-peralatan yang akan dibawa untuk menuju ke lokasi karhutla.

"Tidak kalah pentingnya, persiapan atau pengecekan terhadap helikopter water bombing juga dicek terlebih dahulu supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan setelah semua persiapan selesai, Tim Reaksi Cepat sesegera mungkin untuk masuk ke dalam helikopter water bombing tersebut," jelasnya.

Selain melalui udara, kita juga memilik peralatan yang dinamakan Air Boat, Alat ini digunakan untuk mobilisasi TRC maupun peralatan pada lokasi-lokasi yang tidak ada akses yang dapat dilalui oleh kendaraan darat pada umumnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada simulasi itu juga menampilkan atau memperagakan sedang mengambil air dengan menggunakan helikopter water bombing dan setelah mengambil air tersebut helikopter water bombing yang membawa dua ribu liter air langsung menuju ke lokasi titik karhutla.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hasil Studi Herbathos: Anak Muda Apresiasi Jamu sebagai Gaya Hidup Alami

Hasil Studi Herbathos: Anak Muda Apresiasi Jamu sebagai Gaya Hidup Alami
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan jamu PT Herbathos untuk Indonesia merilis studi yang menunjukkan bahwa kalangan muda mengapresiasi jamu sebagai war...


4 Model Suzuki Ini Raih Penghargaan Otomotif Award 2024

4 Model Suzuki Ini Raih Penghargaan Otomotif Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) baru-baru ini berhasil meraih penghargaan dalam ajang OTOMOTIF Award 2024 untuk empat model mo...


Oppo Luncurkan Find N3 Edisi Spesial Liga Champions

Oppo Luncurkan Find N3 Edisi Spesial Liga Champions
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel Oppo, baru-baru ini menghadirkan ponsel lipat Find N3 edisi Liga Champions yang merupakan kolaborasi dengan UEFA...


Duta Besar dan Forum Anak Sampaikan Pesan Perdamaian, Persatuan, dan Pelestarian Lingkungan pada BPF 2024

Duta Besar dan Forum Anak Sampaikan Pesan Perdamaian, Persatuan, dan Pelestarian Lingkungan pada BPF 2024
INFOBRAND.ID-Edisi ketiga Borobudur Peace & Prosperity Festival (BPF), yaitu BPF 2024, telah sukses diselenggarakan pada periode Perayaan Waisak a...