Hadapi Tantangan PR yang Semakin Kompleks, CEO INFOBRAND.ID: Praktisi PR Harus Memiliki Strategi Mitigasi Krisis
Posted by: Benny S. | 12-02-2025 14:44 WIB | 632 views

INFOBRAND.ID, JAKARTA – Media INFOBRAND.ID sukses menggelar the 24th INFOBRAND FORUM dan awarding ceremony Indonesia Top Digital Public Relations Award 2025 untuk perusahaan dan yang yang telah berhasil memanfaatkan aktivitas digital public relations (PR) mereka dalam berkomunikasi dengan masyarakat untuk menciptakan persepsi dan citra positif brand maupun perusahaan.
Dalam sambutannya, Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengungkapkan, era digital saat ini telah mengubah strategi komunikasi yang dilakukan praktisi Public Relations (PR) secara signifikan. Dengan kehadiran internet, media sosial, dan teknologi berbasis data, aktivitas PR kini lebih cepat, transparan, dan berbasis interaksi langsung dengan audiens.
“Dengan tingkat penetrasi pengguna internet menyentuh angka 79,5% dari total populasi Indonesia di tahun 2024, berdasarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), praktisi PR tidak hanya mengandalkan media tradisional seperti televisi, radio, dan surat kabar untuk membangun citra, tetapi juga harus mengelola reputasi perusahaan di dunia digital secara real-time,” kata dia.
Oleh karena itu, praktisi PR modern juga dituntut pintar dalam pemanfaatan data dan analitik, konten yang lebih visual dan digital seperti video, infografis, dan podcast hingga pembuatan storytelling yang lebih personal dan emosional dalam membangun brand engagement. Sampai dengan berkolaborasi dengan influencer dan digital KOL.
Selain itu, yang juga patut juga menjadi perhatian, kata dia lagi, tentu saja tantangan ke depannya. Praktisi PR dihadapkan kepada Krisis Manajemen yang Lebih Kompleks seperti berita negatif dapat menyebar dengan cepat di internet, sehingga praktisi PR harus memiliki strategi mitigasi krisis yang lebih proaktif.
“Dan terpenting, cepat beradaptasi terhadap teknologi dan algoritma digital, karena perubahan algoritma media sosial dapat mempengaruhi jangkauan pesan. Sehingga praktisi PR harus selalu up-to-date dengan tren digital dan menggunakan tools otomatisasi untuk mengoptimalkan strategi komunikasi,” ujarnya.
Untuk memahami trend PR di tahun ini serta strategi yang tepat dalam membangun kepercayaan dan keterlibatan audiens dalam lanskap PR digital yang terus berkembang, media INFOBRAND.ID untuk ke-24 kalinya menggelar kegiatan INFOBRAND FORUM 2025, yang menghadirkan pembicara Ibu Dr. Emilia Bassar, M.Si, Public Relations Enthusiast & Climate Change Communication Practitioner CPRCOM, dengan tema “Effective Digital Public Relations: Building Trust & Engagement in the Digital Era”.
Selain kegiatan INFOBRAND FORUM, untuk mengapresiasi perusahaan dan brand yang berhasil mengimplementasikan strategi Digital Public Relations secara efektif, untuk ke-12 kalinya INFOBRAND.ID bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia kembali memberikan apresiasi Indonesia Top Digital Public Relations Award 2025.
“Ini adalah sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan-perusahaan dan brand-brand yang pintar dalam memanfaatkan digital PR dalam berkomunikasi, menjalin enggagement dengan publik untuk menciptakan persepsi dan citra positif terhadap produk dan perusahaan,” jelasnya.
Dikatakan Susi, lagi, INFOBRAND yang telah menginjak usia ke-11 tetap konsisten mendukung pertumbuhan perusahaan dan brand-brand di Indonesia. Tidak hanya dalam hal branding & promotion, kami juga menghadirkan program Charity yang ruting kami selenggarakan setiap bulan ramadhan, yaitu RAMADHAN BRAND BERBAGI.
Kegiatan sosial diluncurkan sejak tahun 2018 ini, kata dia, selalu mendapatkan respon positif dari perusahaan atau brand partisipan. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya INFOBRAND.ID juga ingin mengajak brand-brand dan perusahaan-perusahaan di Indonesia, yang konsisten menjaga komitmennya untuk turut serta berbagi kepada sesama, kembali berpartisipasi pada program Ramadhan Brand Berbagi di tahun ini.
“Ramadhan Brand Berbagi tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi penerima bantuan, tetapi juga momentum berharga bagi perusahaan partisipan untuk membentuk hubungan yang positif dengan masyarakat dan memperkuat posisi perusahaan,” imbuhnya.
Selain itu, sebagai bentuk dukungan untuk menumbuhkembangkan brand dan bisnis di dunia bisnis yang semakin kompetitif, INFOBRAND.ID menghadirkan program SOBAT (Solusi Branding Harga Hemat). Sebagai solusi bagi brand-brand yang ingin tumbuh dan berkembang dengan cara membuka peluang kerjasama bisnis franchise, kemitraan, lisensi, Distributor dan Agen hingga Reseller.
“Selain branding & promosi secara digital selama 1 tahun, member SOBAT juga mendapatkan fasilitas FREE menjadi salah satu exhibitor di pameran peluang bisnis IBOS Expo (Indonesia Brand & Business Opportunity Show Expo) 2025 yang akan diselenggarakan pada September tahun ini,” pungkasnya.
Baca berita lainnya di Google News