Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Hadirkan Balai Uji Berstandar Internasional, Menkominfo: Semuanya Harus Relevan

Posted by: 1198 viewer

Hadirkan Balai Uji Berstandar Internasional, Menkominfo: Semuanya Harus Relevan
Foto dari Menkominfo

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengharapkan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) bisa menjadi lembaga yang memiliki dan menerapkan standar internasional. Oleh karena itu, Menteri Johnny meminta penyiapan sumberdaya manusia, tata kelola dan desain yang relevan dengan perkembangan teknologi.

Menkominfo menyatakan peningkatan kelas BBPPT ini sebagai tindaklanjut atas permintaan saat kunjungan ke BBPPT Bintara Bekasi, akhir tahun 2020 lalu.

“Dulu, saya pernah berkunjung ke BBPPT yang saat ini masih berlokasi di Bekasi, kita sepakati untuk meningkatkan kelasnya menjadi Balai Pengujian Regional. Kalau bisa, berstandar internasional. Tentunya dengan bekerjasama dengan balai-balai pengujian dari negara-negara maju atau negara-negara yang punya teknologi yang lebih tinggi,” jelasnya dalam peninjauan lokasi pembangunan BBPPT Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo di Depok, Jawa Barat, Jumat (13/08/2021).

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam peninjauan itu, Menkominfo meminta pembangunan Kantor BBPPT yang baru bisa relevan dengan perkembangan teknologi baik dari peralatan, SDM maupun gedung dan fasilitasnya.

“Hari ini, saya berkunjung ke sini untuk melihat kesiapan pembangunannya sudah sejauh mana, jadi kita perlu perhatikan sarana dan prasarana yang dibangun. Kebetulan, Kominfo punya lahan yang besar. Ini bisa diatur, ditata kelola yang tidak saja memenuhi kualifikasi teknis, tetapi estetikanya juga bisa kita perhatikan untuk pengembangan wilayah. Untuk itu, kita harus terlebih dahulu mempersiapkan sarana dan prasarananya. Itulah tujuannya, kita membangun BBPPT dengan perancangan yang baru,” ungkapnya.

Menkominfo juga menyatakan saat ini bangsa-bangsa di dunia dan Indonesia secara akseleratif melakukan transformasi digital. Hal itu perlu didukung dengan jaminan layanan yang cepat, aman dan berkualitas.

“Saat ini digitalisasi begitu penting, maka, Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi harus punya kecepatan yang sama agar kenyamanan, keamanan pengguna dan pilihan teknologi terapannya tepat, perlu ditingkatkan kualifikasi dan kelasnya,” harapnya.

Menurut Menteri Johnny, redesign BBPPT memang tidak akan melampaui standar dalam membangun Pusat Data Nasional. Meskipun demikian, hal-hal yang berkaitan dengan kenyamanan akses cloud, lingkungan untuk mendukung kenyamanan kerja penting dipertimbangkan dalam pembangunan di sekitar BBPPT.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kalau Cloud Tier-IV, itu memerlukan syarat yang sangat tinggi karena konsolidasi data menjadi hal yang sangat sensitif. Tetapi, kalau BBPPT ini syarat pembangunannya tidak seberat atau tidak sesulit dalam membangun PDN. Namun demikian, tersedianya power supply menjadi syarat utama yang perlu diperhatikan. Kalau power supply-nya tidak ada, maka kita tidak bisa bekerja,” tuturnya.

Menkominfo pun menegaskan ketersediaan infrastruktur telekomunikasi agar dapat menjadi cermin dalam pelayanan pemerintahan secara elektronik.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...