Jum'at, 13 September 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: 5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital

Posted by: 3674 viewer

Hasil Survei TRAS N CO Indonesia:  5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital
Foto: Malam penghargaan Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020

JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting terkemuka yang mendedikasikan diri terhadap penelitian, perkembangan brand & bisnis di Indonesia bekerjasama dengan media INFOBRAND.ID melakukan survey Top Digital PR Index 2020. Tujuannya, untuk mengamati perusahaan-perusahaan yang telah berhasil menjalankan aktivitas dan strategi Digital Public Relation-nya.
 
Survei ini dilakukan sepanjang September 2019 hingga Januari 2020 terhadap 1.000 perusahaan dari 105 kategori produk atau jasa dan 583 perusahaan publik dari 43 kategori industri. Hasilnya, TRAS N CO Indonesia menemukan fakta sejumlah sektor bisnis yang telah berhasil membangun reputasi atas brand yang mereka miliki melalui jalur komunikasi digital.
 
Di posisi puncak, kategori “MOBIL” berhasil meraih index tertinggi mencapai 13,04%. Kategori ini juga telah diulas sebanyak 853.840 pemberitaan dalam setahun terakhir. Sementara berdasarkan pencarian di lima halaman search engine news, kategori ini memiliki persentase 97,38% berita positif dan 2,62% berita negatif. Tak heran kalau di sosial media, kategori ini juga memiliki banyak penggemar di Facebook hingga mencapai 32.752.162 penggemar.
 
“Tentunya ini menjadi bukti keberhasilan atas kinerja positif dalam membangun reputasi brand, kredibilitas serta kepercayaan publik, terutama untuk kategori MOBIL,” ungkap Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo dalam keterangan resminya.


 
Masih di sektor otomotif, di urutan kedua ditempati oleh kategori “MOTOR” dengan total index mencapai 11,87% dan 737.300 pemberitaan yang terdiri dari 99,14% berita positif dan 0,86% berita negatif. Sementara di sosial media, kategori ini memiliki 1.323.907 pengikut di Instagram. Lalu di peringkat ketiga ada kategori “BANK” yang sukses dengan torehan total index mencapai 7,13% dan 389.510 pemberitaan.
 
Sementara di urutan keempat dan kelima berhasil ditempati oleh kategori ‘SMARTPHONE’ dan ‘ONLINE TRANSPORTATION’ dengan total index masing-masing 6,05% dan 3,57%. Sementara pemberitaan dalam setahun terakhir untuk masing-masing kategori ini adalah 236.110 dan 192.400 pemberitaan. Kedua kategori ini berhasil menorehkan 100% berita positif berdasarkan pencarian pada di lima halaman search engine.
 
“Melihat hasil tersebut, boleh dibilang perusahaan-perusahaan yang mengacu pada kategori tersebut telah mampu memanfaatkan secara maksimal peran Digital PR-nya dalam membangun kepercayaan konsumen untuk dapat terus memacu pertumbuhan perusahaan di tengah era digitalisasi saat ini,” kata Tri yang juga menjabat sebagai Chairman Indonesia Brand Network (IBN).
 
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah quantitative survei dengan teknik pengambilan data menggunakan desk research melalui tiga parameter penilaian yakni Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect dan Digital Mention Aspect. Langkah ini dilakukan untuk menentukan pemenang Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020.


Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020 sendiri merupakan sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan-perusahaan yang berhasil memanfaatkan Digital Public Relations dalam membangun komunikasi, menjalin engagement, dan membangun reputasi brand atau perusahaan di ranah digital.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Inisiatif Tower Bersama Perangi Stuntung di Daerah 3T

Inisiatif Tower Bersama Perangi Stuntung di Daerah 3T
INFOBRAND.ID - Hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 yang menunjukkan bahwa stunting masih menjadi masalah serius di Indonesia dengan prevalen...


Bukukan Kinerja Positif Setiap Tahun, Asuransi Astra Sabet Tiga Penghargaan

Bukukan Kinerja Positif Setiap Tahun, Asuransi Astra Sabet Tiga Penghargaan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perkembangan dan perubahan terkini secara signifikan memengaruhi lanskap ekonomi Indonesia, menandai pertumbuhan di berbagai a...


Berkat Inovasi, Brand Lokal Mercon Merah Putih Makin Diminati Konsumen

Berkat Inovasi, Brand Lokal Mercon Merah Putih Makin Diminati Konsumen
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah tantangan globalisasi dan persaingan pasar yang ketat, brand lokal Indonesia tampil sebagai simbol kekuatan da...


Ramaikan Pasar Ponsel Rp1 Juta-an di Indonesia, Itel Resmi Rilis A80

Ramaikan Pasar Ponsel Rp1 Juta-an di Indonesia, Itel Resmi Rilis A80
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Itel, salah satu merek ponsel pintar yang terkenal, baru saja memperkenalkan produk terbaru mereka, Itel A80, yang dirancang u...