Ahad, 21 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

HUT ke-33 Tahun, FIFGROUP Ajak Milenial, Untuk Kreatif di Era Digital Lewat Webinar

Posted by: 1618 viewer

HUT ke-33 Tahun, FIFGROUP Ajak Milenial, Untuk Kreatif di Era Digital Lewat Webinar
Webinar FIFGROUP “Becoming a Creative & Critical Milenial Generation in the Era of Digital Disruption”, Senin, 28 Maret 2022 dirangkai bersamaan dengan pengumuman pemenang Video Youth Competition 2022 yang dilakukan secara vi

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Dalam rangkaian menyambut Kemilau Hari Ulang Tahun ke-33 tahun, PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial mengadakan FIFGROUP Webinar yang mengajak milenial untuk lebih kritis dan kreatif dalam menapaki masa depan pada Senin, 28 Maret 2022 secara virtual.

Dengan mengusung tema “Becoming a Creative & Critical Milenial Generation in the Era of Digital Disruption”, FIFGROUP ingin berbagi ilmu dan pengetahuan kepada seluruh mahasiswa aktif dari seluruh Universitas atau Perguruan Tinggi di Indonesia, terkait peran milenial di masa yang penuh dengan perubahan dan ketidakpastian. Pada kesempatan ini, sekaligus dilakukan juga pengumuman pemenang Video Youth Competition 2022.

Dalam webinar tersebut, Human Capital, General Support, & Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, yang didapuk sebagai keynote speaker mengatakan, “Gelaran webinar ini merupakan kolaborasi antara Corporate Communication Department dan Human Capital – Recruitment, Talent, & Carreer Department yang diperuntukkan bagi mahasiswa sebagai wadah untuk belajar, berdiskusi, menambah wawasan dalam mendapatkan informasi terkini, kemudian memahami peran serta dan kontribusi apa yang bisa dilakukan oleh milenial.”

IKLAN INFOBRAND.ID

Kritis dan Kreatif

Esther menyampaikan bahwa untuk menjadi generasi milenial yang tangguh di era yang luar biasa cepat sekali berubah dan berkembang, kita harus memiliki sikap agile, resilient, dan innovative. Dan untuk membentuk sikap itu, diperlukan tujuan yang matang, menyadari bahwa kesempatan adalah investasi, mampu mengarahkan passion, terus menciptakan kreativitas, tidak pernah berhenti belajar, dan selalu melakukan evaluasi dalam setiap hal yang telah dilakukan.

Webinar juga diisi materi oleh Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility FIFGROUP, Yulian Warman, dengan tajuk “Building Millennial Generation in Realizing Environmental, Social & Government (ESG) in the Era of Digital Disruption”, serta Human Capital Division Head FIFGROUP, Arlien Virginia Jonathan, yang membawakan materi “Collaborate Between Skill and Impression In Digital Era to Win Recruitment Process”.

Yulian, dalam sesinya mengatakan bahwa milenial adalah generasi yang akrab dengan digitalisasi, di mana memiliki potensi yang besar bagi perkembangan bisnis. Di sisi lain, perusahaan yang baik adalah yang mampu mengembangkan ESG dengan baik di tengah disrupsi digital, sehingga dalam perjalanannya, milenial harus mampu melihat potensi yang bisa ditingkatkan dalam dirinya untuk bisa menyelaraskan antara ESG dan digitalisasi.

Salah satu bentuk disrupsi digital yang dapat digunakan untuk mengembangkan ESG adalah Internet of Things (IoT), di mana dengan menggunakan IoT akan lebih memudahkan pengumpulan data serta menghasilkan report yang lebih akurat. “Contoh penggunaan IoT dalam ESG dilakukan untuk penghematan energi, dengan cara menghentikan penggunaan arus energi secara otomatis oleh IoT ketika tidak digunakan, sehingga perusahaan mengeluarkan energi lebih sedikit,” tambah Yulian.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara itu, Arlien, memberikan sharing dari kaca mata recruitment, seperti bagaimana tips dan trik yang perlu diperhatikan dalam proses awal mencari kerja, di mana hal tersebut merupakan materi yang dibutuhkan oleh para milenial khususnya mereka yang sedang dalam perjuangannya mencari pekerjaan, selepas jenjang perguruan tinggi.

Ada 7 tips yang disampaikan untuk bisa sukses dalam proses recruitment antara lain yaitu menyiapkan curriculum vitae (CV) terbaru, berikan yang terbaik saat mengikuti penilaian, cari tahu terlebih dahulu informasi perusahaan, lowongan, dan pewawancara yang dituju (jika memungkinkan), berpakaian yang sopan dan rapi, selalu cek koneksi internet, audio, dan kamera (untuk interview virtual), ajukan pertanyaan yang relevan untuk menunjukkan ketertarikan dengan lowongan, mengikuti segala proses yang berlaku dan jangan ragu untuk sharing kekhawatiran yang dirasakan.

Pemenang Video Youth Competition 2022

Pada 15 Februari 2022, FIFGROUP menyelenggarakan Video Youth Competition 2022 yang merupakan rangkaian Kemilau Hari Ulang Tahun ke-33 tahun dan menjadi satu kesatuan dengan webinar ini. Dengan mengusung tema “Menyambut Kemilau 33th FIFGROUP, Yuk! Menjadi Debitur Milenial yang Cerdas”, kompetisi ini dibuka sampai dengan 20 Maret 2022 yang lalu dan pemenang diumumkan dalam acara webinar.

Setelah dilakukan penilaian mulai dari penyaringan awal sampai dengan penjurian akhir oleh manajemen FIFGROUP yaitu Human Capital, General Support, & Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, Chief of Corporate Communication & Corporate Social Responsibility FIFGROUP, Yulian Warman, serta Human Capital Division Head FIFGROUP, Arlien Virginia Jonathan, telah ditetapkan 6 pemenang mulai dari Juara Harapan 3 hingga Juara 1.

IKLAN INFOBRAND.ID

Beberapa hal yang menjadi penilaian dari para juri adalah ketepatan isi dengan tema kompetisi, pendalaman video dan penguasaan materi FIFGROUP, serta sinematografi (kreativitas dalam teknik menangkap gambar dan menggabungkan gambar atau video). Dan untuk pengumuman pemenang dilakukan oleh Corporate Communication Department Head FIFGROUP, Charles DW Simaremare, secara virtual.

Kompetisi ini dilakukan juga dalam rangka mendukung visi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Strategi Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021-2025 yaitu “Mewujudkan masyarakat Indonesia yang memiliki indeks literasi keuangan yang tinggi (Well Literate) sehingga dapat memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai untuk mencapai kesejahteraan keuangan yang berkelanjutan” yang dijabarkan dalam salah satu misinya yaitu memanfaatkan teknologi digital dalam peningkatan indeks literasi keuangan.

Untuk pemenang Video Youth Competition 2022, yaitu sebagai berikut:

  1. Juara 1 yang mendapatkan uang tunai Rp 3,5 juta, diterima oleh Aryani Mustika Permatasari dari Universitas Padjajaran
  2. Juara 2 mendapatkan uang tunai Rp 2,5 juta diterima oleh Muhammad Abkal Fulingga dari Universitas Mercu Buana
  3. Juara 3 mendapatkan uang tunai Rp 1,5 juta diterima oleh Faza Hanif Suwanda dari Universitas Telkom.
  4. Juara harapan 1 mendapat Rp 1,250 juta diterima oleh Salma Syifa Salsabila dari Universitas Padjadjaran
  5. Juara harapan 2 mendapat Rp 750 ribu diterima oleh Fikri Ahmad Fauzi dari Universitas Padjadjaran
  6. Juara harapan 3 mendapat Rp 500 ribu yang diterima oleh Indhira Paramitasari dari Universitas Brawijaya.

Selain mendapatkan hadiah, seluruh pemenang juga mendapatkan e-certificate serta kesempatan untuk mendapatkan doorprize, games juga apresiasi untuk penanya terbaik pada sesi QnA webinar.

Sebagai peraih Juara 1 dalam FIFGROUP Video Youth Competition 2022, Aryani, mengaku sangat bahagia karena video yang kreatif dengan memasukkan unsur animasi, telah membawanya terpilih menjadi pemenang : “Merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan mengikuti kompetisi ini. Saya jadi semakin bersemangat untuk terus menjadi milenial yang kreatif. Dan mengikuti webinar hari ini juga kesempatan yang luar biasa, karena mendapat begitu banyak ilmu serta insight yang sangat berguna untuk perjalanan saya ke depan. Terima kasih banyak FIFGROUP. Sukses selalu!”

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik

Karyawan WINGS Group untuk Dukung Pengurangan Sampah Plastik
INFOBRAND.ID - Yayasan WINGS Peduli ajak masyarakat kurangi sampah plastik dengan kampanyekan #PilahDariSekarang untuk peringati Hari Bumi. Dalam upay...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...