Jum'at, 06 Desember 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Idemitsu Resmikan Pabrik Oli Senilai US$52 Juta

Posted by: 15-11-2019 10:29 WIB 132 viewer

Idemitsu Resmikan Pabrik Oli Senilai US$52 Juta
Opening Ceremony Pabrik Idemitsu Cikarang

PT Idemitsu Lube Techno Indonesia (ILTI) baru saja meresmikan fasilitas produksi cairan pelumas kendaraan bermotor di Wilayah Cikarang, Jawa barat yang diklaim menelan biaya investasi senilai US$52 juta.

Presiden Direktur PT. ILTI dan PT. Idemitsu Lube Indonesia Toshiki Ikeda menjelaskan pihaknya membangun pabrik kedua di Cikarang, yaitu karena pertumbuhan ekonomi di Indonesia cukup stabil.

“Ekonomi Indonesia mampu tumbuh di tengah keadaan saat ini, sehingga perusahaan percaya bisnis di Indonesia akan bertumbuh bagus. Ini juga menjadi alasan kapasitas produksi ditambah di pabrik baru ini,” ujarnya saat memberikan sambutan saat ceremony grand opening seperti yang dilansir oleh Kementerian Perindustrian, Kamis pekan lalu (7/11).

Ikeda menyampaikan, pihaknya akan memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor. “Tetapi kami masih terkonsentrasi untuk pasar di Indonesia, 92% sampai 93%. Sedangkan, sisanya 7% sampai 8% akan dipasarkan ke luar negeri,” sebutnya.

Beberapa negara tujuan distribusi pelumas Idematsu, antara lain ke Asia Tenggara, Australia, Timur Tengah, dan Rusia. Adapun komposisi target pasarnya, yakni 70% ke pabrikan atau industri otomatif dan 30% untuk purna jual.

Pada kesempatan yang sama Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil  Kementerian Perindustrian Muhammad Khayam mengatakan industri pelumas di dalam negeri terus menunjukkan geliat positifnya. Hal tersebut dibuktikan melalui adanya penambahan penanaman modal pada sektor tersebut.

“Oleh karena itu, kami mengapresiasi terhadap investasi pembangunan pabrik kedua Idemitsu di Cikarang dengan nilai mencapai US$52 juta,” ujarnya.

Untuk diketahui, pabrik baru Idemitsu berdiri diatas lahan seluas total 8 hektare. Nantinya, entitas usaha asal Jepang tersebu akan memproduksi pelumas sebanyak 65.000 Kiloliter (Kl) per tahun.

Adapun, pabrik Idemitsu di Karawang menghasilkan 50.000 Kl per tahun. Sehingga, total kapasitas produksi pelumas dari Idemitsu di Indonesia diperkirakan mencapai 115.000 Kl per tahun.

“Sementara itu, kapasitas produksi secara keseluruhan industri di dalam negeri lebih dari 900.000 Kl. Saat ini, kami terus pacu utilitasnya. Apalagi, dengan adanya penerapan SNI wajib, dapat mendorong peran industi nasional,” sambung Muhammad Khayam.

Sebagai informasi, industri pelumas dinilai mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi perekonomian. Hal ini tercemin dari pembukuan ekspor pelumas yang menyentuh angka US$147,56 juta pada semester pertama tahun 2019.

Indonesia sendiri diketahui memiliki 44 perusahaan produsen pelumas nasional dengan kapasitas terpasang sebesar 2.040.000 kiloliter per tahun dan produksi sekitar 908.360 kiloliter per tahun terdiri dari pelumas otomotif sebesar 781.189,90 kiloliter per tahun dan pelumas industri 127.170,45 kiloliter per tahun.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


OJK dan Ajaib Siap Berantas Hoaks Investasi Ilegal

OJK dan Ajaib Siap Berantas Hoaks Investasi Ilegal
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Penyebaran informasi hoaks atau berita palsu yang merugikan banyak pihak masih terus terjadi di kalangan masyarakat. Bah...


Ini 10 Langkah Kesiapan Industri Otomotif di Era 4.0

Ini 10 Langkah Kesiapan Industri Otomotif di Era 4.0
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika meng...


Sembilan Kali Juara, Audio Polytron Raih Platinum dari IBBA 2019

Sembilan Kali Juara, Audio Polytron Raih Platinum dari IBBA 2019
INFOBRAND.ID - Di era digital saat ini, big data memegang peranan sangat penting dalam pengembangan bisnis. Hal tersebut adalah keuntungan bagi perusa...


IM3 Ooredoo Luncurkan Paket Internet Khusus Snapchat

IM3 Ooredoo Luncurkan Paket Internet Khusus Snapchat
JAKARTA, INFOBRAND.ID – IM3 Ooredoo resmi menjalin kerjasama dengan Snap Inc. pada Rabu (4/12) kemarin di Jakarta. Dalam kerjasama ini, IM3 Oore...