JAKARTA, INFOBRAND.ID - Platform distribusi video singkat, TikTok, menggelar kompetisi gaming bertajuk "The Greatest Gamer". Resmi diluncurkan pada hari ini (2/9) secara virtual, kompetisi gaming ini dikemas dengan konsep reality show di platform TikTok.
Melalui kompetisi gamingi ini, TikTok akan mengumpulkan 10 gamer pemula dari seluruh Indonesia untuk bertanding selama empat minggu. Pemenang kompetisi ini akan memenangkan hadiah senilai Rp 100 juta, sekaligus kontrak eksklusif untuk menjadi gamer profesional bersama tim esports ternama, EVOS Esports.
Digelarnya program ini, tak lepas dari bertumbuhnya pasar gaming di Indonesia. Merujuk data Digital Indonesia Report 2021 dari Hootsuite, jumlah pemain mobile game di Indonesia telah mencapai 60,5% dari keseluruhan pengguna mobile internet. Jumlah ini akan terus meningkat, seiring dengan semakin seringnya masyarakat berselancar di dunia maya.
Pertumbuhan positif dari dunia gaming juga terlihat di TikTok. Hal itu ditandai dengan semakin bertumbuhnya komunitas gamer di TikTok. "Saat ini, semakin banyak gamers di TikTok. Kami juga senang sekali melihat komunitas gaming bisa menghadirkan konten yang orisinil dan otentik dan menambah keberagaman di platform TikTok,” ujar Vanessa Brown, Director Business Development TikTok SEA, ANZ, and South Asia.
Dia pun berharap, program "The Greatest Gamer" dapat menjadikan TikTok sebagai rumah baru bagi para gamer untuk menunjukkan kreativitas serta menumbuhkan komunitas yang sudah ada. Selain itu, melalui program gaming ini, TikTok juga ingin mencari bakat baru di dunia gaming.
Acara "The Greatest Gamer" akan dibagi ke dalam beberapa fase, antara lain fase audisi (1-16 September 2021), fase tantangan, dan babak final di bulan November. Pada fase audisi, TikTok akan memilih 10 peserta dari seluruh Indonesia. Selanjutnya, selama empat minggu, kesepuluh peserta akan menghadapi tantangan berbeda tiap minggunya dan saling beradu untuk lolos ke babak final.
Adapun program "The Greatest Gamer" akan ditayangkan langsung di platform TikTok, dengan berbagai konten hiburan serta edukasi dari 10 peserta terpilih maupun sejumlah partner. “Dengan begitu, pengguna TikTok dan gamer enthusiast lainnya dapat terinspirasi dari perjalanan para peserta serta mempelajari berbagai informasi baru mengenai dunia gaming dan esports,” kata Vanessa, yang menyebutkan program ‘The Greatest Gamer’ juga didukung oleh Link Aja, Telkomsel, Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), dan EVOS Esports.