Jum'at, 23 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Indonesia Brand Conference, Kupas Tuntas Strategi Brand dan Memahami Perilaku Konsumen di Tahun 2021

Posted by: 2078 viewer

Indonesia Brand Conference, Kupas Tuntas Strategi Brand dan Memahami Perilaku Konsumen di Tahun 2021
Webinar Indonesia Brand Conference 2021.

JAKARTA - Infobrand.id sukses menggelar Indonesia Brand Conference 2021, sebuah ajang pertemuan akbar bagi para pelaku brand dan bisnis di Indonesia. Event yang digelar Jumat (26/2/2021) melalui virtual Zoom, diikuti sedikitnya 300 peserta, terdiri dari praktisi brand, pelaku bisnis, akademisi, mahasiswa dan wartawan.

Indonesia Brand Conference 2021 digelar oleh Infobrand.id sebagai number one brand media bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan yang mendedikasikan diri terhadap penelitian akan perkembangan brand dan bisnis di Indonesia. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka ulang tahun ke-7, INFOBRAND GROUP.

Dengan mengangkat tema "BRANDING & CONSUMER BEHAVIOR OUTLOOK 2021", Indonesia Brand Conference 2021 ini diharapkan menjadi ajang pertemuan, sharing experience, sharing knowledge dan networking bagi para pelaku brand di Indonesia. Indonesia Brand Conference 2021 menghadirkan 3 (tiga) orang narasumber yang berpengalaman dalam bidang Branding & Marketing. Yongki Susilo, Direktur Kadin Indonesia Trading House & Indonesia Retail and Consumer Strategist. Amalia E. Maulana, Ph.D, Founder & Managing Director ETNOMARK Consulting. Dan Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia sekaligus Founder Indonesia Brand Network.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kegiatan juga dibuka oleh Direktur Utama INFOBRAND GROUP, Susilowati Ningsih, dalam sambutannya mengatakan, sejak berdiri di tahun 2014, INFOBRAND.ID sebagai portal media online pertama di Indonesia yang fokus akan informasi perkembangan brand, marketing dan bisnis terupdate. Untuk itu, INFOBRAND.ID dikemas melalui berbagai channel Baik Online, Cetak maupun TV melalui Youtube Channel, menjadikan INFOBRAND.ID memiliki diferensiasi dengan media sejenis.

Selain portal berita online, INFOBRAND juga memiliki sejumlah kegiatan yang bermanfaat bagi pelaku bisnis dan brand, di antaranya; Infobrand Catalougue Annual Achievement Report, sebuah katalog yang merangkum dan mempublikasikan berbagai apresiasi atas kinerja perusahaan. Kemudian BRAND TALKS di INFOBRAND TV, sebuah program talkshow yang menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya.

BRAND ACHIEVEMENT, rangkaian penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atau brand yang berprestasi. Beberapa penghargaan yang telah dan akan digelar di tahun 2021 antara lain; Top Official Store Award, Top Digital PR Award, Indonesia Digital Popular Brand Award, Indonesia Brand Choice, Top Innovation dan Pertama di Indonesia, Ramadhan Berbagi, Top Corporate Social Responsibility of The Year, dan Top Corporate Award, Top PR Emiten.

“Envet Indonesia Brand Conference pada kesempatan kali ini, merupakan program tahunan yang didesain sebagai tema utama member Indonesia Brand Network dengan menghadirkan narasumber terpercaya dan tema-tema up to date,” jelas Susi.

Sambutan kedua disampaikan oleh Dr. Gancar C.Premananto, selaku Presiden International Master in Management and Business Alumni Assosiation (IMMBAA), dan Ketua Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Dalam sambutannya mengatakan, konsumen memiliki nilai penting bagi bisnis, seperti halnya lagu "Tanpamu", tanpa konsumen bisnis akan menjadi hampa. Maka memahami konsumen adalah hal penting untuk dilakukan. Hal tersebut disampaikan Dr. Gancar C. Premananto, selalu Ketua Departemen Manajemen FEB Unair dan Presiden IMMBAA (International Master in Management & Business Alumni Association).

IKLAN INFOBRAND.ID

Disampaikan juga oleh Gancar, bahwa era pandemi menjadikan tantangan untuk membangun Baiti Jannati (Rumahku Surgaku). Karena segala sesuatu harus dilakukan dari rumah secara digital, baik bekerja, belanja maupun belajar. Bentuk rumah yang lain yang harus dipahami produsen adalah, 'rumah' dalam bentuk komunitas. Komunitas menjadi rumah bagi konsumen untuk bersosialisasi.

“Dan saat ini terbentuk sebuah rumah baru bernama IMMBAA, sebagai rumah bagi masyarakat berpendidikan untuk membangun jejaring bisnis,” jelas Gancar.

Semantara itu, masuk ke sesi Webinar, Amalia E.Maulana dalam Webinarnya yang membawakan tema “Strategi Brand & Marketing 2021” mengatakan, dalam kondisi apapun, termasuk pandemi, kegiatan branding tidak boleh berhenti. Sebab branding adalah sebuah proses keseharian dengan filosofi customer value managemen. Branding adalah bagaimana membuat hubungan dari Just Friend menjadi Good Friend, dan Good Friend menjadi soulmate.

“Branding tak dapat ditinggalkan, kalau ditinggalkan akan menjadi catatan, harus diatur ulang untuk membangunnya dari awal,” kata Amalia.

Selanjutnya Yongki Susilo, dalam webinarnya dengan tema “Consumer Behavior Outlook 2021” mengungkapkan, sepanjang pandemi 2020 ternyata masyarakat Indonesia lebih memilih menahan diri untuk berbelanja, dan cenderung untuk menyimpan uang yang dimiliki. Itu dapat dilihat dari dana deposito di seluruh bank naik 3 kali lipat dari tahun 2019.

IKLAN INFOBRAND.ID

Namun sejak relaksasi yang terjadi, telah terjadi peningkatan belanja masyarakat. Itu dapat dilihat dari mal yang sudah mulai dibuka. Adapun yang mengalami peningkatan adalah sektor ritel yang telah tumbuh 60-70%, dan makanan dan minuman (FNB) tumbuh 70-80%.

“Masyarakat Indonesia itu suka makan di luar, saat ini sudah mulai terlihat lagi aktivitasnya di mal-mal, resto, dan bahkan tempat wisata sudah mulai ramai,” kata Yongki.

Melihat aktivitas masyarakat, menurut Yongki, adalah market yang sangat besar. Bahkan lebih besar dibanding market online. Diakui sepanjang pandemi, aktivitas belanja online meningkat, namun nilainya tetap jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan market offline. Sebab berdasarkan data, market online (e-commerce), ternyata 80-90% didominasi oleh transaksi B2B.

Yongki juga meyakini, jika selama pandemi berbagai aktivitas termasuk belanja dilakukan secara online, dan hanya hanya memenuhi kebutuhan dasar untuk tetap dapat tinggal di rumah, setelah pandemi berakhir, masyarakat akan kembali normal. Masyarakat akan melakukan berbagai kegiatan, seperti pengalaman berbelanja di luar, berkumpul, melancong, berolahraga di luar, dan makan di luar.

Sementara itu, Tri Raharjo, yang membawakan tema “Digital Branding & Marketing Trends 2021” menyampaikan, peran internet dalam branding dan marketing sangat besar. Perkembangan internet yang begitu maju membuat masyarakat sebagai konsumen telah mengandalkan internet untuk melakukan pencarian barang yang diinginkan. Karena itu sebuah brand harus meningkatkan aktivitasnya secara digital, baik itu dengan memanfaatkan website, media siber, media sosial, bahkan marketplace.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk meningkatkan awareness masyarakat dan enggagement konsumen, sebuah brand harus mampu memanfaatkan berbagai platform, untuk menciptakan konten yang menarik. Konten marketing saat ini juga tidak melulu dalam bentuk iklan, tapi juga dalam bentuk edukasi, review, hingga pemberitaan positif.

Setelah Webinar tiga nara sumber, Indonesia Brand Conference juga dilanjutkan dengan diskusi atau tanya jawab dengan peserta. Sesuai dengan tema yang dibawakan, peserta sangat antusias memberikan pertanyaan, seputar bagaimana memaksimalkan aktivitas branding, marketing dan selling di kala pandemi.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun

Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 5 Kelebihan Selimut Flannel Kintakun
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Selimut menjadi salah satu barang yang dibutuhkan ketika kita tidur, utamanya saat udara dingin, selimut yang lembut ten...


Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian

Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash Meluncur dengan 4 Varian
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Bagus Fresh 99 Antibacterial Hand Wash, sabun cuci tangan yang diformulasikan dengan antibakteri untuk melindungi tangan dari...


Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger

Februarride, Promo 2.2 Seru Belanja Outfit Riding Terbaru dari Eiger
INFOBRAND.ID, JAKARTA -  Bagi sebagian orang, kegiatan riding sudah jadi bagian dari gaya hidup bukan? Mengendarai motor kesayangan melewati jala...


Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya

Senang Traveling? Jangan Lupa VFresh Ya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pelesiran atau traveling biasnya dilakukan ke gunung, pantai, atau tempat wisata alam lainnya. Namun, selalu ada aja kondisi y...