Rabu, 22 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Indosat Ooredoo Pacu Konektivitas Menyokong UMKM Bergeliat

Posted by: 811 viewer

Indosat Ooredoo Pacu Konektivitas Menyokong UMKM Bergeliat
Indosat Ooredoo

INFOBRAND.ID-Konektivitas telekomunikasi menyokong penggiat usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan perkotaan dan terpelosok.  Irma Suryati, misalnya, mengandalkan kartu telepon Mentari untuk memuluskan komunikasi dan berjualan di kanal online. Irma adalah pengusaha UMKM dan pendiri Mutiara Handycraft yang berlokasi di Desa Karangsari, Kebumen, Jawa Tengah.

“Saya menggunakan kartu telepon Mentari dari Indosat, saya setia menggunakan kartu Indosat dan sejak awal menggunakannya tidak pernah berganti kartu,” ujar Irma. 

Produk Mutiara Handycraft adalah keset karakter, tas goni, daster perca dan lainnya. Produk Irma itu diekspor ke Malaysia, Jepang, Australia dan Uni Emirat Arab. Tahun lalu, rata-rata penjualan ekspor sekitar Rp 800 juta per bulan. Produk yang diekspor adalah keset karakter sebanyak 20 ribu pieces di setiap bulannya itu.

IKLAN INFOBRAND.ID

Irma mengoptimalkan gawai miliknya untuk menjalin komunikasi dengan konsumen di berbagai daerah dan negara tersebut agar produknya laris manis dibeli konsumen. Kartu Mentari yang tersemat di gawainya Irma merupakan piranti bergerak yang diandalkan untuk melancarkan komunikasi dan kesepakatan bisnis. “Pengalaman saya selama menggunakan Mentari-nya  Indosat adalah melancarkan komunikasi dengan buyer di luar negeri dan membantu saya berkomunikasi di daerah-daerah dan pulau terpencil, seperti ketika saya berada di Dumai yang berbatasan dengan Malaysia dan di pulau terpencil di Kalimantan,” tutur Irma mengisahkan pengalamannya.

Bergeser ke Dusun Pasir Putih di Karawang, ada pula Iin Inani yang menggunakan kartu IM3 untuk berjualan kuliner olahan berbasis rajungan. Iin mempromosikan dan mendistribusikan produk kuliner dari  15 UMKM di dusunnya ini. Lokasi dusun ini hanya selemparan batu dari kawasan pesisir pantai Pasir Putih di Karawang, Jawa Barat dan dikenal sebagai sentra hasil laut, diantaranya rajungan.

Iin dipercaya ibu-ibu penggiat UMKM di dusunnya untuk memacu penjualan di platfotm digital, antara lain Shopee dan WhatsApp. “Kami sudah ada toko online di Shopee, namanya Kedai UMKM Pasir Putih. Kami menjual juga produk kami di WhatsApp dan rata-rata penjualannya Rp 4 juta setiap bulan,” tutur Iin yang dipercaya sebagai Ketua UMKM Gapoktan Pantai Barokah Pasir Putih yang anggotanya 15 UMKM tersebut

IM3 dan Mentari adalah produk yang dijual oleh PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison. Irma mengapresiasi  jaringan telekomunikasi Indosat yang menyokong aktivitas bisnisnya. Kartu telepon Indosat, menurut Irma, digunakan pula oleh mitra-mitra bisnis yang bekerjasama dengan Mutiara Handycraft. “Dampak menggunakan kartu Indosat adalah menambah relasi bisnis dan reseller Mutiara Handycraft juga banyak yang menggunakan kartu telepon Indosat,” tutur Irma yang pada 2019 diberikan penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial oleh pemerintah Indonesia.

Irma yang menyandang disabilitas akibat virus polio memang mobilitasnya terbatas lantaran harus ditopang oleh kursi roda dan tongkat kaki. Tapi, wanita kelahiran 1975 ini bergerak lincah dan adaptif untuk memaksimalkan teknologi dan informasi yang menggerakkan roda bisnis. Apalagi ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada 2020-2022.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia mengubah haluan untuk memproduksi masker kain yang dijualnya via kanal digital. Kini, wabah virus corona nyaris tak terdengar. Irma melanjutkan produksi keset karakter dll.Produknya juga dijual di media sosial. Alhasil, konekvititas internet yang lancar sangat diandalkan Irma dkk. “Sinyal Indosat membantu saya dan karyawan untuk mempromosikan produk Mutiara Handycraft di Facebook, Instagram, TikTok, sinyalnya gak pernah lelet,” ucap Irma yang mempekerjakan 300 orang penyandang disabilitas.  Irma rutin menggunakan paket Freedom Unlimited dan Freedom Internet dari Indosat Ooredoo Hutchison.

Perihal kelancaran konektivitas, manajemen Indosat memperluas jaringan dan infrastruktur telekomunikasi untuk memberikan pelayanan yang andal (service excellence) kepada konsumen. Vikram Sinha, President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan perseroan berkomitmen menjadi yang terbaik dengan menerapkan strategi Go to Market yang terencana, serta fokus memberikan marvelous experience kepada konsumen. “Ini memungkinkan kami untuk menggapai tujuan yang lebih besar, yakni menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital,” ujar Vikram.

Vikram menjabarkan rencana perseroan untuk menyediakan jaringan komunikasi di Pulau Kalimantan dan Sulawesi. “Kami akan menyiapkan jaringan serat optik untuk menyediakan pengalaman yang atraktif kepada konsumen” ucap Vikram. Langkah Indosat untuk memacu ekspansi dan inovasi bakal ditopang pendanaan internal dan eksternal.

Pada kesempatan ini, Nicky Lee Chi Hung, Direktur Keuangan Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan perseroan mempertimbangkan berbagai opsi untuk menggalang dana dari perbankan dan obligasi untuk menyokong pendanaan yang digunakan untuk ekspansi di periode mendatang. Manajemen perseroan mengapresiasi perbankan yang sudah bermitra dengan Indosat dalam menyediakan pendanaan untuk ekspansi.

 

IKLAN INFOBRAND.ID

 

Perihal ekspansi, perseroan membangun infrastruktur jaringan di luar Pulau Jawa, salah satunya Nusa Tenggara serta memacu pemasaran ke daerah-daerah terpelosok di Indonesia. “Kami sudah memasarkan jaringan di daerah-daerah itu,” sebut Nicky. Kemudian, Indosat telah membelanjakan belanja modal (capital expenditure)senilai Rp 7,7 triliun per September tahun ini. Angka itu mencapai 70% dari total capex di tahun ini sebesar Rp 13 triliun. Dana tersebut digunakan untuk mempertajam fokus perseroan dalam membangun jaringan di Indonesia Timur.  “Capex yang telah direalisasikan mencapai 70% dan penggunaanya untuk dana investasi,” ungkap Nicky.

 

 

Komitmen Indosat memberikan pengalaman digital berkelas dunia terus berjalan seiring penawaran produk yang simpel dan transparan, serta diiringi perluasan jaringan. Hal ini dititikberatkan pada pelanggan berkualitas tinggi dan meluncurkan penawaran digital baru untuk meningkatkan konsumsi pengguna.

IKLAN INFOBRAND.ID

 

 

Untuk menyokong ini, Indosat memperluas jaringan dan infrastruktur telekomunikasi. ISAT per kuartal III tahun ini mengelola base transceiver station (BTS) 4G sebanyak 172.115 unit atau naik sebesar 34,9% dari 127.557 unit di periode yang sama tahun lalu. Pada periode ini, jumlah BTS 5G Indosat sebanyak 90 unit atau tetap sama dari kuartal ketiga tahun lalu.

 

 

 

 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Resmi Meluncur, Ini Banderol dan Spesifikasi Ponsel Gaming Infinix GT 20Pro 5G

Resmi Meluncur, Ini Banderol dan Spesifikasi Ponsel Gaming Infinix GT 20Pro 5G
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand ponsel cerdas, Infinix, secara resmi meluncurkan ponsel terbarunya dari seri GT yang difokuskan pada kemampuan gaming ya...


Tesla Produsen Mobil Paling Inovatif

Tesla Produsen Mobil Paling Inovatif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) Tesla Inc terus mempertahankan posisinya sebagai perusahaan otomotif paling i...


Ini Tips Sukses Menghadapi Konsumen dari Kalangan Gen Z

Ini Tips Sukses Menghadapi Konsumen dari Kalangan Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Generasi Z, yang terdiri dari individu yang lahir antara pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an, dikenal sebagai generasi yan...


iQOO Luncurkan Ponsel Mid-range Performa Tinggi Z9 dan Z9X

iQOO Luncurkan Ponsel Mid-range Performa Tinggi Z9 dan Z9X
INFOBRAND.ID, JAKARTA - brand ponsel iQOO, meluncurkan produk terbaru mereka di Indonesia yakni iQOO Z9 dan iQOO Z9X sebagai ponsel pintar "mid-r...