INFOBRAND CLASS KE-4: Rahasia Sukses Branding di Era Digital
Posted by: Alvin Pratama | 21-02-2025 17:31 WIB | 399 views

INFOBRAND.ID-Sebagai bagian dari Program Pengembangan Brand Indonesia (PPBI), Infobrand Class kembali hadir dengan mengusung tema "Strategi Branding di Era Digital". Program edukatif ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan, seminar, publikasi, promosi, pameran, serta riset dan komunitas.
Dalam acara ini, hadir sejumlah pakar branding, termasuk Tri Raharjo, CEO TrasnCo Indonesia sekaligus Chairman Indonesia Brand Community, serta Yoga Prasetya, E-commerce dan CRM Manager PT Campina Ice Cream Industry Tbk. Webinar ini diharapkan memberikan wawasan dan inspirasi bagi pelaku usaha dalam mengembangkan strategi branding yang sukses di era digital.
Tri Raharjo menekankan pentingnya kolaborasi antara Infobrand dan Indonesia Brand Community untuk menghadirkan narasumber ahli dalam berbagi pengalaman kepada audiens INFOBRAND CLASS. "Melalui program ini, kami ingin memberikan wawasan tentang bagaimana strategi branding dapat diterapkan secara efektif di era digital, termasuk pentingnya kolaborasi dan pemanfaatan platform digital," ujar Tri Raharjo.
Perjalanan Campina dalam Branding dan Inovasi
Campina, yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur, telah menjadi salah satu merek es krim terbesar di Indonesia. Perusahaan ini telah bertahan selama 50 tahun di industri es krim dan berhasil menjadi emiten di pasar modal Indonesia.
Didirikan pada tahun 1972 oleh Darmo Hadipranoto dan istrinya dengan nama CV Pranoto, Campina awalnya merupakan industri rumahan yang beroperasi di garasi rumah mereka di Jalan Gembong Sawah, Surabaya. Dengan visi memberikan es krim berkualitas terbaik, Campina terus berkembang hingga menjadi merek besar seperti saat ini.
Yoga Prasetya mengungkapkan bahwa Campina rutin meluncurkan produk baru setiap tiga bulan. "Inovasi adalah kunci keberhasilan dalam industri ini. Oleh karena itu, Campina selalu menghadirkan varian terbaru agar tetap relevan dengan kebutuhan pasar dan meningkatkan omzet perusahaan," jelas Yoga Prasetya.
Pada tahun 2020, Campina memperkuat layanan penjualan dengan menghadirkan sistem Home Delivery di Pulau Jawa dan Bali. Melalui platform e-commerce, pesanan es krim Campina dapat diterima oleh konsumen dalam waktu 24 jam. Inovasi ini semakin memperkuat posisi Campina di pasar digital.
Selanjutnya, pada tahun 2021, Campina meluncurkan berbagai varian es krim baru, termasuk Campina Go!Mango, Campina Orange Plus, dan Campina Cake Series dengan varian Strawberry Cheesecake, Royal Choco Brownies, serta Tiramisu. Es krim berbasis buah seperti Campina Go!Mango dan Campina Orange Plus bahkan diperkaya dengan vitamin C 90mg, yang membantu meningkatkan imunitas tubuh, terutama di masa pandemi.
Selain fokus pada inovasi produk, Campina juga menggarap segmen anak muda. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah meluncurkan Concerto Midi Tiramisu dan es krim Lu Ve berbahan dasar susu almond. Untuk memperkuat branding di kalangan anak muda, Campina juga menggandeng penyanyi jebolan Indonesian Idol, Tiara Andini, sebagai brand ambassador.
Dengan berbagai strategi branding yang dijalankan, Campina berhasil mempertahankan eksistensinya di industri es krim Indonesia. Webinar Infobrand Class kali ini memberikan banyak wawasan tentang bagaimana sebuah brand dapat terus berkembang melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi digital.
Baca berita lainnya di Google News