Jum'at, 24 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

INFOBRAND.ID Kembali Umumkan Pemenang Indonesia Digital Popular Brand 2023

Posted by: 1244 viewer

INFOBRAND.ID Kembali Umumkan Pemenang Indonesia Digital Popular Brand 2023
Para pemenang Acchivers IDPBA 2023 Fase kedua

INFOBRAND.ID-Pentingnya popularitas brand di ranah digital semakin disadari pelaku brand dan bisnis di Indonesia. Perkembangan teknologi digital membuat pelaku brand dan bisnis secara masif memanfaatkan platform digital, seperti media online, media sosial, dan website, untuk mempertahankan bahkan mendongkrak popularitasnya di ranah digital.

Seiring berjalannya waktu, kini muncul tren digital branding. Tren ini muncul lantaran perkembangan zaman yang semakin pesat. Melalui digital branding, pelaku brand dapat membangun nama dan desain brand untuk mengenalkan produk lewat platform digital secara online.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengatakan penyelenggaraan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) kali ini merupakan ajang kedua di tahun 2023, atau penyelenggaraan ke-31 sejak tahun 2015. Masih diselenggarakannya penghargaan ini, menjadi bukti bahwa Indonesia Digital Popular Brand Award telah diterima oleh pelaku brand di Indonesia dan dipercaya sebagai barometer utama pengukuran brand-brand populer di ranah digital.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Tentunya dengan menggunakan logo Indonesia Digital Popular Brand Award 2023, akan membuat sebuah brand semakin dipercaya oleh konsumen dan calon konsumen, terutama dalam mencari, dan memilih sebuah brand di ranah digital,” ujar Susilowati Ningsih.

Susilowati menginformasikan, hasil riset Indonesia Digital Popular Brand Index telah diumumkan oleh TRAS N CO Indonesia, dan awarding ceremony diselenggarakan secara online melalui platform Zoom Meeting, Rabu (5/6/2023).

Tujuan dihadirkannya penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2023 ini, adalah sebagai penghargaan bergengsi dan pengakuan bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas, serta meningkatkan aktivitas brand-nya melalui media digital, sebagai brand yang unggul dan populer dibandingkan brand yang lain.

Pada kesempatan yang sama, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, sekaligus penggagas Indonesia Digital Popular Brand Award menjelaskan, riset tersebut dilakukan untuk mengcapture suara netizen melalui tiga parameter penilaian, yakni; Search Engine Based, untuk mengukur popularitas brand rata-rata perbulan dalam pencarian dan ulasan di halaman internet. Social Media Based, untuk mengetahui popularitas brand di media sosial Facebook, Instagram, YouTube, Website Based, untuk mengukur kecepatan dan traffic website brand, melalui speed loading & user friendly dan traffic website.

“Riset dilakukan lebih dari 1.500 brand teriset di 300 kategori produk atau jasa,” kata Tri Raharjo.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih lanjut Tri Raharjo menjelaskan, brand-brand yang masuk dalam daftar Indonesia Digital Popular Brand Index merupakan brand yang kreatif dalam berpikir dan bertindak, serta konsisten dalam melakukan aktivitas brand di ranah digital. Atas prestasi tersebut, brand-brand pemenang berhak mendapatkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award.

Dalam mengukur kepopuleran brand-brand di ranah digital, TRAS N CO Indonesia juga bekerjasama dengan IMFocus DigiMarketing Consultant, dengan mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.

Dari riset Indonesia Digital Popular Brand Index 2023 yang dilakukan pada bulan Maret-Mei 2023, terhadap 1500 brand ter-riset di 300 brand kategori produk atau jasa. Diketahui terdapat 10 kategori produk dengan pencarian terbanyak di halaman internet; Situs Jual Beli Online dengan 142,7 ribu pencarian, Multiplatform Televisi Kabel 30 ribu pencarian, Situs Online Booking Tiket Pesawat, Kereta dan Travel 26,5 ribu pencarian, Situs Online Reservasi Hotel 25 ribu pencarian, Aplikasi Booking Penginapan & Hotel 26 ribu pencarian, Jasa Kurir 15,7 ribu pencarian, Blender 8 ribu pencarian, Smart TV 6,5 ribu pencarian, Gadai 6,2 ribu pencarian, dan Sepeda lipat 6 ribu pencarian.

Sedangkan berdasarkan ulasan 10 kategori produk/jasa ini menjadi yang paling banyak diulas, Situs jual online 9,8 ribu halaman ulasan, Aplikasi Booking Penginapan & Hotel 3,2 ribu, Multiplatform Tv Kabel 3,1 ribu, Jasa Kurir 2,9 ribu, Situs Online Reservasi Hotel 2,9 ribu, Situs Online Booking Tiket Pesawat, Kereta dan Travel 2,9 ribu, Internet Berlangganan 503,9 ribu, TV Berlangganan 368,6, Supermarket Perkakas & Dekorasi rumah 368 ribu pencarian, dan Cargo dengan 329 ribu halaman ulasan.

Terakhir untuk jumlah pengunjung website terbanyak, 10 kategori menjadi yang teratas, Situs Jual Beli Online 372 ribu, Aplikasi Konsultasi Dokter 107,5 ribu, SIMCard Pascabayar 30,2 ribu, Jasa Kurir 29,9 ribu, Situs Online Reservasi Hotel 24 ribu, Cargo 21,3 ribu, Situs Online Booking Pesawat, Kereta dan Travel 20, 7 ribu, Jasa Pengiriman Uang Non Bank 20,7 ribu, Aplikasi Booking Penginapan dan Hotel 16,6 ribu, dan Internet berlangganan dengan 6,2 ribu pengunjung.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun peraih penghargaan IDPBA 2023 Fase ke-2 kali ini antara lain adalah, Vicee kategori Vitamin C, Bihunku (Bihun Instan), Depo Air Minum Biru (Depo Air Minum Isi Ulang), Apotek K24 (Apotek), Shop&Drive ( Bengkel & Aksesoris Mobil), Mandiri Tunas Finance (Pembiayaan Multiguna), Natur-E (Vitamin E), Dulcolax (Pelancar BAB), My Republic (Internet Berlangganan), Tekiro (Hand Tools), RYU (Power Tools), Promag (Obat Maag), Entrostop (Obat Diare), Insto (Obat  Tetes Mata), Pigeon (Botol Susu Bayi), BliBli (Situs JUAL Beli Online), Farmaku (Apotek Online), Fatigon (Multivitamin).

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Ini Pesan CEO Fore Coffee untuk Para Produsen Biji Kopi Lokal

Ini Pesan CEO Fore Coffee untuk Para Produsen Biji Kopi Lokal
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen biji kopi lokal dikatakan Co-Founder dan CEO perusahaan rintisan ritel kopi Indonesia, Fore Coffee, Vico Lomar harus...


Hadirkan IFP VTK Series, Vannoe Tawarkan Solusi Papan Tulis Modern

Hadirkan IFP VTK Series, Vannoe Tawarkan Solusi Papan Tulis Modern
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Brand lokal Vannoe menawarkan produk Interactive Flat Panel (IFP) VTK Series, sebuah layar pintar interaktif untuk solusi papa...


Identitas Merek Jaminan Orisinalitas Suatu Produk

Identitas Merek Jaminan Orisinalitas Suatu Produk
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyatakan identitas merek merupakan jaminan orisinalitas dari suatu produk Indikasi G...


NETA V-II Resmi Mengaspal, Segini Loh Maharnya

NETA V-II Resmi Mengaspal, Segini Loh Maharnya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT NETA Auto Indonesia mengumumkan bahwa mobil listrik NETA V-II, yang sebelumnya diperkenalkan di ajang Periklindo Electric V...