INFOBRAND.ID-portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar 3rd Top Digital PR Award 2023, Rabu (31/5). Acara penghargaan yang menggandeng TRAS N CO Indonesia ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja PR (public relations) lingkup BUMN, Subsidiary BUMN dan BUMD yang berhasil membangun citra positif dan reputasi perusahaan di ranah digital.
CEO InfoEkonomi.ID, Arief Munajad mengatakan, kehadiran digital PR mampu menjawab tantangan dan perubahan ekosistem interaksi publik yang telah berubah dan berbasis media sosial di era sekarang ini yang memberi kemudahan kepada masyarakat dalam menyediakan berbagai informasi secara online.
“Bahkan untuk lebih mendekatkan jarak antara pihak yang diwakili dengan masyarakat, semakin banyak praktisi PR perusahaan-perusahaan milik negara yang telah mensinergikan implementasi strategi omni-channel digital public relations,” ujar Arief dalam sambutannya membuka acara.
Dirinya mengatakan, InfoEkonomi.ID hadir sebagai portal media yang aktif memberitakan berbagai kinerja positif perusahaan-perusahaan plat merah dengan tujuan agar terbangun reputasi dan awareness yang baik dari publik terhadap perusahaan-perusahaan BUMN, Subsidiary BUMN dan BUMD.
Untuk menjaga citra positif tesebut dan mengapresiasi praktik digital PR di BUMN, Subsidiary BUMN dan BUMD di seluruh Indonesia, InfoEkonomi.ID dan TRAS N CO Indonesia menyelenggarakan acara bertajuk Info Ekonomi Forum 2023 for Public Relations dan Awarding Ceremony 3rd Top Digital PR 2023 ini.
“Apresiasi ini sebagai bentuk dukungan kami agar PR BUMN, BUMD & Subsidiray BUMN semakin terpacu untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam membangun reputasi perusahaan,” tambah Arief.
Acara ini juga diisi dengan webinar nasional bertema “Optimalisasi Omni-Channel untuk Aktivitas Digital Public Relations” yang dibawakan Dr. Hifni Alifahmi, pakar komunikasi yang telah banyak menulis buku-buku PR, branding, marketing dan communication.
“Sinergi omni channel digital PR tidak sekadar memanfaatkan saluran online untuk berkomunikasi sebatas konten atau artikel yang disosialisasikan, melainkan juga untuk memenuhi keinginan masyarakat serta memenangkan persaingan dan menjadikan penerapannya sebagai parameter keberhasilan bisnis yang dijalankan,” ujar Hifni dalam salah satu bagian presentasinya sebagai narasumber.
Sementara CEO TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo menjelaskan, para peraih 3rd Top Digital PR Award 2023 merupakan BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN yang berhasil memenuhi tiga parameter penilaian digital yang telah dilakukan sejak Februari hingga April 2023 terhadap perusahaan BUMN, BUMD dan Subsidiary BUMN.
“Metode penilaian menggunakan pendekatan desk research berdasarkan tiga parameter penilaian digital, yaitu digital media aspect, digital awareness aspect dan digital sentiment aspect,” terang Tri.
Dalam acara ini, 16 perusahaan plat merah menerima penghargaan 3rd Top Digital PR Award 2023 Special Achievement for BUMN, Subsidiary BUMN dan BUMD. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah:
Kategori BUMN; PT Pos Indonesia (Persero), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Indonesia Asahan Aluminium, PT Brantas Abipraya (Persero) dan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia
Kategori Subsidiary BUMN; PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Pertamina EP Cepu, PT Pertamina Perta Arun Gas, PT PLN Batam, PT PLN Energi Primer Indonesia, PT PLN Nusantara Power, PT Pindad, PT PP Properti Tbk dan PT Mandiri Utama Finance.
Kategori BUMD; PT BPD Bali dan PT Bank DKI.