INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Tokopedia yang sukses menggelar kegiatan offline “Ramadhan Ekstra Seru”, baru-baru ini merilis beberapa peningkatan penjualan di tiga kategori teratas seperti groceries, elektronik dan fashion mengalami peningkatan hingga 9 kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa.
Menurut E-Commerce Communications Director Shop Tokopedia, Nuraini Razak, Ramadhan yang merupakan bulan berbagi, pembeli berbelanja untuk memberikan sanak saudara mereka di kampung halaman, untuk itu dirinya merasa tidak heran kenaikan penjualannya bisa berkali-kali lipat.
"Peningkatan yang terjadi pada kategori fashion saat acara tersebut bisa mencapai 2,5 kali lipat, lalu terdapat pula kategori elektronik dan groceries yang memiliki kenaikan hingga 3 kali lipat," kata dia.
Meski begitu, dirinya belum bisa memberikan data atau jumlah penjualan di masing-masing kategori yang diklaim olehnya memiliki lonjakan pembeli yang cukup positif selama kegiatan itu berlangsung mulai dari 23 Februari-5 April 2024 di Pondok Indah Mall, Jakarta.
Setidaknya, dari kegiatan offline tersebut, pihaknya senantiasa memberikan kemudahan kepada para penjual dan juga pembeli untuk menemukan barang yang memang dibutuhkan.
Tokopedia yang terkenal dengan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pada masa itu juga menerima banyak pembelian, sehingga memiliki lonjakan hingga 9 kali lipat.
Dia menambahkan, berbagai kategori dari brand-brand lokal yang memasarkan produknya di platform tersebut, berhasil mendulang berkah yang cukup positif selama Ramadhan kemarin.
Pelonjakan tersebut, berkat adanya kampanye “Beli Lokal” yang sudah dimulai sejak Desember 2023 lalu, guna mendukung para pelaku usaha agar menjadi pilihan utama bagi konsumen tanah air selama masa Ramadhan dan juga Lebaran.
“Beli Lokal” itu kenaikannya hampir 9 kali lipat. Kita launch itu di Desember, kita memang khususkan untuk memudahkan seller dan pembeli dan penjualannya meningkat hingga 9 kali lipat di Ramadhan,” tandasnya.