Selasa, 10 Desember 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Inisiatif Allianz Majukan Literasi Asuransi Syariah di Indonesia

Posted by: 1731 viewer

Ini Inisiatif Allianz Majukan Literasi Asuransi Syariah di Indonesia
Dok. Allianz

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Komite Nasional Ekonomi & Keuangan Syariah mencatat, tingkat literasi asuransi syariah di Indonesia masih sangat rendah, yakni hanya 2%. Sementara itu, tingkat literasi keuangan syariah sudah mencapai 9%. Rendahnya tingkat literasi asuransi syariah di Indonesia telah mendorong PT Asuransi Allianz Life Indonesia menggelar sejumlah inisiatif untuk mengedukasi sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan asuransi syariah.

Dijelaskan Karin Zulkarnaen, selaku Chief Marketing Officer Allianz Indonesia, sejumlah upaya edukasi telah dilakukan Allianz Life Syariah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan asuransi syariah. Antara lain, dengan menggelar inisiatif “Awali dengan Kebaikan” di media sosial, yang berhasil memperoleh 162 juta social impressions.

Melalui inisiatif “Awali dengan Kebaikan”, awal tahun ini, Allianz  menggelar kampanye #1.000 Senyum Kebaikan di media sosial Facebook dan Instagram. “Di program ini, kami mengajak masyarakat untuk mengunggah foto diri mereka yang sedang tersenyum dan menceritakan kebaikan yang mereka lakukan. Unggahan foto senyum tersebut kami konversi menjadi donasi yang kami berikan untuk edukasi program kesehatan di berbagai titik posyandu di Indonesia,” papar Karin.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam rangkaian inisiatif “Awali dengan Kebaikan”, Allianz juga telah memilih 20 tokoh inspiratif yang akan diberangkatkan umroh. Paling anyar, pada hari ini (3/8), Allianz menggelar program  “Allianz Indonesia Media Workshop” bertajuk “Mengenal Wakaf pada Manfaat Asuransi Syariah" yang dikemas dalam format webinar.  “Berbagai inisiatif ini, kami gelar untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang asuransi syariah,” lanjutnya.

Ditambahkan Yoga Prasetyo, Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia, pada kuartal pertama (Q1) 2021,  pertumbuhan Allianz Life Syariah masih positif. “GWP  kami tumbuh 17,5% year-on-year. Pertumbuhan ini didorong oleh nasabah lama maupun nasabah baru. Selanjutnya, pada Q2 dan Q3 2021, kami prediksi juga akan tumbuh positif, meski agak melambat karena PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat),” katanya.

Edukasi asuransi syariah juga dilakukan Allianz kepada segmen muda, dalam hal ini millennial dan Gen-Z. Diakui Hendra Gunawan, Head of Sharia Marketing & Business Support Allianz Life Indonesia, “Untuk memperkenalkan asuransi syariah kepada millennial dan Gen-Z, kami menggunakan media sosial. Di antaranya, kami menggelar  kegiatan webinar  "Meet Up Kebaikan" dengan mengundang penulis muda Rintik Sedu. Objektif dari program ini adalah agar wakaf atau asuransi syariah lebih dikenal oleh anak muda.”

Disimpulkan Karin, sejumlah strategi dilancarkan Allianz untuk melakukan penetrasi pasar di segmen asuransi syariah. Antara lain, melakukan edukasi ke publik, terutama berfokus pada generasi millennial melalui media sosial dan webinar.

Strategi lainnya adalah dengan merekrut agen asuransi bersertifikasi syariah, meningkatkan training khusus produk-produk syariah agar agen-agen yang saat ini menjual produk konvensional juga bisa meningkatkan bisnisnya dengan produk-produk syariah. 

IKLAN INFOBRAND.ID

"Kami juga menyiapkan pasar baru yang nantinya  menjadi fokus pertumbuhan bisnis Syariah," tandas Karin.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


MS Glow Beauty Tunjuk Bidan dan Konten Kreator dari Pedalaman Papua Jadi Brand Ambassador

MS Glow Beauty Tunjuk Bidan dan Konten Kreator dari Pedalaman Papua Jadi Brand Ambassador
INFOBRAND.ID-J99 Corp. melalui MS Glow Beauty berkomitmen mendukung pemberdayaan perempuan dengan menggelar program "Mencari Brand Ambassador&quo...


30 Tahun Berkiprah di Industri Logistik, NCS Terus Lanjutkan Inovasi

30 Tahun Berkiprah di Industri Logistik, NCS Terus Lanjutkan Inovasi
INFOBRAND.ID-Selama tiga dekade terakhir, Nusantara Card Semesta (NCS) telah berhasil membangun posisinya sebagai pemain utama di industri logistik In...


Grand Opening Timezone Emporium Mall Pluit, Pengalaman Bermain Tanpa Batas

Grand Opening Timezone Emporium Mall Pluit, Pengalaman Bermain Tanpa Batas
INFOBRAND.ID-Timezone resmi membuka cabangnya di Emporium Mall Pluit, Lantai 1. Area ini menawarkan pengalaman bermain menakjubkan dengan berbagai pil...


Pizza Hut Jalin Kemitraan dengan 100 Petani Lokal

Pizza Hut Jalin Kemitraan dengan 100 Petani Lokal
INFOBRAND.ID-Pizza Hut Indonesia kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung petani lokal. Melalui Program Pizza Hut Peduli 8P, salah satunya adala...