Jum'at, 21 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Jajaran Brand Peraih Brand Choice Award 2024

Posted by: 619 viewer

Ini Jajaran Brand Peraih Brand Choice Award 2024
Brand Choice Award 2024/INFOBRAND.ID

INFOBRAND.ID, JAKARTA – Kemajuan dalam aktivitas belanja online di kalangan masyarakat telah mendorong konsumen untuk menjadi lebih teliti dalam membaca ulasan dan penilaian suatu merek sebelum membuat keputusan. Marketplace menjadi salah satu platform favorit untuk belanja online karena memudahkan konsumen menemukan produk yang sesuai dengan kriteria tersebut.

Selain ulasan dan penilaian, pilihan konsumen juga dipengaruhi oleh berbagai factor lain, seperti kebutuhan berdasarkan usia. Usia konsumen sendiri mempengaruhi perilaku mereka dalam memilih produk atau merek.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengungkapkan, sekarang ini Generasi Z atau Gen Z menjadi pasar yang sangat besar karena jumlah mereka yang banyak, sehingga para brand perlu menmpertimbangkannya untuk menghadirkan produk atau layanan yuntuk Gen Z yang memiliki potensi bisnis yang besar. 

IKLAN INFOBRAND.ID

“Fakta ini tentunya harus menjadi pertimbangan penting bagi para pelaku brand dan bisnis dalam menghadirkan produk dengan potensi bisnis yang besar, serta dalam memenuhi kebutuhan dan perilaku pasar, sehingga brand yang dimiliki tetap menjadi pilihan utama para konsumen,” kata Susi dalam Award Ceremony Brand Choice Award 2024 di Hotel JW Marriot, Jakarta.

Untuk itu, lanjut Susi, INFOBRAND.ID kembali menggandeng TRAS N CO Indonesia untuk menyelenggarakan Brand Choice Award 2024. BRAND CHOICE AWARD merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan bergengsi kepada brand-brand nasional dan internasional yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan telah berhasil menjadi brand pilihan konsumen.

“Ini penyelenggaraan Brand Choice Award yang ke-12. Kami percaya, para penerima penghargaan ini adalah brand yang cerdas dan terus mengoptimalkan strategi mereka di platform marketplace untuk memastikan brand tetap relevan dan kompetitif di pasar digital yang terus berkembang,” ujarnya.

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia & Chairman Indonesia Brand Community (IBC) menyatakan, di Tengah dunia e-commerce yang dinamis, menjadi brand pilihan konsumen adalah suatu pencapaian yang perlu diperjuangkan. Dengan kombinasi strategi yang tepat, perhatian pada kualitas, dan komitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen.

“Oleh karena itu, kami menyelenggarakan riset Brand Choice Index 2024 untuk melihat tingkat keterpilihan brand oleh konsumen di ranah digital melalui Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Reviews & Rating Aspect, dan Digital Consumer Choice Aspect,” jelasnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kemudian brand-brand yang menempati peringkat atas dalam riset Brand Choice Index yang menggunakan tiga parameter penilaian digital, seperti Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect, dan Digital Consumer Reviews & Rating Aspect berhak memperoleh penghargaan Brand Choice Award 2024.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan bergengsi kepada brand-brand nasional dan internasional yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan telah berhasil menjadi pilihan konsumen,” imbuh Tri.

Selain itu, berdasarkan hasil riset brand choice untuk fase 1 tersebut TRAS N CO Indonesia mencatat, terdapat 10 kategori dengan transaksi terbanyak melalui official store di dua marketplace teratas di Indonesia; Pertama kategori Lipstik dengan 7,7 juta transaksi, mendapatkan 5,4 juta review, dengan rating rata-rata 4,77 dari 5. Kedua, kategori Body Lotion dengan 6,5 juta transaksi, 4,3 juta review dengan rating-rata 4,72. Ketiga, kategori Sabun Mandi Cair 4,6 juta transaksi, 2,8 juta review dengan rating rata-rata 4.80. Keempat, kategori Shampoo mendapatkan 4,3 juta transaksi, 2,6 juta review, dengan rating rata-rata 4,79.

Kelima, kategori Facial Wash dengan 4,2 juta transaksi, 2,8 juta review dengan rating rata-rata 4,90. Keenam, kategori Bedak Wajah dengan 4,3 juta transaksi, 2,6 juta review dengan rating-rata 4,75. Ketujuh, kategori Deterjen dengan 3,8 juta transaksi, 2,1 juta review dengan rating rata-rata 4,92.

Di urutan kedelapan ada kategori Pasta Gigi dengan 3,4 juta transaksi, 1,9 juta review dengan rating rata-rata 4,90. Kesembilan, kategori Toner dengan 3 juta transaksi, 1,8 juta review dengan rating rata-rata 4,62. Dan kesepuluh, kategori Mascara dengan 2,7 juta transaksi, 1,8 juta review dengan rating penilaian rata-rata 4,88 dari 5.

IKLAN INFOBRAND.ID

Pada penyelenggaraan Brand Choice Award 2024, brand-brand yang berhasil meraih brand choice award tahun ini, adalah sebagai berikut; MOTUL (Oli Mobil & Oli Motor), FLUSSO (Kran Air & Kran Double), LACTACYD BABY & LACTACYD (Baby Bath & Feminine Care), COOLVITA (Multivitamin), BRASOV (Nail Polish & Nail Polish Remover), PROMAG (Obat Maag), MOELL (Hair Lotion), FINEGA (Cuka Apel), PINK RABBIT LENS (Softlens), LG (AC), CYPRUS (Wajan Anti-lengket), GENTLY (Baby Cream), GERRY BUTTER COOKIES (Butter Cookies), CHOCOLATOS (Minuman Cokelat Kemasan & Wafer Stick), GERY SALUUT (Wafer & Malkist), MAMABEAR (Pelancar Asi), HANSAPLAST (Plester Luka), ENERVON ACTIVE (Vitamin B Kompleks), PRENAGEN (Susu Ibu Hamil dan Menyusui), TIMUR TENGAH (Kurma), dan PENYU (Kran Air), MORINAGA SOYA (Susu Formula Soya), SUGAR BABY (Bouncer), dan brand lainnya.

“Kami ucapkan selamat kepada para peraih penghargaan, semoga prestasi sebagai brand pilihan konsumen dapat terus dipertahankan,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, INFOBRAND.ID & Indonesia Brand Community IBC) juga menggelar INFOBRAND FORUM 2024 dengan tema Understanding Gen Z Consumer Behavior yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc pakar perilaku konsumen dari Sekolah Bisnis, IPB University sekaligus President AACIM (Asian Association for Consumer Interest and Marketing).

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...