Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Marketplace Paling Banyak Digunakan Penjual Daring

Posted by: 1142 viewer

Ini Marketplace Paling Banyak Digunakan Penjual Daring
Ilustrasi belanja daring/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan riset pasar dan jajak pendapat Ipsos, merilis hasil survei terbarunya terkait marketplace pilihan penjual daring dan menunjukkan empat nama teratas platform marketplace yang sering digunakan dalam menjual produk secara online yakni Shopee, Tokopedia, Tik Tok Shop dan Lazada.

Menurut Country Service Line Group Leader Observer, Customer Experience and Channel Performance Ipsos Indonesia, Andi Sukma menyebutkan, Shopee berada di peringkat pertama dengan angka 80 persen, diikuti Tokopedia (10 persen), Tik Tok Shop (6 persen) dan Lazada (3 persen).

Platform palings ering digunakan dalam menjual produk atau Brand Used Most Often (BUMO) menjadi bagian dari indikator yang digunakan Ipsos untuk mengetahui seberapa baik citra pemain e-commerce menurut para penjual. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain BUMO, mereka juga menggunakan indikator lainnya, yakni Loyalty Ratio dan Top of Mind (TOM).

Loyalty Ratio mengukur bagaimana sebenarnya perilaku penjual selama tiga bulan terakhir apakah konsisten menggunakan platform yang sama atau berpindah. Pada indikator itu, hasil survei memperlihatkan Shopee berada di urutan pertama dengan angka sebanyak 84 persen, kemudian Tokopedia (14 persen), Tik Tok Shop (10 persen), dan Lazada (6 persen).

Sementara itu, pada indikator TOM, urutan empat nama teratas tak berubah seperti pada indikator sebelumnya. Berdasarkan perspektif penjual, Shopee menduduki peringkat pertama dengan 67 persen diikuti Tokopedia 16 persen, Lazada dan TikTok berbagi pangsa 6 persen.

"Top of mind bisa meningkat dari beberapa aspek seperti komunikasi, masifnya kampanye kepada pelanggan, paparan yang ada di sekitar pelanggan. Top of mind itu merefleksikan perilaku pelanggan dalam belanja, kita akan memilih merek yang ada di benak kita," kata dia dikutip Antara, Senin (27/3/2023).

Dalam survei itu, Ipsos menggunakan metodologi survei daring yang dilakukan pada Februari 2023, dengan jumlah sampel 220 yang terdiri dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang memiliki bisnis di lokapasar digital di Jabodetabek, Semarang, Medan dan Makassar. Dari 220 responden itu, sekitar 67 persen adalah perempuan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk kriteria responden, Ipsos mensyaratkan penjual tidak harus hanya berjualan di salah satu platform, berusia 18 - 55 tahun dan sudah mulai aktif berjualan di lokapasar dalam tiga bulan terakhir.

Selain lokapasar pilihan penjual, survei juga menyoroti pendapat mereka mengenai manfaat menggunakan platform lokapasar. Hasilnya menunjukkan, sebanyak 84 persen penjual merasa berjualan di lokapasar membantu meningkatkan omzet penjualan, memperluas jangkauan pasar (72 persen), serta membantu menghemat biaya promosi yang dikeluarkan (69 persen).

Sebanyak 68 persen penjual merasa berjualan di lokapasar juga dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan. Menurut Andi, ketersediaan kanal atau saluran yang memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi menjadi penting karena bisa meningkatkan potensi pembelian produk.

"Kanal sangat penting untuk berkomunikasi mengenai produk-produk yang ingin mereka beli dan tanyakan lebih lanjut," ujar Andi.

Mengenai manfaat, sebanyak 45 persen penjual berpendapat berjualan di lokapasar dapat memberikan keamanan bertransaksi, merasa lebih unggul dari pesaing (37 persen), membuat ekspor lebih mudah (33 persen) dan menciptakan kesempatan kerja (30 persen).

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi

Tahun Ini, CSR CIMB Niaga Fokus pada Perbaikan Gizi
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kegiatan corporate social responsibility (CSR) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini akan fokus pada pengentasan gizi...


PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut

PT Timah Serahkan 3.000 Kakap ke Warga Sawang Laut
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Timah Tbk menyerahkan 3.000 ekor bibit kakap putih kepada warga Desa Sawang Laut Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau,...


Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI

Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Plus Buat Tenagai Laptop dengan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan teknologi Qualcomm secara resmi merilis dan mengumumkan chip terbaru mereka bernama Snapdrgon X Plus untuk berperfo...


Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun

Triwulan I 2024, BRI Salurkan Kredit UMKM Rp1.089,41 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Catur Budi Harto menyampaikan bahwa pembiayaan kredit untuk...