Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Tips Membuat Konten Pemasaran Vesri Zam Cosmetic

Posted by: 1453 viewer

Ini Tips Membuat Konten Pemasaran Vesri Zam Cosmetic
Co-founder Zam Cosmetic Tania Ray Mina/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Co-founder Zam Cosmetic Tania Ray Mina mengatakan konten pemasaran untuk sebuah merek harus mampu dikemas melalui strategi penceritaan (storytelling) sehingga konsumen merasa dekat dan terhubung dengan suatu produk.

“Saat kami memutuskan sebagai bisnis yang berfokus pada digital platform untuk berjualan, konten itu menjadi hal yang sangat penting di samping produknya memang harus memiliki kualitas,” ujar Tania saat diskusi virtual Muharram Marketing Festival 2021, Senin (30/8/2021).
 
Saat Zam Cosmetic pertama kali meluncur, lanjutnya, bisnisnya tak hanya berfokus pada kualitas produk tetapi juga menggarisbawahi cerita-cerita menarik di balik suatu produk.

Tania juga menyatakan, timnya tidak hanya melakukan sesi photoshoot untuk suatu produk tetapi juga membuat konten video yang berisi latar belakang cerita dan dikemas sedemikian rupa agar konsumen bisa merasa dekat dengan merek Zam.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Zam itu selalu mengangkat tema tertentu setiap bulannya yang relevan terhadap isu terkini. Sebagai contoh, waktu itu Zam pernah berbicara soal diversity atau keragaman,” ujarnya.

​Indonesia sendiri, kata saudara kandung aktris Zaskia Adya Mecca itu, memiliki banyak perbedaan, baik itu dari segi warna kulit, lokasi, hingga cara pandang setiap orang. 

"Mereka juga bisa menyatu dalam satu Indonesia hingga akhirnya merasa terhubung dengan suatu produk yang bisa mereka gunakan bersama-sama,” jelasnya.

Selain cerita tentang keragaman, Zam juga menampilkan cerita tentang pemberdayaan perempuan.

“Zam ini dilahirkan atas perempuan-perempuan remaja, ibu rumah tangga, atau perempuan karier, tapi semuanya bisa punya inisiatif untuk berkarya. Akhirnya kami juga menampilkan bagaimana perempuan ini bisa tetap berkarya walaupun mereka berada dalam life stages yang berbeda,” terangnya.

Selain fokus pada strategi storytelling, Zam Cosmetic juga memberi perhatian pada komunikasi suatu produk dengan mengedepankan sisi informasi dan berangkat dari kebutuhan masyarakat.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ia mencontohkan produk hand sanitizer yang dikeluarkan Zam Cosmetic tetap mengandung alkohol sebanyak 70 persen dan bukan menggunakan alkohol berbahan alami karena mengikuti rekomendasi WHO dan peneliti produk. 

Informasi tersebut menjadi bahan untuk mengolah konten pemasaran sekaligus memberi edukasi pada konsumen.

“Produk hand sanitizer bertebaran di mana-mana dan ada yang bilang lebih baik pakai alkohol yang natural. Tapi setelah kami cek dengan beberapa peneliti, mereka mengatakan itu tidak efektif. WHO juga belum memberikan rekomendasi untuk alkohol yang terbuat dari bahan-bahan alami,” jelasnya.

Begitu juga dengan produk Zam Cosmetic lainnya, seperti lip art dan eyeliner. Tania memilih untuk tidak terlalu memusingkan cerita di belakang suatu produk karena produk yang dikeluarkan berangkat dari kebutuhan di masyarakat.

“Untuk produk lip art, kami fokus terhadap kebutuhan orang-orang yang mengenakan masker namun tetap ingin terlihat segar dengan menggunakan lipstik yang tidak menempel ke masker,” tuturnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Revolusi Brand Digital: Menguasai Owned-Media untuk Hubungan Interaktif

Revolusi Brand Digital: Menguasai Owned-Media untuk Hubungan Interaktif
INFOBRAND.ID-Di tengah gempuran era digital, merek-merek besar kini beralih ke senjata pemasaran terampuh mereka: media milik (owned media). Dengan ke...


Melirik Perkembangan  Pionir Brand Metaverse di Indonesia

Melirik Perkembangan Pionir Brand Metaverse di Indonesia
INFOBRAND.ID-Konvergensi kehidupan nyata dengan realitas virtual kini tidak hanya sebatas pada dunia game, tapi berbagai sektor lain, termasuk bisnis...


Hansaplast Edukasi Penanganan Luka lewat First Aid Conference 2022

Hansaplast Edukasi Penanganan Luka lewat First Aid Conference 2022
INFOBRAND.ID-Hansaplast menyelenggarakan Hansaplast First Aid Conference 2022 yang dihadiri oleh 3.000 peserta secara online dan 500 peserta secara of...


Strategi Starbucks Hadirkan 2 Produk Kemasan Kaleng

Strategi Starbucks Hadirkan 2 Produk Kemasan Kaleng
INFOBRAND.ID- Belakangan ini, media sosial dihebohkan hadirnya Starbucks kemasan atau ready to drink yang dijual di minimarket. Berkolaborasi dengan P...