Senin, 22 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ini Tips Menjaga Stabilitas Keuangan dari Maybank Syariah

Posted by: 449 viewer

Ini Tips Menjaga Stabilitas Keuangan dari Maybank Syariah
Mybank Syariah/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA – Direktur Unit Usaha Syariah Maybank Indonesia, Romy Buchari, berbagi tips untuk mempersiapkan keuangan guna menghadapi berbagai risiko dan melindungi keluarga. 

Menurutnya, penting untuk tidak hanya fokus pada pengumpulan dana dan menabung, tetapi juga melindungi diri dan kekayaan melalui manajemen keuangan syariah yang mencakup lima pilar utama, termasuk Wealth Preservation.

Dia menambahkan, melalui manajemen keuangan syariah, masyarakat kini dapat mengakses produk perbankan yang sesuai dengan prinsip syariah untuk menjaga nilai aset dan melindungi diri serta keluarga, baik di dunia maupun setelah kita berpulang. 

IKLAN INFOBRAND.ID

"Ini membantu menjaga stabilitas keuangan keluarga dan mempersiapkan masa depan dengan lebih baik," kata dia dalam keterangan tertulisnya dikutip Kamis (4/7/2024).

Romy Buchari mengatakan setidaknya ada lima hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat soal mengatur finasial dari keluarga. Berikut lima tips untuk menjaga stabilitas keuangan keluarga:

Pertama, manajemen utang yang efektif dan bijaksana. Menghindari utang yang tidak diperlukan dan memastikan rasio cicilan terhadap pendapatan tidak melebihi 30%. Prioritaskan cicilan produktif dan selalu membayar utang tepat waktu untuk menjaga cash flow bulanan.

Kedua, menyisihkan penghasilan untuk dana darurat. Dana darurat berbeda dengan tabungan, ditujukan untuk kebutuhan mendesak di masa depan. Idealnya, dana darurat sebesar 3-6 kali pengeluaran rutin bulanan harus disiapkan sebelum berinvestasi.

Ketiga, melakukan diversifikasi portofolio dalam berinvestasi. Diversifikasi portofolio mengurangi risiko investasi. Menempatkan dana investasi pada berbagai instrumen syariah yang berbeda dapat memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan risiko.

IKLAN INFOBRAND.ID

Keempat, menyiapkan dana pensiun untuk hari tua sejahtera. Menyisihkan sebagian penghasilan sejak dini untuk dana pensiun. Pilih instrumen investasi syariah jangka panjang seperti reksa dana, obligasi syariah/sukuk, dan saham syariah.

Kelima, memilih asuransi jiwa dan kesehatan yang tepat. Asuransi syariah membantu meminimalkan risiko keuangan akibat kejadian tak terduga. Asuransi kesehatan menjaga keuangan tetap stabil saat sakit, sementara asuransi jiwa melindungi keuangan keluarga jika pencari nafkah meninggal dunia.

Adapun Maybank Indonesia melalui Unit Usaha Syariah (UUS) telah menghadirkan layanan Maybank Shariah Wealth Management (MySWM) di Indonesia. Layanan ini menawarkan solusi keuangan menyeluruh melalui lima pilar: wealth creation, wealth accumulation, wealth preservation, wealth purification, dan wealth distribution.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengikuti Keseruan di booth Astra Financial Sponsor GIIAS 2024

Mengikuti Keseruan di booth Astra Financial Sponsor GIIAS 2024
INFOBRAND.ID - Ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) memang menjadi salah satu pameran paling ditunggu-tunggu oleh...


Rayakan HUT ke-5, Beeme Gelar Beeme's Wonderland 5 Years of Magical Moments

Rayakan HUT ke-5, Beeme Gelar Beeme's Wonderland 5 Years of Magical Moments
INFOBRAND.ID - Beeme, brand skincare ibu dan bayi ternama, merayakan ulang tahun ke-5 dengan menghadirkan Beeme's Wonderland 5 Years of Magical Mo...


Beli Mobil Melalui SEVA di GIIAS 2024 Bisa Dapat Emas dan Motor 

Beli Mobil Melalui SEVA di GIIAS 2024 Bisa Dapat Emas dan Motor 
INFOBRAND.ID - SEVA kembali hadir mendukung GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang diselenggarakan pada 18-28 Juli 2024 di ICE,...


Astra Financial Dukung Peningkatan Literasi Keuangan di GIIAS 2024 Melalui Media Trivia 

Astra Financial Dukung Peningkatan Literasi Keuangan di GIIAS 2024 Melalui Media Trivia 
INFOBRAND.ID - Masih dalam rangkaian kegiatan GIIAS Jakarta,  Astra Financial mengajak insan jurnalis dalam agenda bertajuk Media Trivia dalam up...