Sabtu, 24 Februari 2024

Follow us:

infobrand

Inilah Jajaran Perusahaan dan Brand Peraih Top Digital PR Award 2023

Posted by: 1205 viewer

Inilah Jajaran Perusahaan dan Brand Peraih Top Digital PR Award 2023
Perusahaan dan Brand Peraih Top Digital PR Award 2023

INFOBRAND.ID-Perkembangan teknologi digital telah merasuk ke semua sendi kehidupan. Tak terkecuali pada aktivitas hubungan masyarakat (Humas) atau juga dikenal dengan istilah Public Relations (PR), kehadiran teknologi digital telah mengubah bagaimana cara dan tren berkomunikasi, terutama perusahaan dengan masyarakat atau publik.

Seiring perkembangan teknologi terkini, Humas atau PR telah bertransformasi ke arah digital, dimana aktivitasnya semakin mengandalkan media berbasis digital, seperti media siber, hingga media sosial. Di era digital yang semakin dinamis, praktisi PR tidak hanya dituntut mampu menguasai platform digital, tapi juga menjalankan aktivitas PR dengan lebih kreatif dan inovatif agar dapat menjalankan fungsinya dengan optimal.

Mengikuti perkembangan tersebut, INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia menghadirkan Top Digital Public Relations Award 2023, sebagai apresiasi dan pengakuan khusus kepada perusahaan dan brand yang sukses dalam memanfaatkan platform digital untuk berkomunikasi, menjalin engagement dengan publik untuk menciptakan persepsi dan citra positif terhadap brand dan perusahaan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengungkapkan, fungsi utama humas adalah membantu organisasi, perusahaan maupun brand agar selalu mempunyai hubungan harmonis dengan publik atau masyarakat melalui kegiatan komunikasi. Sementara, di era digital aktivitas PR dihadapkan pada tantangan dimana informasi menyebar dengan sangat cepat, tidak hanya melalui media massa, tapi juga melalui media sosial.

Melalui penghargaan Top Digital Public Relations Award 2023, INFOBRAND.ID ingin mendorong perusahaan melalui Digital PR-nya mampu memaksimalkan peran social media, media digital, website dalam aktivitas PR. Mendorong pertumbuhan brand dan perusahaan melalui pendekatan Digital PR secara efektif dan efisien. Serta mengapresiasi perusahaan dan brand yang telah berhasil memanfaatkan secara maksimal Digital Public Relations.

“Penghargaan ini merupakan bukti keberhasilan perusahaan dan brand dalam menciptakan persepsi positif perusahaan dan brand, yang diharapkan dapat memicu kreatifitas dan inovasi divisi Public Relations untuk semakin menguatkan strategi komunikasi mereka kepada konsumennya,” jelas Susilowati Ningsih, dalam konferensi pers, yang digelar dalam penyelenggaraan INFOBRAND PUBLIC RELATIONS FORUM 2023, di The Sultan Hotel, Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Sementara itu, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menambahkan, Top Digital Public Relations Award 2023 diberikan secara khusus kepada perusahaan emiten dan non emiten, serta brand-brand yang ada di Indonesia. Untuk Perusahaan emiten dan non emiten, Riset Digital PR Index dilakukan pada bulan November 2022 – Januari 2023, dengan metode desk research terhadap 811 perusahaan emiten dan 500-an perusahaan non emiten dari berbagai industri, dengan menggunakan tiga  parameter penilaian yaitu; Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.

Dari riset yang dilakukan, terungkap total ulasan perusahaan emiten dan non emiten di halaman internet mencapai 20,5 juta ulasan. Kemudian total rata-rata perusahaan emiten dan non emiten yang dicari pengguna internet ada 6,7 juta pencarian per bulan. Selanjutnya, total pemberitaan perusahaan emiten dan non emiten di media digital mencapai 4,9 juta pemberitaan. Dan total pengunjung website perusahaan emiten dan non emiten dalam rata-rata bulanan mencapai 1,6 miliar pengunjung.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara, untuk Brand, penghargaan ini diberikan kepada Brand-brand terpilih di kategori produk tertentu berdasarkan Riset Digital PR Index yang dilakukan pada bulan November 2022 – Januari 2023, dengan total brand terriset lebih dari 1.000 brand dari 140 kategori brand terriset di Indonesia, dengan menggunakan tiga parameter penilaian yaitu; Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect.

Total pemberitaan brand terriset ada 3,7 juta pemberitaaan. Total pengikut halaman facebook brand terriset ada 2,8 miliar pengikut. Total subcriber YouTube brand terriset mencapai 57,1 juta subcriber. Dan total followers instagram brand terriset mencapai 60 miliar followers.

Sementara jika dilihat berdasarkan kategori, 5 kategori produk dengan pengikut halaman facebook adalah; Smartphone memiliki 251,6 juta pengikut, Produk Perawatan Wajah memiliki 248,3 juta pengikut, Pelembab Wajah memiliki 246,2 pengikut, Air Purifier memiiki 220,4 pengikut, dan Mesin Cuci memiliki 217,4 pengikut.

Sementara, 5 kategori produk dengan followers instragram terbanyak adalah; Marketplace dengan 23,6 juta followers, Smartphone dengan 8,9 juta followers, Jeans dengan 8,2 juta followers, Minimarket dengan 7,4 juta followers, dan Fasfood dengan 7,2 juta followers. Dan 5 kategori produk/jasa dengan pemberitaan terbanyak adalah; Kategori Fastfood dengan 336,8 ribu pemberitaan, Marketplace dengan 330,9 ribu pemberitaan, Multiplatform TV Cable dengan 308,7 ribu pemberitaan, Kategori Mobil dengan 201,4 ribu pemberitaan, dan Kosmetik dengan 187,2 ribu pemberitaan.

Selanjutnya, perusahaan emiten dan non emiten peraih Top Digital Public Relations Award 2023 antara lain; PT Toyota Astra Financial Services, PT Erajaya Swasembada Tbk, PT Alam Sutera Realty Tbk, PT Bank Capital Indonesia Tbk, PT PP Presisi Tbk, PT Nusantara Infrastructure Tbk, PT Paiton Energy, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, PT Sampoerna Agro Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT CIMB Niaga Auto Finance.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dan Brand-brand peraih Top Digital Public Relations Award 2023 antara lain; SASA untuk kategori Santan Siap Pakai, Kopi Kenangan (Kedai Kopi Kekinian), Nolan (Helm), Tekiro (Tools), KFC (Fast Food), JNE (Jasa Pengiriman), My Republic (Penyedia Layanan Internet), Allianz (Asuransi), Pigeon (Produk perawatan Bayi), Federal Oil (Pelumas), Safe Care (Minyak angin aroma terapi), Antis (Hand Sanitizer), Plossa (Minyak angin aroma terapi), Inoac (Kasur busa), Pegadaian (Gadai), Venus (Bedak wajah) dan Toyota (Mobil).

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2024

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan Indonesia Top Digital PR Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA -  InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 4th Indonesia T...


Pegadaian Kembali Raih Penghargaan Indonesia Brand Champions 2024

Pegadaian Kembali Raih Penghargaan Indonesia Brand Champions 2024
INFOBRAND.ID-PT Pegadaian komitmen pada strategi transformasi produk dan layanan. Komitmen itu pun akhirnya berbuah hasil manis. Salah satu hasil d...


Awal Tahun 2024, JNE Raih Penghargaan Indonesia Brand Champions

Awal Tahun 2024, JNE Raih Penghargaan Indonesia Brand Champions
INFOBRAND.ID-JNE mengawali 2024 dengan menorehkan prestasi. Kali ini JNE meraih  penghargaan yaitu Indonesia Brand Champion 2024 . Acara yang dii...


Perkuat Layanan Mobile, BAF Raih Indonesia Brand Champions 2024

Perkuat Layanan Mobile, BAF Raih Indonesia Brand Champions 2024
INFOBRAND.ID-PT Bussan Auto Finance (BAF) merupakan perusahaan layanan keuangan terkemuka di Indonesia yang menyediakan solusi pembiayaan untuk berbag...