Selasa, 13 April 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Innova dan Avanza Paling Diminati di Pasar Mobil Bekas

Posted by: 19-03-2021 10:29 WIB 233 viewer

Innova dan Avanza Paling Diminati di Pasar Mobil Bekas
Layanan inspeksi mobil di Carsome Inspection Point Kemang. (Foto: Carsome)

JAKARTA - Mobil MPV yang ramah keluarga ternyata masih jadi minat utama pasar. Berdasarkan Carsome Insights 2020, Toyota Innova dan Toyota Avanza yang masih merajai Top 5 merek mobil bekas paling populer di 2020. Posisi Top 5 ini diduduki oleh mobil bekas merek Toyota Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda CR-V dan Honda Jazz.

Laporan tersebut cukup menarik karena di 2019, Toyota Avanza berada di peringkat teratas mendahului Toyota Innova. Sedangkan Honda Mobilio dan Daihatsu Agya kini berhasil tergeser dari posisi keempat dan kelima, digantikan oleh Honda CR-V dan Honda Jazz.

Perbedaan umur mobil yang laris terjual sepanjang 2019 dan 2020 berdasarkan data Carsome ternyata cukup signifikan. Pada 2019, mobil bekas yang dominan laku terjual lewat Carsome adalah mobil berumur 2 sampai 5 tahun. Sedangkan di 2020, justru mobil berusia 6 sampai 8 tahun lah yang lebih laku terjual ke Carsome. Miringnya perbedaan umur mobil bekas terjual ini dapat disebabkan oleh pandemi Covid-19 di awal 2020 yang menuntut masyarakat untuk tetap menjaga kestabilan cash flow.

IKLAN INFOBRAND.ID

Delly Nugraha, selaku General Manager Carsome Indonesia menyatakan jika dibandingkan dengan sebelum PSBB, hasil Carsome Consumer Survey kita memang menunjukkan jumlah orang Indonesia yang ingin menjual mobilnya di masa setelah PSBB ini meningkat sebesar 52 persen. Pihaknya memprediksi konsumen ingin meremajakan mobil mereka.

Memasuki 2021, perkiraan tren industri otomotif mobil bekas masih menjadi topik pembahasan. Kehadiran pandemi Covid-19 pun tentunya menjadi salah satu faktor besar yang menentukan apakah tren musim kemarin dapat tetap bertahan di 2021. Dengan adanya perubahan gaya hidup, masyarakat cenderung untuk beralih ke kendaraan pribadi dan tidak menggunakan transportasi umum agar tidak tertular virus Corona.

IKLAN INFOBRAND.ID

Kendaraan jenis MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia ataupun Nissan Livina mulai mengimbangi penjualan dari Compact SUV seperti Mazda CX3, Mazda CX5, Honda HR-V, dan Toyota Innova. Pergeseran ini terjadi karena penggunaan transportasi umum berkurang dan masyarakat butuh kendaraan yang dapat menampung muatan lebih banyak untuk membawa keluarga mereka.

“Penjualan kendaraan mobil bekas yang populer di antara dealer mobil bekas juga masih dipegang oleh Toyota di urutan pertama lalu diikuti Honda dan Daihatsu, kemudian Suzuki,” jelas Delly, dalam keterangan media, Jumat (19/3/2021).  

IKLAN INFOBRAND.ID

Di sisi lain, pemerintah juga telah menerapkan insentif pajak PPnBM 0 persen per Maret ini untuk mobil penumpang 4x2 berkapasitas mesin dibawah 1.500 cc, termasuk sedan, yang kandungan lokalnya mencapai 70 persen. Tentunya hal ini bisa memberikan dampak pada perkembangan tren mobil bekas pada 2021 ini, mengingat mobil yang tercakup dalam kebijakan ini hanya beberapa saja. Carsome menilai bahwa tren yang akan terjadi di 2021 akan terjadi beberapa perubahan. Akan ada banyak orang yang menjual mobil lama mereka dan memutuskan membeli mobil baru karena harga yang lebih terjangkau.

Industri mobil bekas pun akan semakin mendapat pasokan yang sehat, dan konsumen akan memiliki lebih banyak pilihan. Pemilik mobil baru, yaitu mobil keluaran tahun 2018-2020, yang mencari upgrade baru lebih murah juga akan ikut menjual mobil mereka saat ini. Maka akan ada peningkatan jumlah mobil "lebih muda" di kumpulan pasokan. Jika harga mobil baru lebih terjangkau, harga mobil bekas juga akan jauh lebih terjangkau untuk pasar yang lebih besar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ketika membahas soal prediksi tipe dan merek mobil yang akan menjadi high-demand selama 2021 ini, Delly Nugraha menyatakan, “Prediksi kami tidak terlalu berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu MPV compact & merek Jepang seperti Toyota, Honda, dan Nissan. Konsumen juga cenderung memilih mobil dengan usia muda sekitar 3-5 tahun. Laporan Inventure terbaru juga ditemukan bahwa 75,1% responden menginginkan fitur mobil yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi virus yaitu mencakupi sirkulasi udara yang lebih baik, jarak antar kursi, dan sistem sanitasi.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Membangun Pondasi Bisnis Kuliner yang Paling Moncer

Membangun Pondasi Bisnis Kuliner yang Paling Moncer
JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 telah mempengaruhi banyak aspek dalam pengelolaan usaha, terutama bagi para pengusaha UMKM. Pen...


Dorong Sektor Properti dengan Pemasaran Aset Bank

Dorong Sektor Properti dengan Pemasaran Aset Bank
JAKARTA - Sejak pandemi COVID-19 merebak di Indonesia awal kuartal 2020 kemarin, perekonomian nasional turut terkena dampak negatif yang menurunkan pe...


Innova dan Avanza Paling Diminati di Pasar Mobil Bekas

Innova dan Avanza Paling Diminati di Pasar Mobil Bekas
JAKARTA - Mobil MPV yang ramah keluarga ternyata masih jadi minat utama pasar. Berdasarkan Carsome Insights 2020, Toyota Innova dan Toyota Avanza yang...


Kategori Kecantikan dan Riasan Tumbuh Positif Pasca Pandemi

Kategori Kecantikan dan Riasan Tumbuh Positif Pasca Pandemi
JAKARTA - Industri FMCG di Indonesia telah mengalami penurunan yang stabil pada tahun 2020. Sesuai dengan NielsenIQ Indonesia Beauty Report Segmen kec...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS








Index
Elnusa