Rabu, 03 Juni 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Inovasi dan Adaptasi, Cara Ampuh Meningkatkan Sales Produk

Posted by: 30-03-2020 15:01 WIB 494 viewer

Inovasi dan Adaptasi, Cara Ampuh Meningkatkan Sales Produk
Dedy Budiman, Ketua Dewan Pembina Asosiasi Guru Marketing Indonesia

Kesuksesan adalah adaptasi dengan perubahan yang ada dan terus melakukan inovasi, jika tidak bisa beradaptasi dan berinovasi maka sudah dipastikan mereka akan gagal. Seperti halnya dalam hal digital, sebuah produk dan salesman harus mampu menjual secara offline dan online. Tentu kualitas produk menjadi kuncinya, maka Perusahaan/ brand harus dapat membangun image yang jelas dan target yang spesifik, karena semakin generalis sebuah produk semakin sulit diterima masyarakat dan persaingan akan semakin ketat (red ocean). Hal itu diungkapkan oleh Dedy Budiman selaku Ketua Dewan Pembina Asosiasi Guru Marketing Indonesia.

“Menurut saya saat ini strategi marketing terbaik adalah Hybrid Marketing. Hybrid berarti menggarap offline dan online sekaligus, karena saat ini kita tidak bisa hanya menggarap market online ataupun offline tapi harus digarap keduanya secara bersamaan,” katanya kepada INFOBRAND. ID.

Dedy menjelaskan untuk menjadi Brand Sales Champion maka brand tersebut jangan hanya hard selling tetapi menjalin hubungan dan ikatan dengan pelanggannya. Selanjutnya melakukan digital activation yang ideal yakni melibatkan kegiatan offline dan online (hybrid). Dalam hal digital promotion strategy nya adalah dengan membuat konten yang menarik dan sesuai dengan karakteristik dari pelanggan yang di sasar oleh brand.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Di sosial media brand harus membuat konten yang menarik, sehingga menambah wawasan dan meningkatkan engagement kepada costumer. Kemudian jangan melakukan Hard Selling dan hanya promosi produk di sosial media, Andaipun mau promosi bobotnya adalah 80 : 20, 80 % : konten yang berguna dan bermanfaat, 20 % : konten jualan,” ujarnya.

Menghadapi tahun 2020 tentu bagi para pelaku brand harus optimis, tanpa rasa optimis maka semua akan terlihat sulit. Andaipun ada permasalahan, anggaplah ini sebagai sebuah tantangan yang akan meningkatkan adrenalin Anda utk bersaing dan sukses. Selanjutnya lakukan inovasi dan upgrade SDM yang Anda miliki untuk sukses dalam menghadapi persaingan.

Adapun yang harus disiapkan para sales di tahun 2020 adalah PAKSI yang merupakan akronim dari Passion, Attitude, Knowledge, Skills. Miliki Passion yang tinggi dalam menjual Perbaiki Attitude, perluas Knowledge dan tingkatkan Skills yang Anda miliki.

“PAKSI juga digambarkan burung Garuda. Jadi hadapilah tahun 2020 seperti burung Garuda yang terbang semakin tinggi, angin kencang tidak membuatnya mundur tapi membuatnya semakin terbang tinggi. Saya doakan setiap Anda yang membaca artikel ini semakin sukses dalam menjual di tahun 2020,” tuturnya.

Potensi profesi Sales Trainer menurutnya masih sangat besar, karena setiap perusahaan di Indonesia pasti punya team sales, dan setiap sales perlu di edukasi. Adapun kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas seorang sales adalah mereka harus mendapatkan training yang tepat, sebagian besar perusahaan selama ini hanya memberikan training produk dan lupa dengan training cara menjualnya bagaimana.

Walau demikian tentu ada saja batu sandungan bagi para sales diantaranya tidak ada kebanggaan terhadap profesinya sehingga membuatnya tidak PD dan mudah menyerah. Hal fatal adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan menjual yang mendukung. Solusinya jelaskan kepada setiap orang sales bahwa profesi sales adalah profesi terhormat yang menentukan hidup dan matinya perusahaan sehingga mereka lebih percaya diri.[]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Covid 19 dan Transformasi Saluran Pembelian Online

Covid 19 dan Transformasi Saluran Pembelian Online
Terjadinya penurunan penjualan drastis di semua pelaku bisnis saat ini, membuat pengusaha khawatir dan gusar akan masa depan bisnisnya, ketakutan akan...


Pandemi Covid-19 : Masihkah Konsumen Setia pada Merek?

Pandemi Covid-19 : Masihkah Konsumen Setia pada Merek?
Kesetiaan merek adalah sikap konsumen dalam memilih dan membeli merek produk tertentu yang disenangi serta konsisten terhadap merek tersebut dibanding...


Memprediksi Perubahan Perilaku Konsumen di New Normal

Memprediksi Perubahan Perilaku Konsumen di New Normal
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Dampak dari wabah covid-19 secara mendalam akan membentuk stay @ home lifestyle yang bakal menjadi kenormalan baru atau...


Dampak Virus Corona, Pelaku Bisnis Dipaksa Go Digital

Dampak Virus Corona, Pelaku Bisnis Dipaksa Go Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Ketidakpastian kapan wabah virus corona atau covid-19 akan berakhir membuat para pelaku bisnis banyak yang beralih ke ra...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index