Senin, 22 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Inovasi dengan AI, Return Sinarmas Asset Management Tembus 20 Persen Setahun

Posted by: 325 viewer

Inovasi dengan AI, Return Sinarmas Asset Management Tembus 20 Persen Setahun
Sinarmas Asset Management/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Sinarmas Asset Management (Sinarmas Asset Management) membuat inovasi dengan menjadi manajer investasi pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan perusahaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dari Kanada sehingga mampu hasilkan return 20,4 persen.

Dari hasil kolaborasi ini, Reksa Dana Danamas Saham mampu memberikan tingkat return aktual yang tinggi, yaitu sebesar 20,40 persen pada Mei 2024 secara tahunan (year on year/yoy), di tengah pelemahan indeks LQ45 sebesar -8,24 persen dan IDX30 -12,61 persen.

Chief Investment Officer Sinarmas Asset Management Genta Wira Anjalu mengatakan, pihaknya menjadi pelopor penggunaan AI untuk pengelolaan dana di Indonesia, di mana saat ini sedang dalam proses pendaftaran Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk teknik-teknik atau formula-formula investasi yang ketika diproses oleh teknologi AI.

IKLAN INFOBRAND.ID

"Telah terbukti menghasilkan return yang baik dengan tingkat resiko yang terukur," kata dia dalam keterangan resminya dikutip Senin (8/7/2024).

Selain itu, jika dilakukan backtesting yang lebih panjang, performa return yang dihasilkan dari tanggal 31 Desember 2012 hingga tanggal 21 Juni 2024 adalah sebesar 997,6 persen, jauh mengalahkan Indeks LQ45 yang hanya sebesar 17,9 persen.

Jika disetahunkan, return dari model AI ini mencapai 23 persen, sedangkan return LQ45 yang disetahunkan hanya 1,4 persen.

Genta mengatakan, dari 1.335 prediksi yang dilakukan oleh AI dalam model ini, sebanyak 687 prediksi terbukti akurat. Dengan rasio akurasi prediksi sebesar 51,4 persen, model AI ini mampu menghasilkan return yang optimal.

Genta menyatakan bahwa saat ini Sinarmas Asset Management sedang mendaftarkan teknik penggunaan AI dan ”secret sauce” milik mereka terkait pengelolaan investasi, yang disebut sebagai Simas Quantamental (kolaborasi manusia dan mesin).

IKLAN INFOBRAND.ID

Oleh karena itu, berharap dalam waktu dekat hal ini akan segera selesai dilaksanakan (pendaftaran HAKI). Selain itu, saya juga melihat potensi penggunaan AI dalam pengelolaan reksa dana lainnya seperti reksa dana pendapatan tetap untuk mencetak return maksimal.”

"Langkah investasi Sinarmas Asset Management dengan bekerjasama dengan perusahaan pencipta AI diharapkan menjadi terobosan menarik bagi industri secara keseluruhan, serta menciptakan catatan kinerja yang baik. Meskipun biaya investasi teknologi AI cukup tinggi, kami meyakini hasilnya sangat sebanding," tambah Genta.

Lebih lanjut, Genta menjelaskan di sejumlah negara maju, sebagian besar manajer investasi pun telah mengadopsi penggunaan AI. Sementara itu di dalam negeri, penggunaan AI pada produk investasi khususnya reksa dana masih belum umum diterapkan mengingat mahalnya investasi pada teknologi AI.

Tapi ia meyakini bahwa Quantamental Fund Manager menjadi era baru dan masa depan investasi di Indonesia.

Adapun PT Sinarmas Asset Management merupakan perusahaan manajer investasi di industri manajemen aset Indonesia dengan dana kelolaan per 30 April 2024 sebesar kurang lebih Rp58 Triliun.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengikuti Keseruan di booth Astra Financial Sponsor GIIAS 2024

Mengikuti Keseruan di booth Astra Financial Sponsor GIIAS 2024
INFOBRAND.ID - Ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) memang menjadi salah satu pameran paling ditunggu-tunggu oleh...


Rayakan HUT ke-5, Beeme Gelar Beeme's Wonderland 5 Years of Magical Moments

Rayakan HUT ke-5, Beeme Gelar Beeme's Wonderland 5 Years of Magical Moments
INFOBRAND.ID - Beeme, brand skincare ibu dan bayi ternama, merayakan ulang tahun ke-5 dengan menghadirkan Beeme's Wonderland 5 Years of Magical Mo...


Beli Mobil Melalui SEVA di GIIAS 2024 Bisa Dapat Emas dan Motor 

Beli Mobil Melalui SEVA di GIIAS 2024 Bisa Dapat Emas dan Motor 
INFOBRAND.ID - SEVA kembali hadir mendukung GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang diselenggarakan pada 18-28 Juli 2024 di ICE,...


Astra Financial Dukung Peningkatan Literasi Keuangan di GIIAS 2024 Melalui Media Trivia 

Astra Financial Dukung Peningkatan Literasi Keuangan di GIIAS 2024 Melalui Media Trivia 
INFOBRAND.ID - Masih dalam rangkaian kegiatan GIIAS Jakarta,  Astra Financial mengajak insan jurnalis dalam agenda bertajuk Media Trivia dalam up...