Indonesia dikenal sebagai negara tropis dengan potensi perubahan cuaca yang cukup cepat. Curah hujan tinggi yang bisa terjadi pada sepanjang tahun memungkinkan situasi iklam berganti dalam hitungan jam. Kondisi demikian tentu saja menuntut setiap insan untuk tetap berada dalam kondisi terbaik.
Menangkap peluang tersebut, PT Ultra Sakti menghadirkan terobosan berupa produk kesehatan dengan merek dagang Freshcare. Maha karya dari perusahaan farmasi yang mulai berbisnis sejak 1977 itu dipercaya dapat menjadi jawaban untuk mempertahankan kebugaran tubuh secara prima.
Melalui selogan “Halal dan Hangatnya Bikin Fresh”, brand ini menghadirkan solusi untuk meringankan pusing, sakit kepala, perut kembung, masuk angin, mabuk perjalanan, gejala flu, pegal-pegal, dan gatal akibat gigitan seranggga.
Sales and Marketing Director PT Ultra Sakti Diana Christy bertutur bahwa pihaknya membawa pendekatan yang cukup berbeda kepada masyarakat melalui produk Freshcare.
“Pada zaman sekarang penggunaan minyak angin sudah dianggap ketinggalan zaman. Terlebih, kesan ‘orang tua banget’ sangat melekat pada minyak angin. Meskipun begitu, masyarakat Indonesia sangat menyukai khasiat dari minyak angin ini. Melalui serangkaian inovasi, PT Ultra Sakti menghadirkan Freshcare sebagai pendobrak stigma tersebut. Kemasan botol roll on yang moderen serta formula aromatherapy yang menyegarkan menjadi cara kami merebut hati konsumen,” ujarnya di Jakarta, Jumat (22/11).
Terobosan tersebut sejatinya menjadi pembeda Freshcare dalam memenangkan kompetisi untuk produk sejenis di pasaran. Hasilnya, bisa ditebak. Freshcare menjadi pemimpin pasar minyak angin roll on dengan share market mencapai 50%.
“Di Perusahaan kami, Inovasi dilakukan secara berkesinambungan. Itulah alasan mengapa brand kami mempunyai keunggulan kualitas di masyarakat. Untuk Freshcare sendiri sampai saat ini sudah hadir dalam delapan varian produk,” imbuhnya.
Dari sisi legalitas, Freshcare disebut Diana telah mengantongi sejumlah izin resmi dari instansi terkait. Sertifikat Halal MUI, sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB ) dan sertitikat Cara pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dari Badan POM menjadi pedoman PT Ultra Sakti dalam berkegiatan produksi.
Guna melengkapi strategi bisnis, brand ini juga telah disiarkan secara luas kepada khalayak melalui beragam saluran, seperti televisi, media luar ruang, media digital, dan promosi-promosi pada jaringan distribusi perusahaan.
“Khusus ranah maya, kami membangun pondasi digital yang cukup kuat pada sosial media resmi perusahaan. Tujuannya, untuk meningkatkan engagement terhadap konsumen. Selain itu, kami turut pula memanfaatkan market place besar di Tanah Air untuk bisa memperbesar penetrasi produk di pasaran. Jadi, konsumen bisa lebih mudah mendapatkan produk terbaik kami lewat Tokopedia, Shopee, dan Lazada,” ungkap dia.
Langkah strategis yang diterapkan PT Ultra Sakti terhadap Freshcare membawa brand ini menuai pujian luas. Prestasi tersebut dibuktikan Freshcare dengan menggondol sejumlah penghargaan bergengsi, seperti Top Brand 2012-2019, Indonesia Best Brand Award 2015-2018, Indonesia Original Brand 2015/2019, dan Super Brand 2013/2014.
Tidak berhenti sampai disitu, Freshcare juga melengkapi etalase prestasinya dengan apresiasi Halal Awards 2017, 500 Brands Champion, dan Digital Popular Brand 2017-2018. Terbaru, PT Ultra Sakti tengah menyiapkan siasat khusus guna melebarkan sayap kesuksesannya di pasar mancanegara.
“Tahun ini kami sedang proses menuju ekspansi pasar ekspor. Dengan bekal mutu berkualitas dan inovasi yang tiada henti, kami yakin produk kami akan menuai sukses baik di dalam negeri maupun di luar negari,” tutup Diana.