Senin, 22 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Inovasi Pelayanan, BPJS Kesehatan Luncurkan FRISTA

Posted by: 301 viewer

Inovasi Pelayanan, BPJS Kesehatan Luncurkan FRISTA
BPJS Kesehatan luncurkan FRISTA/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - BPJS Kesehatan resmi meluncurkan Face Recognition BPJS Kesehatan (FRISTA), sebuah teknologi identifikasi dan autentifikasi menggunakan sistem pengenalan wajah yang dinilai dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi layanan.   

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti menyatakan, teknologi itu memiliki potensi besar dalam memastikan bahwa hanya peserta yang berhak yang dapat mengakses layanan JKN. Menurut Ghufron, upaya tersebut juga merupakan langkah besar dalam mencegah penipuan dan penyalahgunaan identitas.         

"Dengan teknologi ini proses verifikasi identitas peserta akan menjadi lebih cepat dan akurat, sehingga mampu mengurangi antrean dan meminimalisir kesalahan," kata dia di Jakarta, Senin (8/7/2024).  

IKLAN INFOBRAND.ID

Menurut Ghufron lagi, teknologi yang digunakan pada FRISTA mampu mengenali wajah baik pada foto, video, maupun secara langsung dan dengan akurasi yang tinggi.

"FRISTA memungkinkan penerapan identitas unik menggunakan KTP Elektronik sebagai alternatif Kartu JKN dalam melakukan verifikasi dan validasi eligibilitas peserta," tambahnya.

Selain itu, masih menurut Ghufron, hal tersebut akan meningkatkan validitas dan kualitas data peserta sesuai kepemilikan NIK pada KTP Elektronik serta memanfaatkan elemen data foto dari Dukcapil sebagai dasar validasi pada implementasi teknologi pengenalan wajah.

Ya, selain mempermudah verifikasi, ujarnya, penerapan teknologi tersebut dinilai mampu memperluas akses layanan kesehatan, sehingga lebih inklusif.
​​​​​
"Inisiatif ini mendapat dukungan penuh dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri," jelasnya.

​​​​​​Ghufron menambahkan, implementasi FRISTA akan dilakukan secara nasional pada layanan JKN, memastikan bahwa setiap peserta di seluruh Indonesia dapat merasakan manfaat dari teknologi terbaru ini. Dia menyebut bahwa BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik bagi seluruh peserta JKN.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk itu, Ghufron berharap langkah inovatif tersebut dapat menjawab tantangan yang selama ini dihadapi dalam sistem pelayanan kesehatan dengan lebih baik, serta dapat menjadi inspirasi bagi sektor-sektor lain dalam meningkatkan kualitas layanan publik di Indonesia.

"BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia," tegasnya.

Dikatakan Ghufron lagi, inovasi ini tidak hanya diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan JKN, tetapi juga menjadi langkah maju dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sehat dan berdaya saing di kancah internasional.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengikuti Keseruan di booth Astra Financial Sponsor GIIAS 2024

Mengikuti Keseruan di booth Astra Financial Sponsor GIIAS 2024
INFOBRAND.ID - Ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) memang menjadi salah satu pameran paling ditunggu-tunggu oleh...


Beli Mobil Melalui SEVA di GIIAS 2024 Bisa Dapat Emas dan Motor 

Beli Mobil Melalui SEVA di GIIAS 2024 Bisa Dapat Emas dan Motor 
INFOBRAND.ID - SEVA kembali hadir mendukung GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang diselenggarakan pada 18-28 Juli 2024 di ICE,...


Astra Financial Dukung Peningkatan Literasi Keuangan di GIIAS 2024 Melalui Media Trivia 

Astra Financial Dukung Peningkatan Literasi Keuangan di GIIAS 2024 Melalui Media Trivia 
INFOBRAND.ID - Masih dalam rangkaian kegiatan GIIAS Jakarta,  Astra Financial mengajak insan jurnalis dalam agenda bertajuk Media Trivia dalam up...


Yayasan WINGS Peduli Kolaborasi bersama SMKN 8 Bandung Wujudkan SDM Siap Kerja

Yayasan WINGS Peduli Kolaborasi bersama SMKN 8 Bandung Wujudkan SDM Siap Kerja
INFOBRAND.ID - Lulusan vokasi di Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan, termasuk minimnya tingkat penyerapan mereka di pasar kerja. Menurut su...