INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di Tengah perubahan yang terjadi saat ini membuat kebutuhan masyarakat pun ikut berubah. Di tengah perubahan yang ada, inovasi tepat guna menjadi kunci untuk menciptakan solusi yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia sekaligis Chairman Indonesia Brand Community (IB) mengungkapkan, untuk menciptakan inovasi yang tepat guna, perusahaan atau brand harus memahami apa yang dibutuhkan pasar.
"Kita perlu memahami kebutuhan pasar atau masyarakat secara mendalam. Ini melibatkan bagaimana cara kita mendengarkan, berempati, dan secara aktif terlibat dengan komunitas-komunitas yang kita hadiri," kata dia.
Selanjutnya, kata Tri Raharjo lagi, perusahaan atau brand perlu melibatkan kolaborasi lintas sektor. Menggabungkan berbagai perspektif dan keahlian dari berbagai bidang dapat menghasilkan solusi-solusi yang lebih holistik dan berkelanjutan.
"Inovasi yang tepat guna juga membutuhkan keberanian untuk mengambil risiko dan belajar dari kegagalan," ujarnya lagi.
Pasalnya, kata dia, proses menciptakan sesuatu yang baru seringkali tidak mulus, tetapi setiap kegagalan adalah pelajaran berharga untuk memperbaiki dan mengembangkan ide-ide kita.
"Yang terpenting, inovasi yang tepat guna harus berpusat pada nilai-nilai kemanusiaan. Produk-produk dan layanan-layanan yang kita ciptakan harus memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat, memperbaiki kualitas hidup mereka, dan meningkatkan inklusi sosial," paparnya lagi.
Oleh karena itu, lanjut Tri Raharjo, di era saat ini diperlukan berkolaborasi menciptakan inovasi yang membangun, yang membawa perubahan positif bagi masyarakat kita. Dengan kreativitas, kolaborasi, dan komitmen, maka akan membawa perusahaan atau brand ke arah yang lebih baik.