Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Jajaran Brand Populer di Ranah Digital Selama Lima Tahun Berturut-Turut

Posted by: 1796 viewer

Jajaran Brand Populer di Ranah Digital Selama Lima Tahun Berturut-Turut
Para peraih Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award

INFOBRAND.ID  Pentingnya popularitas brand di ranah digital semakin disadari oleh pelaku brand dan bisnis di Indonesia. Terbukti, seiring perkembangan teknologi digital, pelaku brand dan bisnis berlomba-lomba memanfaatkan platform digital, seperti media online, media sosial, dan website, untuk mendongkrak bahkan mempertahankan popularitasnya di ranah digital.

Hadirnya brand-brand populer dan sukses mempertahankan eksistensinya di ranah digital, INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, menghadirkan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 2022, sebagai apresiasi spesial dan penghargaan bergengsi bagi brand-brand yang berhasil menjaga konsistensinya dalam meraih Indonesia Digital Popular Brand Award selama lima tahun berturut-turut.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID mengungkapkan, Indonesia Digital Popular Brand Award sendiri, telah digelar sejak tahun 2015, dan hingga tahun 2022 telah diselenggarakan sebanyak 29 kali. Penghargaan tersebut bertujuan untuk memberikan pemeringkatan pada brand-brand di Indonesia yang telah berhasil meningkatkan dan mempertahankan popularitas brand-nya di era digital. Serta memberikan apresiasi kepada brand-brand yang telah berhasil meraih Digital Popular Brand di mata konsumen, terutama netizen. Dengan demikian memudahkan para netizen dalam menentukan pilihan terhadap brand yang akan dibeli.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selanjutnya bagi brand-brand yang telah sukses mempertahankan popularitasnya di ranah digital selama lima tahun berturut-turut, kami berikan penghargaan secara khusus, Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award ini,ungkap Susilowati Ningsih, dalam sesi press conference Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 2022, di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (18/1/2022).

Adapun beberapa brand yang berhasil meraih Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 2022, diantaranya; CAMPINA untuk kategori Ice Cream, McDonalds untuk kategori Resto Fried Chicken, ARTCO kategori Gerobak Dorong, PRENAGEN kategori Susu Ibu Hamil, ETERNA untuk kategori Kabel Listrik, BETADINE untuk kategori Obat Luka, dan YKK AP untuk kategori Kusen Alumunium.

Perwakilan brand peraih Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 2022, dalam press conference, mengungkapkan strategi yang dijalankan dalam membangun serta mempertahankan popularitas di ranah digital, di antaranya memanfaatkan media sosial untuk mengedukasi market tentang produk yang dimiliki, mutu, kualitas, manfaat, hingga keunggulan yang dimiliki sebuah brand.

Menariknya, beberapa brand, seperti Betadine, Artco, dan YKK AP merupakan kategori produk non consumer goods, dan merupakan brand-brand lama yang telah berusia lebih dari 30 tahun. Brand-brand tersebut memanfaatkan media sosial untuk mempertegas eksistensinya di tengah persaingan dengan brand-brand baru, dan mampu memenangkan persaingan berkat pengalaman yang dimiliki dan kualitas yang telah diakui.

Popularitasnya di ranah digital pun terbukti telah berkontribusi pada pertumbuhan bisnis perusahaan. Pertumbuhan signifikan terutama dapat dirasakan di masa pandemi, ketika masyarakat mengandalkan teknologi internet untuk memenuhi kebutuhan, keberhasilan konsumen dalam menemukan brand-brand ternama di ranah digital, membuatnya tidak ragu untuk membeli brand-brand tersebut.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menambahkan, peraih Indonesia Digital Popular Brand Platinum Award 2018 2022, merupakan brand-brand yang masuk jajaran brand-brand populer di Indonesia berdasarkan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang digelar secara rutin setiap tahun, sejak tahun 2015. Riset mengacu tiga parameter penilaian Website Based, Social Media Based & Search Engine Based.

Lebih lanjut Tri menjelaskan, Search Engine Based, untuk mengukur dan mengetahui popularitas sebuah brand dicari oleh pengguna internet dan di ulas di berbagai halaman internet dengan menggunakan keyword planner brand di kategori tertentu. Kemudian Social Media Based, untuk mengetahui engagement yang terjalin antara brand dan pengguna sosial media melalui 3 sosial media teratas yaitu Facebook, Instagram dan Youtube. Dan Website Based, mengukur kecepatan akses dan traffic website brand, meliputi speed loading, user friendly, dan traffic website.

Menurut Tri Raharjo, popularitas brand di ranah digital, merupakan salah satu bukti sebuah brand dipercaya oleh masyarakat, karena banyak dicari atau diulas oleh masyarakat. Terlebih lagi sebuah brand mampu mempertahankan populaitasnya dalam jangka waktu yang lama, sebuah brand akan mampu membangun brand awareness, yang berujung pada meningkatkan minat konsumen terhadap suatu produk sebuah brand, bahkan membangun hubungan erat antara brand dengan pelanggan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...