JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pesatnya perkembangan teknologi digital telah membawa gelombang digitalisasi di berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam bidang bisnis, tingginya aktivitas masyarakat di ranah digital memberikan peluang bagi brand untuk membangun brand awareness dengan lebih mudah namun dengan dampak yang lebih masif.
Menarik mengintip laporan Data Never Sleeps 2021 yang dikeluarkan oleh DOMO, sebuah perusahaan sistem operasi berbasis cloud, dalam satu menit terjadi 5,7 juta pencarian di google, 44 juta aktif di facebook, 6 juta orang belanja online, dan masih banyak lagi. Data itu menunjukkan betapa tingginya aktivitas digital yang saat ini terjadi.
Laporan yang juga mengkapture jumlah pengguna internet yang mencapai 5,2 miliar di dunia itu, Indonesia sendiri masuk dalam negara yang layak diperhitungkan karena jumlah pengguna internet aktif mencapai 202,6 juta. Dengan pertumbuhan internet yang pesat, Indonesia menjadi pasar yang menjanjikan.
Dengan ekosistem digital yang semakin luas, upaya membangun brand awareness yang dapat dilakukan adalah meningkatkan popularitas di mesin pencari. Cara itu dapat dilakukan dengan memperbanyak pemberitaan di media, membangun media sosial, atau membuat official website. Dengan cara ini membuat sebuah brand semakin dikenal masyarakat di ranah digital.
Untuk mengukur brand-brand popular pilihan netizen, untuk ke-24 kalinya INFOBRAND.ID sebagai Indonesia Number One Brand Media, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia sebagai perusahaan yang mendedikasikan diri terhadap penelitian akan perkembangan brand di Indonesia, serta IMFocus Digimarketing Consultant Certified Google Partner, menyelenggarakan penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2021, sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibandingkan brand lainnya.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia menjelaskan, Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 Fase 4 ini diberikan kepada brand-brand popular di era digital melalui tiga parameter penilaian; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based dengan melakukan riset kepada 150 kategori produk dan lebih dari 1.000 brand terriset di Indonesia pada bulan Juli-September 2021.
Lebih lanjut Tri Raharjo mengungkapkan, berdasarkan riset Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 Fase 4, sepuluh kategori paling dicari antara lain; Situs Jual Beli Online (13,32 juta), Jasa Kurir (3,16 juta), Multiplatform Televisi Kabel (2,7 juta), Aplikasi Booking Penginapan/Hotel (1,4 juta), Supermarket Perkakas Rumah & Dekorasi (478,1 ribu), Apotek (439,5 ribu), Departemen Store (404,3 ribu), Surgical Face Mask (194,8 ribu), Mobil MPV (179,1 ribu), dan Bengkel & Aksesoris Motor (175,1 ribu).
Berikut deretaan brand peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2021, adalah Panasonic (Pompa Booster dan Pompa Air Listrik), Philips (UV-C Disinfection Lamp), Avrist Asya Link (Asuransi Jiwa Syariah), Vitalis (Body Cologne Wanita), Fibrefirst (Suplemen Serat), Paramount Land (Developer Perumahan), Softies (Surgical Face Mask), JNE (Jasa Kuris), Mitra Keluarga (Rumah Sakit), Kimia Farma Apotek (Apotek), Depo Air Minum Biru (Depo Air Minum Isi Ulang), Green Nitrogen (Outlet Nitrogen) dan lainnya.
Dalam kesempatan sepesial itu, menurut Susilowati Ningsih CEO INFOBRAND Group, INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia juga memberikan penghargaan khusus untuk kategori Program Studi Magister Manajemen untuk kampus negeri di Indonesia, antara lain berasal dari; Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Brawijaya.
“Selain itu masih banyak perusahaan dan brand lainnya yang memenuhi kriteria pemenang Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 untuk fase ini,” tutup Susi