Senin, 24 Juni 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Jangan Salah Kaprah, Merawat Motor Metik bukan Cuma Mengganti Oli Mesin

Posted by: 700 viewer

Jangan Salah Kaprah, Merawat Motor Metik bukan Cuma Mengganti Oli Mesin
Ilustrasi oli mesin/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Merawat motor metik tidak hanya berkaitan dengan rutin mengganti pelumas saja, melainkan terdapat beberapa hal yang bisa menjaga performa kendaraan metik tersebut tetap prima ketika digunakan.

Mengutip ketrangan tertulisnya, di Jakarta Jumat (9/2/2024), Manager Promosi PT Autochem Industry, Dhany Ekasaputra mengatakan, mengganti oli secara rutin merupakan salah satu perawatan untuk mesin kendaraan. Namun untuk menjaga performa mesin, perlu ada ritual tambahan agar kinerja mesin tetap terjaga.

"Perawatan mesin motor metik tergolong tidak mudah. Karenanya, perawatan ekstra harus dilakukan oleh para pengguna atau pemilik motor metik di Indonesia yang memiliki cuaca cukup panas dan kerja mesin yang cukup berat akibat kondisi jalan yang berbeda-berbeda," katanya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sementara untuk frekuensi penggantian oli mesin tentu berdasarkan rutinitas jarak tempuh dan kondisi lalu lintas. Jika jarak tempuh per hari sekitar 20-50 km, tentu waktu penggantian oli mesin dapat dilakukan setiap satu setengah hingga dua bulan sekali.

Apalagi bagi motor yang belum dilengkapi dengan fitur oil trip, tentu satuan waktu menjadi lebih mudah untuk diingat.

Namun terkadang, pemilik motor masih lalai dalam mengganti oli mesin sehingga berdampak pada tumpukan residu di komponen dalam mesin. Aditif dan base oil pada pelumas mesin yang telah terlewati masa pakainya menjadi penyebab hadirnya residu tersebut.

“Untuk itulah diperlukan ritual tambahan agar residu tidak menumpuk di dalam mesin. Penggunaan engine flush setiap 2–3 kali penggantian oli mesin menjadi solusi terbaik,” jelasnya.

Dia menuturkan bahwa penggunaan enginge flush harus dilakukan secara teratur oleh para pemilik motor metik. Engine Flush dari PT Autochem Industry digunakan pada saat sebelum mengganti pelumas mesin. Penggunaan ini juga tidak bisa sembarangan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Para pemilik motor metik yang hendak melakukan penggantian pelumas, disarankan untuk menggunakan engine flush ini 15 menit sebelum melalukan kegiatan penggantian pelumas mesin.

Hal tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya baret pada dinding silinder yang akan lebih mudah terjadi karena tidak terlindungi oleh pelumas mesin.

Setelah proses "kuras oli", komponen internal mesin dapat juga diberikan treatment untuk meningkatkan performa mesin dengan mereduksi gesekan antar komponen.

Memang pada pelumas mesin, telah dilindungi dengan lapisan film, namun dengan MASTER Metal Treatment, logam antar komponen bergerak dibuat lebih licin lagi dengan Nano Ceramic Technology.

Setelah "jeroan" mesin dibersihkan, terdapat produk Master Petrol Injector Cleaner yang berguna untuk membersihkan seluruh sistem bahan bakar kendaraan mulai dari tangki, pompa, pipa maupun selang, hingga injektor ataupun karburator dan ruang bakar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tujuannya agar dapat mengembalikan performa kendaraan, memperbaiki konsumsi bahan bakar, dan membantu menghilangkan kandungan air pada tangki bahan bakar.

"Paket ini kami menyebutnya “Liquid Tune-Up”, karena berbentuk cairan dimana fungsi MASTER Oil System Cleaner dan Petrol Injector sebagai pengembali performa mesin seperti kondisi baru. Sedangkan MASTER Metal Treatment berperan sebagai peningkat performa mesin yang berimbas pada akselerasi yang lebih baik dan cenderung irit BBM," tandasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah

Chicking Indonesia Tawarkan Sensasi Makanan Khas Timur Tengah
INFOBRAND.ID-Chicking, restoran asal Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang menawarkan menu makanan khas Timur Tengah. Chicking menyajikan hidangan kh...


Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa

Ayam Goreng Fatmawati di Makassar Rebranding Jadi Lokarasa
INFOBRAND.ID-Rebranding memang bukanlah menjadi hal yang asing bagi perusahaan. Langkah ini menjadi salah satu bagian dari strategi bisnis. Banyak ala...


Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global

Kisah Inspiratif Ayam Penyet Ria, Usaha Sederhana Sukses Go Global
INFOBRAND.ID-Di masa Pandemi Covid-19 berkepanjangan membawa banyak dampak dan perubahan signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak...


Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya

Ingin Ikut Kemitraan Tomoro Coffee? Segini Biaya Investasinya
INFOBRAND.ID-Masyarakat Indonesia termasuk salah satu penikmat kopi. Bahkan, ngopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama m...